KARA santan kelapa kemasan
FOOD

Santan Kelapa Kemasan untuk Warisankan Resep Juara

Posted on

Banyak sekali kuliner nusantara yang berbahan dasar santan. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, sampai minuman. Sebagai penyuka sayur lodeh dan opor ayam, saya berterima kasih kepada pengolah santan kelapa kemasan.

Saya membayangkan jika setiap akan memasak sayur lodeh ataupun opor ayam, tapi tak ada santan kemasan. Kebayang repotnya harus parut dan peras dulu, baru menghasilkan santan. Alhamdulillah sekarang sudah ada santan kelapa kemasan, proses masak jadi efisien.

Bicara soal santan kelapa kemasan, saya ingin berbagi informasi yang saya dapat saat mengikuti acara online talkshow “Wariskan Resep Juara Kuliner Nusantara” yang diadakan oleh Tetra Pak Indonesia dan KARA. Ada yang mau tahu? Baca sampai selesai ya.

narasumber warisan resep santan kelapa kemasan
Narasumber talkshow wariskan resep juara 

Lebih Tahu Tentang KARA dan Tetra Pak Indonesia

Semenjak pandemi, saya dan mungkin banyak keluarga lainnya lebih sering memasak dan menyiapkan makanan dari rumah. Alasannya tentu saja agar lebih hemat dan higenis. Oleh sebab itu penting untuk memilih bahan makanan yang higienis seperti KARA santan kelapa kemasan.

Kenapa harus KARA? Karena bernutrisi, higienis, dan mudah dipakai. Dengan menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT), serta enam lapisan kemasan aseptik dari Tetra Pak dapat memastikan produk santan kelapa kemasan higienis, mudah dipakai, dan bernutrisi.

Teknologi UHT memastikan produk santan kemasan telah dipanaskan 140oC dalam waktu 8-15 detik untuk mencapai kondisi sterilitas komersial telah tercapai (Fo ≥ 3 menit). Proses ini membunuh bakteri jahat dan mikroba Clostridum botulinum, serta mikroorganisme.

Selain itu, dengan enam lapisan kemasan memastikan umur simpannya tetap terjaga tanpa kehilangan rasa, nutrisi, dan tekstur dari santan kelapa secara alami. Untuk penyimpanannya, santan kelapa kemasan bisa disimpan di suhu ruangan.

“Sesuai dengan visi perusahaan kami, Melindungi Yang Baik, kami ingin menjawab kebutuhan konsumen yang saat ini tengah mencari produk yang dapat digunakan secara praktis dan higienis sembari melakukan beragam aktivitas di rumah saja. Lewat solusi keamanan pangan kami, ibu rumah tangga dan pegiat kuliner tidak perlu lagi ragu untuk memanfaatkan produk ini sebagai bahan dasar dan pelengkap makanan dan minumannya.” – Pak Panji Cakrasantana, Marketing Manager Tetra Pak Indonesia

Panji Cakrasantana memaparkan tentang santan kelapa kemasan
Panji Cakrasantana, Marketing Manager Tetra Pak Indonesia

Sekadar informasi, Tetra Pak adalah perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman.

Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, Tetra Pak menyediakan produk yang aman, inovatif dan berwawasan lingkungan yang setiap hari digunakan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta orang di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 24.000 karyawan di seluruh dunia, Tetra Pak Indonesia percaya akan kepemimpinan industri yang bertanggung jawab dan pola pendekatan usaha yang berkelanjutan.

Memiliki moto “Melindungi yang baik” dan visi untuk menghadirkan makanan dan minuman yang aman dan tersedia kapanpun, di manapun juga membuat Tetra Pak selalu melakukan inovasi dan mempertahankan kualitasnya.

Tips Mengetahui Kemasan Makanan dan Minuman yang Berkualitas

Saat ini banyak sekali makanan dan minuman kemasan yang dijual di pasaran. Sebagai konsumen kita pasti khawatir apakah kemasannya berkualitas atau tidak. Untuk itu Pak Panji menjelaskan, ketika akan membeli makanan dan minuman kemasan sebaiknya memperhatikan hal ini:

  1. Cek masa kadaluarsa.
  2. Pastikan kemasan tidak rusak atau penyok.
  3. Jika ada logo Tertra Pak “Protect What’s Good”, maka tak usah ragu karena dijamin higenis.

Selama ini saya hanya cek masa kadaluarsa dan kondisi kemasan saja, tak pernah cek logo terta pak. Harus diingat nih kalau belanja makanan dan minuman kemasan.

Tips Memasak Menggunakan Santan Kelapa Kemasan

Sudah menjadi rahasia umum, jika memasak santan itu susah-susah gampang, dan hal yang paling menyebalkan adalah santannya pecah. Kali ini Chef Devina Hermawan membagikan tips memasak santan kelapa kemasan agar tidak gagal. Tipsnya adalah:

  1. Saat memasak gunakan api sedang dan terus diaduk.
  2. Memasaknya jangan terlalu lama, karena santan mudah matang.
  3. Santan memiliki sifat sensitif dengan asam. Jadi hindari menambahkan bahan tambahan yang bersifat asam ketika memasak santan.

“Sebagai seorang ibu dan pegiat kuliner, tentunya saya ingin berkreasi menciptakan beragam resep juara yang praktis, higienis, dan tetap disukai untuk anak-anak dan keluarga. Menurut saya, santan kelapa kemasan merupakan salah satu produk yang harus saya sediakan di dapur untuk memperkuat cita rasa tanpa perlu repot memarut dan memeras santan secara manual.” – Devina Hermawan, Pegiat kuliner sekaligus ibu rumah tangga modern

Berkreasi dan Ikuti Kompetisi Cook From Home

Salah satu teman SMP saya, Nisa. Sempat beberapa kali mention beberapa resep kreasi dari santan kelapa kemasan KARA di instagram. Kemudian saya sempat berkunjung ke profil instagramnya, ternyata banyak sekali resep kreasi KARA yang dia buat.

Karena penasaran saya cek instagram KARA, dan menemukan informasi tentang challenge cook from home. Ketika online talkshow kemarin saya baru tahu kalau KARA mengadakan KARA Cook from Home Challenge #WariskanResepJuara untuk mendukung konsumen, khususnya para ibu rumah tangga agar berkreasi menciptakan resep. Bahkan memulai industri kuliner rumahan dengan memanfaatkan santan kelapa kemasan.

“Dengan tema wariskan resep juara, kami berharap para ibu rumah tangga bisa membagikan resep juara keluarganya atau resep turun temurun kuliner nusantara agar tetap dilestarikan secara kreatif.” – Kenedy Hermawan, Brand Manager, PT. Kara Santan Pertama

brand manager kara
Kenedy Hermawan, Brand Manager PT. Kara Santan Pertama

Kompetisi cook from home telah berlangsung rutin di Instagram KARA dengan berbagai kategori pemenang. Pemenang utama, pemenang favorit, dan pemenang terpilih dengan hadiah jutaan rupiah.

Jadi ingat punya stok santan kelapa kemasan, haruskah Antin mengikuti kompetisi Cook from Home? kasih saran dong Antin harus masak apa. Siapa tahu bisa menjadi juara, ya gapapa ngayal aja dulu.

produk kara santan kelapa kemasan
Produk KARA

Saya tunggu saran kalian, dan jangan lupa ikutan kompetisinya ya. Selamat berkreasi menggunakan KARA santan kelapa kemasan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!