ulang tahun 1 - diantin.com
STORY

Kemeriahan Ulang Tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang Kedua

Posted on

Hari Pertama

Sekitar pukul 4 pagi grup WA sudah berisik, ini hal langka terjadi karena biasanya jam segini masih terlelap tidur. Namun berbeda dengan hari ini, pagi ini saya beserta beberapa teman lainnya harus segera bersiap. Selama 2 hari, 16-17 Desember kami akan merayakan ulang tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang kedua di Jubilee Camp Cibogo Puncak. Perayaan ulang tahun kali ini mengusung tema “Nyastra dan Nge-Games Bareng”.

Sekitar pukul 9 pagi, rombongan pertama sudah tiba di villa. Akhirnya kami terbebas juga dari kemacetan buka tutup jalur. Sambil menunggu rombongan kedua tiba, kami mempersiapkan perlengkapan untuk perayaan ulang tahun nanti malam ditemani rintik hujan. Duh rasanya ingin tidur saja 😀

Kami membagi tugas, ada yang meniup balon dan membungkus kado, ada juga yang mencari makan siang dan perlengkapan lainnya yang belum sempat dibeli.

Rombongan kedua sampai sekitar pukul 12 siang, kami langsung berkumpul untuk makan siang bersama di teras dan masih ditemani hujan yang semakin deras saja. Makanan sudah pindah ke perut kami tapi hujan tak kunjung reda, kami pun memutuskan untuk berlatih membaca puisi dan cerpen.

Keseruan Saat Mendekor

Hujan yang tak kunjung reda membuat kami mengubah itinerary, yang seharusnya nge-games menjadi mendekor pendopo bersama untuk acara perayaan ulang tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta nanti malam.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 3 - diantin
Hasil Dekorasi

Beberapa di antara kami ada yang baru pertama kali bertemu tapi terasa sudah lama saling mengenal. Menggantung balon-balon, menata kado-kado dan merapihkan pendopo bersama-sama dan saling membantu. Tidak jarang kami juga selipi canda gurau untuk menghilangkan rasa lelah.

Selesai mendekor pendopo untuk acara perayaan ulang tahun nanti malam, kami semua bermain di kolam renang. Ini hal paling menakutkan untuk saya, secara nggak bisa berenang -_-

Sore Ceria di Kolam Renang

Saya yang tidak bisa berenang ini dari awal sudah takut ketika tahu mereka akan bermain di kolam renang, tapi nggak mungkin juga berdiam sendiri di villa. Memang pilihan yang sulit haha

Saya memberanikan diri untuk bermain di kolam renang, tapi saya memilih bermain di kolam renang khusus anak. Namun karena ancaman paksaan beberapa orang, akhirnya saya nyebur di kolam dewasa. Antin yang takut air ini akhirnya bermain di kolam renang dewasa, ya walaupun hanya berani di pinggir saja 😀

Teman-teman yang lain sangat gemas karena saya hanya berani bermain di pinggiran kolam saja, lagi-lagi mereka memaksa merayu saya untuk mencoba belajar berenang. Dan kalian tahu? ya saya berani walaupun sangat bawel dan masih panikan ketika diajarin berenang sama mereka.

Malam Puncak Perayaan Ulang Tahun Kubbu

Selesai bermain air dan makan malam, kami bersiap untuk acara puncak perayaan ulang tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang kedua. Acara malam ini akan ada lomba membaca puisi dan cerpen. Namun sebelum itu Om Eka memberikan sedikit penjelasan tentang interpretasi, penghayatan, dan vokal ketika membaca puisi dan cerpen.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 4 - diantin
Pendopo tempat malam puncak ulang tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta

Setelah itu, setiap anggota kelompok yang sebelumnya sudah dibagikan membacakan masing-masing satu buah puisi dan cerpen, sedangkan untuk penilainya akan dinilai oleh kelompok lain. Ini pertama kalinya saya membacakan cerpen dengan banyak karakter dan yang membuat tambah gemetaran karena membacanya di depan banyak orang pula.

Perasaan gugup, takut tidak bisa, dan perasaan lainnya campur aduk saya rasakan ketika itu. Karena dukungan teman-temanlah akhirnya saya bisa melewati tantangan untuk membaca cerpen. Ya walaupun kurang baik, tapi setidaknya saya sudah mencoba 😀

Selesai lomba membaca cerpen dan puisi, tibalah di acara puncak yaitu peniupan lilin ulang tahun. Kami semua bernyanyi dan meniup lilin bersama, tidak lupa kami juga berfoto dan memakan kue bersama sebelum akhirnya beristirahat. Mengingat sudah pukul 1 dini hari.

ulang tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta 1 - diantin.com
Kemeriahan Saat Malam Literasi (Dokumentasi Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta)

Hari Kedua

Pagi harinya Bogor masih ditemani rintik hujan, membuat saya enggan untuk beranjak dari kasur sampai yang lain satu persatu meninggalkan kamar. Sambil menunggu hujan reda, setelah sarapan kami banyak bercerita di pendopo.

Hari semakin siang dan hujan yang tak kunjung reda membuat kami merubah itinerary lagi. Yang awalnya akan bermain games, akhirnya diganti menjadi final lomba membaca puisi dan cerpen.

Hujan mulai reda, final lomba membaca puisi dan cerpen juga sudah selesai. Kami lanjutkan dengan nge-games, games yang kami mainkan yaitu Buldozer, tiup gelas, tarik tambang air dan nyanyi berantai di kolam renang.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 2 - diantin.com
Keseruan saat games di kolam renang (Dokumentasi Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta)

Keseruan bermain games, membuat waktu terasa sangat cepat berlalu. Sebenarnya masih seru bermain di kolam renang tapi hari sudah semakin sore, dan kami harus segera bersiap-siap pulang. Tidak lupa kami mendokumentasikan momen hari ini dengan berfoto bersama.

Kembali Pulang

Hari semakin sore, kami semua pun sudah rapih dan berkumpul lagi di pendopo untuk pembagian hadiah. Selain pembagian hadiah, untuk memeriahkan acara ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta kami juga saling bertukar kado.

Langit sudah gelap tapi angkot yang akan mengantar kami ke Stasiun Bogor masih juga belum datang. Untuk mengisi waktu Om Eka dan Bang Derus (Founder Kubbu) bercerita tentang sejarah awal berdirinya Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang penuh drama, mulai dari pemilihan nama klub, salah paham dengan sesama admin sampai silih bergantinya admin klub sampai saat ini.

Akhirnya setelah lama menunggu, angkot yang kami tunggu tiba juga sekitar pukul 7 malam. Kami saling berpamitan dan terima kasih untuk 2 hari yang menyenangkan, serta ilmu yang telah dibagi.

Selamat Ulang Tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang Kedua 🙂 Seiring bertambahnya umur, semoga ke depannya akan tetap menjadi wadah yang asik sekaligus fasilitator yang baik untuk berdiskusi dan menyalurkan hobi kami semua, yang berhubungan dengan dunia literasi.

Salam 3M (Membaca, Menulis, Menginspirasi)

Antin Aprianti

25 thoughts on “Kemeriahan Ulang Tahun Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta yang Kedua

  1. widiari

    Desember 29, 2017 at 12:13 PM

    Wihhh coba dateng kmrn.. seru.. ada kenangan indah dan kebersamaan yang hakiki

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 12:22 PM

      Iya ka seru banget, bikin susah move on. Bener2 kebersamaan banget, next time ikutan kalo ada lagi ka 😀

  2. ristiyanto

    Desember 29, 2017 at 4:52 PM

    Wah, ada tulisannya juga tentang ultah Kubbu. Gak cuma rajin dekor dan handle kado. Keren….

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 9:54 AM

      Harus diabadikan dong Mas Ris 😁

  3. dssetyowati

    Desember 29, 2017 at 4:53 PM

    Tulisannya runut sekali Antin. Keren! Btw aku masih simpen foto yang kita main di kolam anak, hahaha.. ngikik sendiri kalo liat..

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 9:55 AM

      Wah ada fotonya ka? Mau ka jarpi aku, kalo ada dimasukin lucu kali ka dew 😅😅

  4. titi purwati

    Desember 29, 2017 at 4:59 PM

    ahhhh ad fto aku *salahfokus. cieee mbak antin baca cerpen tengah malem

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 10:01 AM

      Hahaha pengen ngetawain diri sendiri pas baca cerpen 😅😅 kamu bagus ti baca cerpennya, sayang aku ga liat yang terakhir

  5. Achi hartoyo

    Desember 29, 2017 at 5:03 PM

    Belum move on dari ultah Kubbu ya? Envy bgt gak bs ikut 😦

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 10:05 AM

      Kayanya bakal susah move on Mas, kesehatan lebih penting Mas tapi aku juga penasaran pengen liat Mas Achi baca puisi atau cerpen 😁

  6. tutyprihartiny06

    Desember 29, 2017 at 6:52 PM

    Seru dan sangat mengesankan ya…
    Ditunggu ya kelanjutan kisah kasih Antin dengan Mr “.,” selama di sana…

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 12:21 PM

      Hahaha Mba Tuty, makasih udah mampir

  7. ndarikhaa rie

    Desember 29, 2017 at 8:25 PM

    Ih yg dikolam ndak ada kuh ih.. 😖

    1. Antin Aprianti

      Desember 29, 2017 at 2:12 PM

      Kan kamu yang bagian fotoin ka 😀

  8. Ira Duniabiza

    Januari 3, 2018 at 12:26 PM

    Serunya acara ultahnya… semangat terus Kubbu, semoga tahun tahun berikutnya semakin semakin memginspirasi…

  9. Kartini

    Januari 28, 2018 at 9:19 AM

    Kalo liat kolom renang puncak, jadi inget masa2 sewaktu kuliah….

    1. Antin Aprianti

      Januari 29, 2018 at 4:27 AM

      Ah sayang kamu ga ikut, Kar.

  10. Kemana-lagi

    Maret 3, 2018 at 1:18 AM

    Grup member BPJ mank keceh-keceh.. mba cara daftar/member KBBU BPJ gmn mba ?

    1. Antin Aprianti

      Maret 3, 2018 at 4:49 AM

      Harus ikut Kopdar, Kak. Pantau terus sosial medianya Kubbu ya, next time ikut acaranya untuk gabung Kubbu.

  11. 5 Tempat Bersejarah Di Sekitar Salemba dan Kramat Raya | Diantin

    Agustus 13, 2018 at 9:00 PM

    […] suatu hari Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta membuat acara Tour BOB (Based On Book/Blog) untuk memperingati Hari Pahlawan. Ketika saya tahu […]

  12. Enaknya Kuliner dan Nonton Sekaligus Menghasilkan Uang | Diantin

    September 2, 2018 at 12:49 AM

    […] yang menarik. Itu yang terlintas pertama kali ketika saya melihat flyer yang di-share oleh admin Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta (KUBBU). Siapa sih yang nnggak suka kulineran dan nonton, apalagi kalau bisa menghasilkan […]

  13. Blogger Vaganza: Belajar Time Management, SEO dan Fotografi | Diantin

    Oktober 13, 2018 at 12:40 PM

    […] sangat jauh tidak menghalangi saya untuk menghadiri event Blogger Vaganza yang diselenggarakan oleh Klub Buku dan Blogger Backpacker […]

  14. OFF Koffee Kaya, Tempat Ngopi Enak di Benhil | Diary Antin

    Agustus 13, 2019 at 6:46 PM

    […] Menikmati secangkir kopi ditemani laptop menjadi kebiasaan saya dan teman-teman belakangan ini. Alasannya tentu saja karena deadline menulis, atau sekadar mengobrol sambil mengerjakan beberapa tugas komunitas. […]

  15. Blogger Vaganza: Belajar Time Management, SEO dan Fotografi

    Oktober 29, 2019 at 3:27 PM

    […] Jarak Jakarta Selatan ke Jakarta Utara yang sangat jauh tidak menghalangi saya untuk menghadiri event Blogger Vaganza yang diselenggarakan oleh Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta.  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!