colenak-makanan-khas-daerah-purwakarta
FOOD

7 Makanan Khas Daerah Purwakarta Yang Wajib Dicicipi

Posted on

Liburan ke Purwakarta rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerah Purwakarta. Bukan begitu? Itu juga yang saya lakukan 5 tahun silam ketika liburan ke rumah teman di Purwakarta.

Selain berlibur, saya juga mencicipi beberapa makanan dan camilan khas Purwakarta. Kata teman saya, jika berkunjung ke Purwakarta kalian wajib mencicipi makanan khas daerah Purwakarta ini.

Macam-macam Makanan Khas Daerah Purwakarta

1. Sate Maranggi

sate-maranggi-makanan-khas-daerah-purwakarta
Dokumentasi Dian Purwita Sari

Siapa yang tak kenal sate maranggi, makanan khas daerah Purwakarta ini sudah sangat terkenal. Setiap yang liburan ke Purwakarta menjadikan sate maranggi sebagai kuliner wajib yang harus dicicipi.

Sate maranggi memiliki 2 varian daging yang digunakan, yaitu daging sapi dan kambing. Sebelumnya daging tersebut direndam dengan kecap manis, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan jahe, serta ada penggunaan sedikit cuka lahang.

Karena proses perendaman tersebut, sate maranggi tidak disajikan bersama siraman saus seperti sate-sate lain. Sate maranggi hanya disajikan dengan kecap manis, acar, sambal tomat, dan ketan bakar atau nasi timbel.

Ketika mengigit sate maranggi akan terasa manis, pedas, asam, dan gurih. Rasanya sayang sekali kalau main ke Purwakarta nggak makan sate maranggi. Dagingnya yang empuk dengan acar tomatnya selalu menggoda lidah.

2. Peuyeum Bendul

peuyeum-bendul-makanan-khas-daerah-purwakarta
Dokumentasi Dian Purwita Sari

Peuyeum atau tape Bendul merupakan makanan khas daerah Purwakarta yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Ketika digigit peuyeum akan terasa empuk dengan sensasi asam yang enak.

Kalau kalian main ke daerah Purwakarta, kalian akan melihat peuyeum diikat dan digantung di setiap tempat oleh-oleh. Dari jauh akan terlihat seperti singkong utuh yang keras, padahal ketika sudah mencicipinya akan terasa empuk dan enak.

Jika kalian berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa membeli peuyeum bendul untuk oleh-oleh. Jika sudah mencicipin peuyeum bendul, kalian akan ketagihan.

3. Colenak

colenak-makanan-khas-daerah-purwakarta
Dokumentasi Dian Purwita Sari

Kalau sudah pernah mencoba peuyeum bendul, jangan lupa mencicipi colenak. Makanan khas daerah Purwakarta yang berbahan dasar peuyeum.

Colenak merupakan singkatan dari “dicocol enak” adalah kudapan yang dibuat dari peuyem yang dibakar. Disajikan dengan cocolan gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa.

Menikmati pemandangan Purwakarta sambil menyantap colenak, dan ditemani teh tawar hangat sebuah kenikmatan yang hakiki.

4. Simping

Kalau kalian berkunjung ke Purwakarta dan mencari oleh-oleh, simping bisa menjadi pilihan. Simping merupakan salah satu camilan khas daerah Purwakarta yang bisa kalian jadikan oleh-oleh.

Simping terbuat dari tepung beras yang dipadukan dengan beberapa bumbu khas, dan proses membuatnya dengan cara dipanggang dengan cetakan khsusus. Simping berbentuk bulat dan memiliki ketebalan yang cukup tipis atau pipih.

Warna simping biasanya putih dengan rasa kencur, tapi saat ini sudah banyak varian rasa seperti rasa strawberi, nangka, durian, pandan, dan coklat. Jadi selain rasa gurih, simping juga ada varian rasa manis.

Saya pribadi lebih suka simping rasa kencur dibandingkan dengan rasa lain. Kalau sudah makan simping, rasanya satu kantong pun tak cukup.

5. Kerupuk RO

Kerupuk RO atau yang lebih dikenal dengan kerupuk melarat merupakan salah satu makanan khas daerah Purwakarta lainnya. Disebut kerupuk melarat karena kerupuk tersebut digoreng tidak menggunakan minyak.

Kerupuk RO ini terbuat dari aci singkong dan disangrai terlebih dahulu, lalu digoreng menggunakan pasir. Karena prosesnya yang cukup unik ini, membuat cita rsa kerupuk RO menjadi khas dan berbeda dengan kerupuk lainnya.

Selain simping, kerupuk ro juga bisa menjadi salah satu camilan dan oleh-oleh jika kalian berkunjung ke Purwakarta.

6. Nasi Tutug Oncom

nasi-tutug-oncom-makanan-khas-daerah-purwakarta
Nasi tutug oncom khas Purwakarta

Kalau kalian ke Purwakarta, selain mencicipi makanan di atas, kalian juga harus mencicipi nasi tutug oncom. Makanan khas daerah Purwakarta yang mengenyangkan.

Sesuai dengan sebutannya, tutug yang berarti menumbuk, tutug oncom terbuat dari oncom yang ditumbuk halus dan dicampur dengan nasi. Sebelum ditumbuk oncom terlebih dahulu digoreng atau dibakar agar enak untuk dikonsumsi.

Biasanya dalam satu porsi nasi tutug oncom disajikan dengan beberapa lauk seperti daging ayam, ikan asin, tahu dan tempe, kerupuk atau emping, dan lalapan.

7. Es Ciming

es-ciming-makanan-khas-daerah-purwakarta
Es ciming khas Purwakarta

Sudah membahas makanan khas daerah Purwakarta rasanya kurang lengkap jika tidak ada minuman segarnya ya. Jangan salah, di Purwakarta juga ada minuman manis dan segar yang bernama es ciming.

Es ciming adalah es campur khas Purwakarta yang disajikan dalam mangkuk bulat berdiameter sekitar 12 cm. Isi dalam semangkuk es ciming terdapat campuran cingcau hitam, serutan kelapa, cendol, dan kacang hijau. Kemudian esnya diberi sirup berwarna merah, taburan es serut yang cukup banyak, dan susu kental manis secukupnya.

Menikmati es ciming di saat cuaca yang panas sungguh nikmat dan segar.

Nah itulah 7 makanan khas daerah Purwakarta yang wajib kalian cicipi jika berkunjung ke Purwakarta. Dari ketujuh makanan khas tersebut mana saja yang pernah kalian cicipi?

One thought on “7 Makanan Khas Daerah Purwakarta Yang Wajib Dicicipi

  1. Kang Adetruna

    September 14, 2020 at 9:09 PM

    Makan Colenak minumnya es ciming … hmmm menarik sekali kayaknya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!