RANDOM

Pentingnya Belajar SEO dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Blogger

Hampir lima tahun saya suka curhat nggak jelas di blog. Kenapa saya bilang curhat? karena selama ini hanya asal menulis saja, tidak memikirkan apakah tulisan saya bermanfaat untuk orang lain atau hanya tulisan nggak jelas hasil pemikiran-pemikiran aneh saya saja. Saya juga tidak memikirkan tata bahasa dan lain-lainnya.

Setelah gabung di salah satu grup blogger, saya  mulai belajar menulis sesuai EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), dan tertarik belajar lebih dalam tentang dunia perbloggeran. Dulu saya masih menulis di wordpress.com yang masih gratis tapi karena hasutan beberapa teman di grup, pada awal tahun ini saya pun memberanikan diri membeli hosting dan domain.

Ketika saya mempunyai mainan baru yang bernama diantin.com, saya mulai penasaran dan tertarik mempelajari setiap sudut yang ada di dashboard. Saya juga mulai penasaran dengan yang namanya Google Analytic, Google Webmaster dan SEO.

Saya sudah beberapa kali ikut workshop yang membahas tentang SEO, tapi yang namanya belajar nggak ada yang langsung bisa kan. Semua berproses, begitu juga dengan saya, rasanya saya masih harus terus belajar mengenal siapa SEO sebenarnya.

Makanya, ketika beberapa minggu lalu melihat flyer yang dibagikan oleh Komunitas ISB tanpa ragu saya pun mendaftar. Alangkah beruntungnya lagi saya terpilih menjadi salah satu dari 30 peserta yang hadir di acara blogger gathering tersebut.

belajar seo - diantin.com

Perlukah Blogger Belajar SEO

Mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya, seberapa penting SEO untuk blog kita. Haruskah susah payah belajar SEO, itu balik lagi ke kita masing-masing. Untuk saya sendiri belajar SEO itu nggak susah kok tapi seru, hanya saja harus banyak belajar.

Bayangkan dari sekian banyak tulisan dengan tema yang sama di mesin pencarian google, mungkinkah tulisan kita masuk di salah satu tulisan yang dicari? Itu mungkin saja jika kita belajar SEO.

Nah, bahas belajar SEO saya mau cerita sedikit. Jadi, minggu kemarin (9/9/18) saya hadir di acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Komunitas ISB dan CNI dengan tema “SEO Zaman Now“. Ada yang penasaran dengan materi yang dijelaskan? baca terus sampai bawah ya, awas kalau ada yang di skip 😀

SEO ZAMAN NOW

Mungkin untuk blogger SEO sudah nggak asing lagi tapi mari kita belajar SEO dan berkenalan lebih dalam lagi dari pakarnya, Mas Niko Riansyah (Digital Marketing).

belajar seo 1 - diantin.com
Mas Niko sedang menjelaskan tentang SEO Zaman Now

Sebelum mengulas SEO lebih dalam, Mas Niko menjelaskan dulu apa itu SEO.

SEO atau Search Engine Optimize adalah salah satu metode untuk mengoptimasi website agar nantinya bisa muncul di hasil pencarian orang dengan kata kunci tertentu di search engine atau mesin pencari, seperti Google, Yahoo Search, dan Bing.

Bahasa sederhananya SEO adalah suatu teknik agar tulisan kita berada di page one ketika orang lain melakukan pencarian di mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

“Goal of search engine optimization is to get high quality traffic from search engines.” – Niko Riansyah

Teknik SEO terbagi dua, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

belajar seo 2- diantin.com
SEO On Page dan Off Page

SEO ON PAGE

SEO On Page merupakan teknik optimisasi SEO yang dilakukan di dalam website/ tulisan kita. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk optimisasi SEO on page, di antaranya:

1. Title tags/ Judul

Ketika membuat judul tulisan, kita harus sisipkan kata kunci yang sebelumnya telah kita bidik. Kata kunci tersebut baiknya digunakan di awal kalimat judul tapi jika tidak memungkinkan bisa diletakan di tengah ataupun akhir, asalkan tetap menyisipkan kata kunci.

2. H1 Tags/ Heading

Mesin pencarian google akan membaca halaman website secara keseluruhan, mulai dari kiri atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting untuk menempatkan heading pada kalimat pertama konten website kita.

H1 umumnya ditempatkan pada Judul artikel. Selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada artikel kita. Seperti contoh tulisan saya ini, saya menempatkan H1 pada judul artikel, H2 pada tulisan “SEO Zaman Now”, dan H3 pada tulisan “SEO On Page”.

3. Meta Description

Meta deskripsi atau Meta description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web.

Meta deskripsi biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari (HPMP) untuk menampilkan gambaran singkat dari isi tulisan kita.

4. Keyword density

Keyword density adalah pengulangan kata kunci yang berada di dalam artikel yang kita tulis.

Pengulangan kata kunci sebaiknya tidak melebihi 5%. Untuk pengguna wordpress self hosted bisa download plugin Yoast SEO agar keyword density yang kita gunakan terdeteksi sudah berapa persen.

5. Image Alt Text

Image alt text atau alt attributes adalah sebuah kalimat singkat yang diberikan pada sebuah image. Penggunaan alt text akan berguna dalam situasi tertentu, misalnya alt text akan tetap terlihat jika suatu saat koneksi internet mengalami gangguan.

Alt attributes juga berfungsi agar mesin pencarian google bisa membaca gambar yang kita unggah berdasarkan kata kunci. Dalam penamaan alt attributes, kita juga harus menyisipkan kata kunci.

***

Selain kelima point di atas, ada juga Internal Link dan Outbound Link.

Internal Link adalah sebauh link yang mengarah ke website kita atau ke halaman lain yang ada di website kita.

Kegunaan dari internal link adalah agar pengunjung yang mengunjungi suatu halaman di website kita, mengunjungi halaman lain yang kita cantumkan link tersebut.

Sedangkan Eksternal Link adalah sebuah link yang mengarah ke website lain yang bukan berasal dari website kita. Dengan kata lain, kita menaruh sebuah link dari website orang lain untuk dibaca para pengunjung blog kita.

SEO OFF PAGE

SEO Off Page merupakan teknik optimisasi SEO yang dilakukan di luar website. Biasanya metode ini dilakukan dengan melibatkan website lain, yakni dengan memberikan backlink ke website kita.

1. Sosial media

Saat ini, hampir semua orang bermain sosial media. Baik itu facebook, twitter, google plus, instagram dan lain-lain. Untuk itu, artikel yang sudah kita unggah sebaiknya dibagikan ke sosial media.

Dengan begitu akan ada peluang untuk menaikan trafik blog. Bisa saja kan orang yang berteman dengan kita di sosial media akan tertarik dengan tulisan yang kita bagikan di sosial media, kemudian membacanya.

2. Link Building

Link building adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website kita.

Untuk menanamkan backlink di blog orang lain tidaklah mudah, tapi kita bisa mensiasatinya dengan membuat beberapa wesbite. Kemudian kita tanam backling kita di blog tersebut.

3. Blog/ forum

Bergabunglah dengan komunitas blogger, biasanya dalam komunitas blogger selalu mengadakan blog walking di hari-hari tertentu. Dengan blog walking selain menambah trafik di blog kita, bisa juga menaikan DA/PA (Domain Authority/Page Authority).

***

Baik SEO On Page dan Off Page sama-sama harus dijalankan dengan seimbang. Seperti yang sudah disebut di atas, bila SEO Off Page berjalan dengan lancar tetapi tidak dengan SEO On Page, maka semua akan sia-sia. Begitu juga sebaliknya.

Ketika kedua teknik di atas sudah kita lakukan, maka website kita akan punya kekuatan di mata mesin pencari.

Tools Wajib Untuk Blogger

Selain belajar tentang SEO, blogger juga harus mengetahui tentang beberapa tools penting seperti Google Analytics dan Google Search Console/ Google Webmaster.

Dengan mengaktifkan kedua tools di atas, kita bisa melihat aktivitas yang terjadi di blog kita seperti statistik dan lain-lain.

Oh ya, untuk kalian yang mau cek skor SEO blog kalian bisa cek di sini https://seositecheckup.com/. Di link itu kalian bisa melihat broken link, meta title, meta description, sitemap test dan lain sebagainya yang ada di blog kalian.

Dari semua teknik dan tools, yang terpenting tentu saja konten. Untuk itu kita perlu mengecek apakah konten kita original atau tidak, kita bisa mengecek di https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.

Cara Mengatur Keuangan Untuk Freelance

Sebagai blogger/ freelance yang menghasilkan uang dari blog, kita bukan hanya harus belajar SEO saja tapi juga harus belajar cara mengatur keuangan kita. Nggak mau dong sudah capek kerja tapi tidak menghasilkan apa-apa.

Nah asiknya lagi, kemarin itu Komunitas ISB bukan hanya memberikan ilmu tentang SEO tapi juga menjelaskan bagaimana cara mengatur keuangan untuk freelance.

Materi kedua ini akan dijelaskan oleh seorang finance blogger, Mbak Liswanti Pertiwi. Sebelum menjelaskan, Mbak Lis menanyakan ke semua peserta apa target yang ingin dicapai setahun ke depan, dan kita harus menuliskannya di kertas.

Hayooo target kalian setahuan ke depan apa?

Jika kalian mempunyai banyak target, maka mulai sekarang kalian harus mengatur keuangan kalian dengan baik.

belajar seo 3 - diantin.com
Mbak Liswanti sedang menjelaskan cara mengatur keuangan

***

Manfaat jika kita mengatur keuangan dengan baik dan benar yaitu melatih diri untuk semakin bijak menggunakan uang, melatih diri untuk semakin hidup secara teratur, menjadikan diri kita pandai berhemat, belajar menabung, berinvestasi, selalu tenang dan bahagia.

Setelah mengatur keuangan, apa yang menjadi tujuan keuangan kita? Apa untuk membeli rumah, membuka usaha, biaya nikah, beli mobil atau lain-lain. Itu semua bisa terjadi jika kita mulai mengatur keuangan kita sejak dini.

Mengatur Keuangan Freelance

1. Kenali kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan harus dipenuhi, sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi. Ketahui semua kebutuhan kita, terutama sebagai freelance.

Coba dicek berapa banyak barang yang kita beli karena keingin, bukan karena kebutuhan.

2. Hitung berapa penghasilan dan buatlah pos keuangan.

Pos keuangan ideal

  • Zakat, sedekah, infaq 5%
  • Cicilan utang 30%
  • Dana darurat 10%
  • Biaya hidup 30%
  • Gaya hidup 10%
  • Investasi 15%

3. Buatlah catatan arus kas

Arus kas atau cash flow statement merupakan elemen penting yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan dalam suatu periode. Tulis semua pengeluaran dan pemasukan sekecil apapun itu.

Dalam perusahaan ada 3 jenis aktivitas operasional, investasi, dan pendanaan.

4. Disiplin dalam menabung

Jangan pernah menabung dari sisa. Konsisten menabung minimal 10.000 per hari.

5. Tidak belanja berlebihan dan bisa menahan segala godaan.

Contoh: godaan beli gadget padahal masih bagus. Godaan beli kosmetik padahal endorsan banyak. Godaan beli pakaian, padahal sebulan yang lalu baru beli. Godaan nongkrong dan ngopi di luar.

“Memiliki niat yang kuat dan selalu disiplin adalah kunci dalam mengatur keuangan” – Liswanti Pertiwi

***

Banyak sekali ya ilmu yang dibagikan di acara blogger gathering kemarin, bukan hanya belajar SEO tapi juga belajar mengatur keuangan.

Terima kasih untuk Komunitas ISB dan CNI yang sudah berbagi ilmunya. Senang sekali bisa bergabung, selain mendapatkan ilmu saya juga dapat oleh-oleh dari CNI berupa Hot Dark Chocolate. Oleh-oleh yang sangat pas untuk mood saya yang sedang berantakan minggu-minggu ini.

belajar seo 4 - diantin.com
Peserta Blogger Gathering | Dokumentasi Komunitas ISB

Semoga di lain kesempatan saya bisa bergabung di acara blogger gathering Komunitas ISB lagi.

Salam,

Antin Aprianti

45 thoughts on “Pentingnya Belajar SEO dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Blogger

  1. Keren dan lengkap sekali dik antin… 👏🏻👏🏻👏🏻
    Terutama pembahasan SEO sampai artikel inipun dibuat dengan menerapkan tips² dari Mas Niko.. 👍🏼👍🏼

  2. Setuju banget dengan jangan menabung dari sisa. Sebaiknya menabung dulu baru belanja. Heheh. Saya baru check juga di seo site di atas, dan ternyata amburadul sekali blog saya, Mba. Thankyou sharingnya! 😀

  3. Lah ketampol banget sama tulisan ini, bulan kemaren baru beli baju baru, eh sekarang udah pengen beli lagi wkwk. Yaya. Harus niat dan disipilin.

    Btw, aku agak pusing belajar SEO, ternyata dibahas di tulisan ini jadi enteng. Tengkyu mba udah bagi2 ilmu yg daging banget. Asik acaranya 🙂

  4. Halo mba, aku sampai skarang maish harus belajar banyak soal SEO, mba. Hingga kini teryata banyak hal yang harus aku pelajari biar PV aku makin banyak. Selama ini memang udah usaha tapi malah belum maksimal nih mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *