EVENT

Blogger Vaganza : Belajar Time Management, SEO, dan Fotografi

Jarak Jakarta Selatan ke Jakarta Utara yang sangat jauh tidak menghalangi saya untuk menghadiri event Blogger Vaganza yang diselenggarakan oleh Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta.

Blogger Vaganza merupakan salah satu event untuk memeriahkan Perayaan Akbar Ultah ke-5 Backpacker Jakarta. Selain blogger vaganza masih ada event lain seperti Pemilihan Duta Backpacker 2018, Amazing Race, BPJ Got Talent, Carnaval Face of Indonesia, Seminar Inspiratif, Pameran Foto dan pesta komunitas yang ikut memeriahkan.

Acara yang berlangsung di La Piazza Kelapa Gading ini memang berlangsung selama dua hari (Sabtu-Minggu, 29-30 September 2018), jadi wajar saja jika banyak sekali event yang diselenggarakan untuk memeriahkan Perayaan Akbar Ultah ke-5 Backpacker Jakarta. Untuk kalian yang penasaran dengan event lainnya bisa langusung kepoin instagram atau websitenya Backpacker Jakarta.

Kali ini saya mau sedikit berbagi ilmu yang saya dapatkan setelah menghadiri event Blogger Vaganza. Hayo penasaran nggak? Langsung aja ya.

Time Management

Sejak awal tahu Mas Arif Rahman akan menjadi salah satu narasumber di acara Blogger Vaganza, saya sangat excited. Pasalnya selama ini saya hanya melihat postingan-nya di instagram @Arivrahman atau membaca tulisannya di backpackstory.me, terus sekarang bisa lihat langsung orangnya gimana nggak excited coba.

Saya juga penasaran gimana sih cara Mas Arif mengatur waktu antara kerja kantoran dan traveling. Apalagi ketika tahu Mas Arif punya pekerjaan sampingan lainnya sebagai sosial media influencer, menjadi pembicara, memandu wisata, punya bisnis juga, masih sempet menulis buku, dan pekerjaan lainnya. Aiiihhh gokil sekali, 24 jam dalam sehari sepertinya sangat digunakan dengan baik oleh Mas Arif. Nggak kaya saya yang sering buang-buang waktu hihi

Bentar bentar dari tadi saya bahas Mas Arif, tapi kalian kenal nggak sih siapa Mas Arif yang dimaksud? Mas Arif yang ini bukan Arief Muhammad yang terkenal dengan akun @poconggg ya, lalu siapakah Mas Arif yang ini?

blogger vaganza - diantin.com
Sumber gambar: dokumentasi mbaktiti.com

Jadi teman-teman, Mas Arif yang saya maksud adalah M. Arif Rahman atau yang lebih dikenal dengan akun @arivrahman. Mas Arif ini seorang travel blogger sejak tahun 2012 dan sudah banyak memperolah penghargaan sebagai travel blogger terbaik. Coba tepuk tangan dulu untuk prestasinya Mas Arif πŸ™‚

Coba deh kalian mampir ke instagram-nya, pasti kalian akan takjub melihat banyaknya foto-foto kece di berbagai tempat. Terus pasti kalian akan bilang, jalan-jalan mulu gimana ngatur waktunya. Nah, Mas Arif dengan senang hati akan berbagi tipsnya.

Time Management Skill

blogger vaganza 1 - diantin.com
Sumber gambar: slide presentasi Mas Arif
  1. Achievement.
  2. Plan. Buatlah jadwal yang akan kita lakukan, misal hari ini akan mengerjakan apa saja maka buatlah jadwalnya sebagai pengingat untuk kita.
  3. Project.
  4. Priority. Tentukan prioritas, mana yang akan dikerjakan lebih dahulu dari semua jadwal yang telah dibuat.
  5. To-do. Jalankan semua jadwal yang sudah diatur berdasarkan point nomor 4.
  6. Task.
blogger vaganza 2 - diantin.com
Sumber gambar: slide presentasi Mas Arif

Time Management Tips

blogger vaganza 3 - diantin.com
Sumber gambar: slide presentasi Mas Arif
  1. Buat jadwal dan to-do list.
  2. Abaikan panggilan telepon atau e-mail.
  3. Meminimalkan waktu bertemu yang nggak perlu dan gunakan waktu menunggu untuk hal yang perlu.
  4. Delegasikan pekerjaan.
  5. Mengubah tugas menjadi kebiasaan.
  6. Memblokir sosial media.

Untuk saya pribadi point nomor 6 memang hal yang paling sering ganggu ketika melakukan sesuatu, ketika ada notifΒ masuk selalu membuat penasaran kemudian membukanya dan lanjut keasikan ngobrol di sosial media. Alhasil hal yang sedang dikerjakan menjadi tertunda, tapi dari semua tips di atas yang paling penting adalah konsisten. Yap, konsisten melakukan semua tips di atas.

β€œMenulislah, karena kamu tidak akan tahu tulisanmu akan membawa kamu ke mana” – M. Arif Rahman –

 

SEO Friendly

Sudah belajar time management kayanya kurang afdol kalau nggak sekalian belajar SEO ya, masa sudah cape-cape nulis tapi tulisannya nggak ada yang baca. Sedih ya kalau kejadiannya kaya gitu.

Nah, nggak usah sedih karena di event blogger vaganza kemarin sempat dibahas juga tentang SEO Friendly oleh pakarnya langsung, Mbak Nunik Utami.

Pasti kenal Mbak Nunik dong. Selain penulis 60 buku, editor, web content writer, content manager blogger perempuan, Mbak Nunik juga blogger yang aktif dan hits. Yang belum kenal bisa kepoin di instagrannya @nunikutami atau di blognya www.nunikutami.com.

blogger vaganza - diantin.com
Sumber gambar: dokumentasi Mbak Nunik

Perlukah SEO?

Tentu saja kita sebagai blogger harus mengenal yang namanya SEO, karena SEO ini akan berkaitan dengan trafik, google index, personal branding dan DA/PA.

Baca juga: Pentingnya Belajar SEO dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Blogger

Cara Penerapan SEO Friendly

  • Keyword (kata kunci)

Ketika akan membuat tulisan, sebaiknya kita tentukan lebih dulu kata kunci yang akan kita gunakan. Untuk mencari kata kunci kita bisa cek di keyword form google dengan menuliskan kata awal yang kita inginkan.

Umumnya, letakan kata kunci pada awal judul, pada paragraf pertama, tulis di beberapa paragraf lainnya dan di akhir tulisan. Oh ya, untuk penggunakan keyword density sebaiknya 2% dan tidak lebih dari 5% dari jumlah kata pada tulisan kita.

  • Meta Description (meta deskripsi)

Sebelum memposting tulisan kita, sebaiknya kita mengisi meta deskripsi. Meta deskripsi biasanya berisi ringkasan dari isi tulisan kita, tujuannya agar orang lain tertarik membacanya. Untuk meta deskripsi sebaiknya tidak lebih dari 125 kata.

  • Heading

Idealnya, setiap tulisan mempunyai heading. H1 umumnya digunakan untuk judul, H2 dan lain-lain digunakan pada isi konten.

  • Backlink

Backlink itu ada dua jenis, internal link dan eksternal link. Dalam sebuah konten, sebaiknya kita masukan internal link yang mengarah ke tulisan kita yang lainnya, dan eksternal link yang mengarah ke tulisan orang lain.

Namun harus diingat, memasukan eksternal link jangan sembarangan karena jika kita memasukan eksternal link dari sumber yang tidak jelas maka google akan mendeteksi sebagai referensi yang tidak jelas.

  • Content

Tentu saja yang tidak kalah penting adalah konten, percuma kita sudah menerapkan SEO Friendly jika konten yang kita buat tidak bagus dan asal-asalan. Yuk ah kita belajar lagi membuat konten yang baik dan bermanfaat πŸ™‚

blogger vaganza 4 - diantin.com
Sumber gambar: slide presentasi Mbak Nunik

Fotografi (Bercerita Lewat Foto)

Belajat time management sudah, belajar SEO Friendly juga sudah. Saatnya belajar bercerita melalui foto dengan Om P.J. Leo, seorang fotografer dan jurnalis yang bekerja di harian The Jakarta Post sejak tahun 1991. Waaah saya saja belum lahir tapi Om Leo sudah memulai karirnya sebagai fotografer.

blogger vaganza 5 - diantin.com
Sumber gambar: dokumentasi mbaktiti.com

Tips memotret dengan smartphone/SLR

Agar foto yang kita hasilkan bagus dan menarik, ada beberapa tipsnya di antaranya:

  1. Pastikan lensa ponsel/kamera bersih. Hayo siapa yang suka pegang lensa ponsel dengan tangan tapi setelahnya nggak dibersihkan? Terlihat sepele ya, tapi itu berpengaruh dengan hasil gambar yang diambil loh.
  2. Perhatikan cahaya. Karena cahaya juga menentukan hasil akhir gambar dan bisa memberi efek visual yang dramatis pada foto.
  3. Harus jeli untuk komposisi menarik. Leading lines adalah elemen garis-garis dalam foto yang menuntun mata untuk menelusuri frame foto.
  4. Komposisi warna. Perhatikan warna objekmu dan juga warna background dari objekmu, antara objek dan background warna harus kontras.
  5. Komposisi Objek. Coba menerapkan berbagai macam angle dan memposisikan objek foto yang berbeda-beda.
  6. Perhatikan background atau foreground.
  7. Memotret detail.
  8. Editing Foto.

Hal yang jangan dilakukan

  1. Jangan gunakan perasaan saat memilih foto tapi gunakan pikiran untuk memilih foto yang akan dipublikasikan.
  2. Jangan mengunggah foto buram.
  3. Jangan mengunggah foto yang membosankan.
  4. Jangan mengunggah foto dengan eksposur yang buruk.
  5. Jangan mengunggah foto berisi tempat-tempat yang sudah umum. Kita harus menjadi beda agar orang-orang mau mengikuti blog kita.
blogger vaganza 5 - diantin.com
Sumber gambar: Dokumentasi Om P.J. Leo

“Secara umum, kamera yang lebih canggih bisa menghasilkan foto yang lebih baik. Tetapi komposisi, pencahayaan, penglihatan yang artistik adalah faktor yang jelas lebih penting daripada peralatan” – P.J. Leo –

***

Materi yang dipaparkan narasumber di event blogger vaganza kemarin memang keren ya. Mengatur waktu, menerapkan SEO dan menghasilkan foto yang keren. Jika ketiga tips di atas kita jalankan, waah nggak kebayang ya pasti kece sekali blog kita.

Menerapkan semua tips di atas memanglah nggak mudah, tentu saja butuh waktu tapi jangan kelamaan juga nanti keburu basi πŸ˜€

Kalian belum bosan kan membaca tulisan saya? sebelum mengakhiri tulisan ini saya ingin memberikan pesan dan kesan untuk acara blogger vaganza kemarin.

  • Menurut saya yang masih baru di dunia blogging, narasumber dan materi yang dibawakan sudah sangat pas untuk seorang blogger. Antara materi pertama, kedua dan ketiga saling berhubungan satu sama lain. Hanya saja untuk saya pribadi waktu penyampainyan materinya terlalu singkat, eh apa karena sayanya yang nyimak sedikit-sedikit ya πŸ™‚
  • Acaranya gratis, pematerinya keren dan masih dapat makan siang pula. Bahagianya, sayangnya makan siang yang dibagikan terlalu menjerit. Yang nggak suka pedas kaya saya ya wasalamlah, nggak menikmati menu makan siangnya.
  • Untuk acara gratis, dapat makan siang dan minum, terus ketika pulang masih dapat goodie bag.Β Menurut saya acara blogger vaganza sudah sangat keren dan tergolong sukses. Cuma sangat disayangkan saja, acara sebagus ini yang hadir hanya sedikit.
  • Hormat saya dan salut untuk semua panitia blogger vaganza yang luar bisa, membuat acaranya bukan hanya sukses tapi serat akan ilmu. Kalian luar biasa, semoga lelah kalian menjadi ladang amal untuk kalian *tepuk tangan*
  • Kalau boleh kasih saran sering-sering membuat acara seperti ini ya, untuk saya yang masih baru belajar tentang blog acara seperti ini sangat membantu.

Sepertinya tulisan ini sudah sangat panjang dan kalian sudah mulai bosan membacanya, jadi mari kita sudahi saja. Namun sebelum itu izinkan saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 5 untuk Backpacker Jakarta, BPJ I5timewa πŸ™‚

 

Salam,

Antin Aprianti

19 thoughts on “Blogger Vaganza : Belajar Time Management, SEO, dan Fotografi

  1. Eittsss..
    Kata siapa yg hadir sedikit. Yang hadir banyak koq, banyak yang PHP.. 🀣🀣

    Sayang ya Antin malah gak sempet foto bareng Mas Arif, padahal rajin stalk IG dan baca blognya juga.. 😁

  2. Blogger Vaganza, event yang keren dan bergizi ya, kak Antin. Sayang banget jika,melewatkan event yang sangat bermanfaat untuk para blogger.

  3. Memblokir sosial media itu time management tips nomor 6 atau 7 Dik Antin. Coba kalau mengetik, jangan lupa pakai kacamatanya…wkwkwk…

    Soal tips “Jangan menggunggah foto berisi tempat-tempat yang sudah umum” kayaknya masukan yang bagus nih.

    Terima kasih infonya Dik Antin….

  4. Aku salah interpret flyer berisi jadwal acara blogger vaganza, kupikir Mas Arif itu session tiga, jadi datengnya sengaja telat.

    Ternyata, oh ternyata… Lucky you, masih bisa denger pemaparan beliau, Dik Antin.

    Thank You sudah memaparkan apa yang beliau suguhkan saat itu.

    Wishinh you win the prizes too.. 😘😘😘

  5. Antin.. terima kasih sudah memasukkan point-point penting dalam membuat blog. Sangat bermanfaat sekali buat aku yang baru 6 bulan ngeblog.
    Time management itu penting banget ya. Trus main sosmed buat aku juga agak challenging karena sebenernya di saat aku baru jadi blogger malah males banget main sosmed πŸ™ˆ
    Di tunggu postingan selanjutnya ya 😘

    1. Aahh makasih mbak sudah berkunjung, duh baru 6 bulan tapi udah kece blognya.
      Iya time management penting tapi buat nerapinnya masih susah hehe
      Akupun sekarang malah jarang posting di sosmed πŸ™ˆ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *