EVENT

Kemeriahan Ulang Tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang Kedua

Hari Pertama

Sekitar pukul 4 pagi grup WA sudah berisik, ini hal langka terjadi karena biasanya jam segini masih terlelap tidur. Namun berbeda dengan hari ini, pagi ini saya beserta beberapa teman lainnya harus segera bersiap. Selama 2 hari, 16-17 Desember kami akan merayakan ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang kedua di Jubilee Camp Cibogo Puncak. Perayaan ulang tahun kali ini mengusung tema “Nyastra dan Nge-Games Bareng”.

Sekitar pukul 9 pagi, rombongan pertama sudah tiba di villa. Akhirnya kami terbebas juga dari kemacetan buka tutup jalur. Sambil menunggu rombongan kedua tiba, kami mempersiapkan perlengkapan untuk perayaan ulang tahun nanti malam ditemani rintik hujan. Duh rasanya ingin tidur saja 😀

Kami membagi tugas, ada yang meniup balon dan membungkus kado, ada juga yang mencari makan siang dan perlengkapan lainnya yang belum sempat dibeli.

Rombongan kedua sampai sekitar pukul 12 siang, kami langsung berkumpul untuk makan siang bersama di teras dan masih ditemani hujan yang semakin deras saja. Makanan sudah pindah ke perut kami tapi hujan tak kunjung reda, kami pun memutuskan untuk berlatih membaca puisi dan cerpen.

Baca juga: Diskusi Santai Tentang Pendakian Gunung dari Sudut Pandang Medis Bersama RS Firdaus dan Komunitas Backpacker Jakarta

Keseruan Saat Mendekor

Hujan yang tak kunjung reda membuat kami mengubah itinerary, yang seharusnya nge-games menjadi mendekor pendopo bersama untuk acara perayaan ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta nanti malam.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 3 - diantin
Hasil Dekorasi

Beberapa di antara kami ada yang baru pertama kali bertemu tapi terasa sudah lama saling mengenal. Menggantung balon-balon, menata kado-kado dan merapihkan pendopo bersama-sama dan saling membantu. Tidak jarang kami juga selipi canda gurau untuk menghilangkan rasa lelah.

Selesai mendekor pendopo untuk acara perayaan ulang tahun nanti malam, kami semua bermain di kolam renang. Ini hal paling menakutkan untuk saya, secara nggak bisa berenang -_-

Sore Ceria di Kolam Renang

Saya yang tidak bisa berenang ini dari awal sudah takut ketika tahu mereka akan bermain di kolam renang, tapi nggak mungkin juga berdiam sendiri di villa. Memang pilihan yang sulit haha

Saya memberanikan diri untuk bermain di kolam renang, tapi saya memilih bermain di kolam renang khusus anak. Namun karena ancaman paksaan beberapa orang, akhirnya saya nyebur di kolam dewasa. Antin yang takut air ini akhirnya bermain di kolam renang dewasa, ya walaupun hanya berani di pinggir saja 😀

Teman-teman yang lain sangat gemas karena saya hanya berani bermain di pinggiran kolam saja, lagi-lagi mereka memaksa merayu saya untuk mencoba belajar berenang. Dan kalian tahu? ya saya berani walaupun sangat bawel dan masih panikan ketika diajarin berenang sama mereka.

Baca juga: Enaknya Kuliner dan Nonton Sekaligus Menghasilkan Uang

Malam Puncak Perayaan Ulang Tahun Kubbu

Selesai bermain air dan makan malam, kami bersiap untuk acara puncak perayaan ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang kedua. Acara malam ini akan ada lomba membaca puisi dan cerpen. Namun sebelum itu Om Eka memberikan sedikit penjelasan tentang interpretasi, penghayatan, dan vokal ketika membaca puisi dan cerpen.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 4 - diantin
Pendopo tempat malam puncak ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta

Setelah itu, setiap anggota kelompok yang sebelumnya sudah dibagikan membacakan masing-masing satu buah puisi dan cerpen, sedangkan untuk penilainya akan dinilai oleh kelompok lain. Ini pertama kalinya saya membacakan cerpen dengan banyak karakter dan yang membuat tambah gemetaran karena membacanya di depan banyak orang pula.

Perasaan gugup, takut tidak bisa, dan perasaan lainnya campur aduk saya rasakan ketika itu. Karena dukungan teman-temanlah akhirnya saya bisa melewati tantangan untuk membaca cerpen. Ya walaupun kurang baik, tapi setidaknya saya sudah mencoba 😀

Selesai lomba membaca cerpen dan puisi, tibalah di acara puncak yaitu peniupan lilin ulang tahun. Kami semua bernyanyi dan meniup lilin bersama, tidak lupa kami juga berfoto dan memakan kue bersama sebelum akhirnya beristirahat. Mengingat sudah pukul 1 dini hari.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 1 - diantin.com
Kemeriahan Saat Malam Literasi (Dokumentasi Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta

Baca juga: Weekend Asik di Perpustakaan Nasional

Hari Kedua

Pagi harinya Bogor masih ditemani rintik hujan, membuat saya enggan untuk beranjak dari kasur sampai yang lain satu persatu meninggalkan kamar. Sambil menunggu hujan reda, setelah sarapan kami banyak bercerita di pendopo.

Hari semakin siang dan hujan yang tak kunjung reda membuat kami merubah itinerary lagi. Yang awalnya akan bermain games, akhirnya diganti menjadi final lomba membaca puisi dan cerpen.

Hujan mulai reda, final lomba membaca puisi dan cerpen juga sudah selesai. Kami lanjutkan dengan nge-games, games yang kami mainkan yaitu Buldozer, tiup gelas, tarik tambang air dan nyanyi berantai di kolam renang.

ulang tahun klub buku dan blogger backpacker jakarta 2 - diantin.com
Keseruan saat games di kolam renang (Dokumentasi Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta)

Keseruan bermain games, membuat waktu terasa sangat cepat berlalu. Sebenarnya masih seru bermain di kolam renang tapi hari sudah semakin sore, dan kami harus segera bersiap-siap pulang. Tidak lupa kami mendokumentasikan momen hari ini dengan berfoto bersama.

Kembali Pulang

Hari semakin sore, kami semua pun sudah rapih dan berkumpul lagi di pendopo untuk pembagian hadiah. Selain pembagian hadiah, untuk memeriahkan acara ulang tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta kami juga saling bertukar kado.

Langit sudah gelap tapi angkot yang akan mengantar kami ke Stasiun Bogor masih juga belum datang. Untuk mengisi waktu Om Eka dan Bang Derus (Founder Kubbu) bercerita tentang sejarah awal berdirinya Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang penuh drama, mulai dari pemilihan nama klub, salah paham dengan sesama admin sampai silih bergantinya admin klub sampai saat ini.

Akhirnya setelah lama menunggu, angkot yang kami tunggu tiba juga sekitar pukul 7 malam. Kami saling berpamitan dan terima kasih untuk 2 hari yang menyenangkan, serta ilmu yang telah dibagi.

Selamat Ulang Tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang Kedua 🙂 Seiring bertambahnya umur, semoga ke depannya akan tetap menjadi wadah yang asik sekaligus fasilitator yang baik untuk berdiskusi dan menyalurkan hobi kami semua, yang berhubungan dengan dunia literasi.

Salam 3M (Membaca, Menulis, Menginspirasi)

Antin Aprianti

22 thoughts on “Kemeriahan Ulang Tahun Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta yang Kedua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *