hotel di bali - tips liburan di bali
TRAVEL

5 Tips Liburan di Bali yang Perlu Kamu Tahu

Posted on

Turis di Bali sering menyebut Pulau Dewata sebagai “surga”, tetapi benarkah demikian? lalu bagaimana dengan kera liar yang agresif, skuter yang bandel, dan kemungkinan lain yang bisa terjadi.

Oleh karena itu, di manapun kita berada harus berhati-hati, tak terkecuali ketika liburan di Bali. Nggak mau dong liburannya jadi kurang menyenangkan karena ada tragedi?

Nah, agar liburan kalian di Bali aman dan nyaman. Yuk simak 5 tips liburan di Bali yang perlu kalian ketahui.

1. Jaga Etika

Budaya Bali menjadi salah satu daya tarik utama pulau tersebut. Kadang kala, tanpa disadari wisatawan tanpa sadar dapat menyinggung orang Bali setempat dengan melanggar ajaran budayanya.

Jadi, jika kalian berencana untuk bersosialisasi dengan penduduk setempat, atau berencana untuk mengunjungi salah satu pura di Bali pastikan kalian sudah mengetahu aturan-aturannya.

pura aditya jaya rawamangun 11 - diantin.com
Umat Hindu yang beribadah | Pic by Achmadi

Contoh jika kalian berencana ke pura, maka gunakan pakaian yang sopan. Gunakan kemeja yang menutupi bahu dan bagian dari lengan atas, bagian pinggang dan kaki harus ditutup dengan syal candi (dikenal sebagai selendang), dan sarung (dikenal secara lokal sebagai kain kamben).

2. Keamanan Umum

Terlepas dari banyaknya wisatawan yang mengunjungi Bali setiap tahunnya, menjadikan Bali tetap aman tentulah tak semudah yang dibayangkan.

Jalan-jalan di Bali kacau, masih ada pencurian, dan arus bawah pantai pun dapat menyapu kita dalam sekejap. Oleh karena itu, sebelum liburan ke Bali sebaiknya kalian mencari tahu dulu keadaan di sekitar tempat kalian berlibur.

Kalian bisa mencari tahu risiko yang mungkin harus dihadapi di Bali, dan hal-hal yang harus dihindari selama berlibur di Bali.

Misalnya jangan merokok di tempat umum, karena ada peraturan “bebas rokok” yang mulai berlaku di seluruh Bali pada tahun 2011. Nggak mau dong liburan kalian terganggu karena melanggar keamanan umum.

3. Memilih Transportasi

Bali menyediakan beberapa pilihan transportasi untuk pelancong dengan menawarkan kecepatan, kenyamanan, dan harga yang beragam. Kemungkinan termasuk sepeda, skuter, mobil, dan transportasi umum.

transportasi umum - tips liburan di bali - diantin.com
Pic by pixabay

Namun, tidak semua penyedia transportasi jujur. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar memilih moda transportasi yang akan digunakan selama berlibur di Bali.

​​Tipsnya, jika kalian ingin menggunakan taksi. Carilah taksi yang sudah terkenal di Indonesia, contohnya Blue Bird. Taksi-taksi ini sebagian besar memberikan pelayanan yang baik dan jujur dalam hal biaya. Selain itu, kalian juga bisa menyewa motor atau mobil yang disediakan oleh warga lokal per harinya.

4. Keamanan di Pantai

Berselancar di Bali adalah salah satu hiburan paling populer. Pantai-pantainya yang indah tak bisa dipungkiri bergitu menarik wisatawan untuk berselancar.

Namun, apakah pantai di Beli sepenuhnya aman untuk pengunjung pantai? tentu saja tidak, banyak faktor risiko bisa terjadi. Misalanya arus bawah yang berbahaya, dan risiko terjadi tsunami.

Jadi selama kalian berlibur di pantai, jangan lupa tetap berhati-hati ya.

5. Tips Booking Hotel di Bali

Sebelum kalian berliburan ke pulau ini, pastikan kalian telah memesan hotel terlebih dahulu dari jauh-jauh hari. Sekarang ini, hotel-hotel di Bali menawarkan suasana khas budaya bali yang dipadupadankan dengan unsur modern.

hotel di bali - tips liburan di bali
Pic by pixabay

Banyak dari hotel-hotel tersebut bisa kalian temukan di website Blibli.com, dan jangan lupa cari harga termurah karena blibli.com seringkali menawarkan diskon yang sangat menguntungkan. 

Jadi kalian nggak perlu bingung lagi, kalau mau Booking Hotel di Bali bisa di blibli.com.

Sudah siap liburan ke Bali? jangan lupa tips di atas ya 🙂

One thought on “5 Tips Liburan di Bali yang Perlu Kamu Tahu

  1. Erdjon

    Maret 31, 2020 at 10:52 AM

    Terima kasih untuk tips2nya jalan2 ke Bali. Pernah kesana pas tahun baru 2014, memang benar, lalulintas disana cukup kacau… Tapi Bali menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!