tips agar kaki tidak pegal
TIPS & TRICK

Tips Agar Kaki Tidak Pegal Saat Bepergian Jauh

Posted on

Pernahkah kamu melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api? Bepergian ke luar kota naik kereta api tentu menjadi perjalanan yang menarik dan menyenangkan. Kamu bisa menikmati perjalanan yang santai dan bebas dari kemacetan.

Kereta api menjadi transportasi umum yang banyak digemari oleh masyarakat, salah satunya adalah untuk perjalanan jauh ke luar kota. Naik kereta api ke luar kota memang membutuhkan waktu lebih, tergantung seberapa jauh destinasi yang dituju.

Semakin jauh perjalanan yang kamu tuju, semakin lama kamu harus duduk di kereta. Duduk terlalu lama bisa membuat beberapa bagian pada tubuh terasa pegal dan kram. Hal ini akan memicu rasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan jauh.

Rasa pegal tersebut disebabkan oleh otot yang tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, karena terlalu lama duduk dan kurang gerak. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba tips agar kaki tidak pegal ketika melakukan perjalanan jauh berikut ini:

1. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Ketika melakukan perjalanan jauh naik kereta api, kamu harus menggunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan dan ketika di dalam kereta.

Kamu bisa menggunakan sepatu dengan alas yang empuk, tidak sempit dan mudah untuk dilepas sewaktu-waktu. Hindari menggunakan alas kaki yang membuat kaki sakit, seperti alas kaki yang tidak sesuai ukuran.

Salah satu model alas kaki yang seringkali membuat tidak nyaman untuk digunakan perjalanan jauh naik kereta api adalah sepatu atau sandal dengan hak tinggi atau high heels.

Menggunakan hak tinggi ketika sedang melakukan perjalanan jauh akan membuat kaki mudah pegal bahkan lecet. Ketika berada di dalam kereta api, kamu bisa melepas alas kaki untuk merilekskan kaki sejenak.

2. Menyesuaikan Posisi Duduk

Menyesuaikan posisi duduk ketika melakukan perjalanan jauh naik kereta api merupakan hal yang penting. Karena sangat berpengaruh kepada tubuh bagian bawah.

Mulai dari pinggang, bokong hingga kaki akan terasa mudah pegal jika kamu tidak menyesuaikan posisi duduk. Sesuaikan posisi duduk senyaman mungkin, kamu bisa menurunkan sandaran kursi jika memang diperlukan.

Posisi duduk dapat kamu ubah beberapa kali sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Karena duduk terlalu lama juga tidak baik untuk bagian tulang belakang, makanya kamu harus menyesuaikan posisi duduk agar tidak berdampak buruk seperti terjadi cedera tulang belakang.

3. Melakukan Peregangan Ringan

Melakukan perjalanan jauh naik kereta api pasti akan membuat tubuh terasa pegal-pegal. Duduk terlalu lama dan kurang bergerak membuat bagian-bagian tubuh mudah pegal seperti leher, bokong, hingga kaki. Pegal-pegal akan semakin memburuk hingga keram dan mati rasa.

Jika kamu merasakan pegal, keram hingga mati rasa, kamu bisa melakukan peregangan ringan seperti melakukan stretching pelan-pelan untuk meregangkan otot yang kaku di sekitar leher. Kemudian kamu juga bisa meluruskan kaki sejenak sambil memijit pelan bagian betis kaki.

4. Memijat Bagian yang Pegal

Ketika bagian-bagian tubuh terutama kaki mulai terasa pegal, kamu bisa memijat pelan bagian tersebut. Untuk di kaki, kamu bisa memijat pelan di bagian betis.

Kamu juga bisa membawa krim pegal atau minyak urut ketika berencana untuk melakukan perjalanan jauh dengan kereta api. Dua benda tersebut untuk mengantisipasi ketika mulai terasa pegal-pegal. Oleskan krim pegal atau minyak urut di bagian betis ketika kaki mulai terasa pegal, dan pijatlah pelan-pelan agar aliran darah di bagian kaki tetap mengalir lancar.

Selain itu, kamu bisa mengoleskan di bagian lain yang mudah terasa pegal seperti leher, pinggang, tangan, ataupun di mana saja yang kamu rasa sudah terasa pegal-pegal akibat terlalu lama duduk di kereta.

Itu tips untuk menghindari dan mengatasi kaki pegal ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api. Nah untuk kamu yang berencana melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api, kamu bisa booking tiket kereta online melalui aplikasi Traveloka.

Yuk segera rencanakan liburan kamu dengan memesan tiket keberangkatan kereta api, pesan penginapan dan lainnya melalui aplikasi Traveloka. Dengan cara yang praktis dan mudah, kamu bisa segera mewujudkan perjalanan jauh yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!