Rekomendasi Plugin Wordpress
STORY

9 Rekomendasi Plugin WordPress yang Wajib Dipasang

Posted on

Hallo pengguna wordpress, di tulisan kali ini saya ingin memberikan rekomendasi plugin wordpress yang bisa kamu pasang gratis.

Sebenarnya saya tidak terlalu paham masalah plugin, tapi di beberapa tulisan saya yang membahas tentang blog banyak komentar dari teman-teman yang meminta saya membahas rekomendasi plugin wordpress.

Jadi untuk rekomendasi plugin wordpress kali ini adalah plugin umum yang memang saya gunakan juga di diantin.com.

Rekomendasi Plugin Gratis di WordPress

Ada banyak rekomendasi plugin wordpress gratis, namun kali ini saya merekomendasikan beberapa plugin ini. Plugin yang memang sudah saya gunakan sendiri sejak lama.

1. Anti-Spam Akismet

akismet rekomendasi plugin wordpress
Tampilan Akismet jika sudah berhasil disetting

Apakah kamu termasuk orang yang sebal jika ada komentar spam di blog? Sini-sini merapat, kamu harus tahu Akismet. Salah satu rekomendasi plugin wordpress yang wajib kamu pasang.

Plugin ini berfungsi untuk mendeteksi komentar-komentar spam secara otomatis. Jika ada komentar spam di blog kamu, komentarnya otomatis akan masuk ke folder spam. Dengan begitu kamu tak perlu cape menghapus komentar spam satu per satu, kamu hanya perlu mengosongkan folder spam saja.

Namun, sebelum mengosongkan folder spam, sebaiknya kamu cek juga apakah ada komentar yang bukan spam masuk ke folder tersebut. Karena beberapa kali saya sempat menemukan komentar yang bukan spam masuk ke folder spam. Ya namanya plugin ya, tak ada yang sempurna.

Untuk menggunakan plugin Akismet, setelah install jangan lupa disetting ya agar pluginnya berfungsi dengan baik. Untuk settingnya mudah kok, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya. Jika ada pilihan harus bayar, kamu geser garisnya sampai ke nol, agar kamu bisa gunakan secara gratis.

2. Broken Link Checker

plugin broken link checker
Tampilan broken link

Salah satu indikator blog yang sehat adalah tidak memiliki broken link. Sebenarnya untuk mengecek broken link bisa dilakukan secara manual dan membersihkannya satu per satu.

Namun, untuk kamu pengguna wordpress ada cara mudahnya. Kamu hanya perlu install plugin broken link checker. Dengan begitu kamu bisa mendeteksi broken link yang ada di dalam tulisan maupun dalam komentar dengan mudah.

Dengan adanya plugin tersebut, kamu bisa membersihkan link yang rusak dengan mudah dan cepat. Kekurangan dari plugin ini, terkadang tidak semua broken link terdeteksi.

Jadi kalau saya lagi malas biasanya membersihkan broken link melalui plugin saja, tapi jika sedang rajin dan ada waktu luang tetap mengecek broken link secara manual di brokenlinkcheck.com.

3. GAinWP

GAinWP rekomendasi plugin wordpress
Tampilan data di GAinWP

Sebagai bloger, penting sekali untuk memasang plugin GAinWP (Google Analytics Integration for WordPress) untuk memantau kinerja blog kita.

Pasti sudah pada tahu dong ya fungsi dari plugin ini. GAinWP berfungsi untuk melihat data dari blog kita. Data yang disediakan seperti jumlah pengunjung blog, waktu yang dihabiskan pembaca di blog kita, dll.

Sebenarnya data analitik bisa diakses langsung di website Google Analytics, namun dengan adanya plugin GAinWP tentu saja memudahkan. Cara membaca datanya pun lebih simpel dan mudah.

4. Really Simple SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki sebuah website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenskripsi.

Kamu mungkin sering mengalaminya sendiri, ketika mengakses website tanpa sertifikat SSL akan ada keterangan Not Secure. Namun sebaliknya, jika blog kamu sudah memasang SSL, maka url blognya akan berubah menjadi https.

Fungsi dari SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Selain itu masih banyak lagi fungsi dari SLL, seperti meningkatkan rangking website di mesin pencarian, menghindari pencurian data, dll.

5. Smush

Salah satu kekurangan wordpress adalah keterbatasan ruang (hosting). Untuk itu pengguna wordpress harus pintar-pintar mengatur ruang yang dimiliki, salah satunya dengan meminimalisir penggunaan gambar dengan ukuran besar.

Mengunggah gambar dengan ukuran besar juga bisa memperberat loading blog lho, sehingga loading blog kita akan lama. Jadi, sebelum menambahkan gambar ke blog, gambar tersebut harus dikompres terlebih dahulu agar ukurannya lebih kecil.

Jika gambar yang diunggah hanya satu atau dua masih tak jadi masalah jika harus dikompres satu per satu, namun jika gambarnya banyak maka akan kerepotan juga. Nah asiknya untuk pengguna wordpress, kamu bisa memasang plugin Smrush.

Dengan plugin tersebut kamu bisa mengoptimasi puluhan gambar secara otomatis.

6. Wordfence

Banyak yang bilang kalau wordpress itu rentang, banyak peretas yang mengincar. Namun bukan berarti tidak aman ya, kita hanya harus berjaga-jaga.

Seperti halnya blog saya yang sempat diserang malware, menjaga keamanan blog itu sangat penting. Salah satunya ya dengan memasang plugin Wordfence.

Dengan memasang plugin Wordfence kamu bisa melakukan scan, firewall, pemblokiran, memantau percobaan login, dan lain-lain. Selain itu, Wordfence juga dapat melakukan restore atau modifikasi file yang terinfeksi pada website WordPress.

Sayangnya untuk yang gratis fitur yang bisa digunakan sangat terbatas. Jika kamu ingin menggunakan semua fitur, sebaiknya berlangganan yang premiumnya.

7. WP Content Copy Protection

Ada yang suka sebal nggak jika tulisan kita dicopast orang lain tanpa izin? Nah untuk mengantisipasi hal itu kamu pengguna wordpress bisa pasang plugin WP Content Copy Protection.

Plugin tersebut berfungsi untuk mematikan fungsi klik kanan. Jadi, orang lain tidak bisa mengcopast tulisan kita. Jika pembaca tak sengaja klik kanan, nanti akan ada peringatannya.

Untuk tulisan peringatannya bisa disesuaikan dengan yang kita mau. Untuk contohnya kamu bisa klik kanan ketika membaca tulisan ini ya.

8. WP Super Cache

Pernahkah kamu mampir ke blog orang lain dan loadingnya lama? Atau blog kamu sendiri seperti itu? jangan dibiarkan ya.

Loading blog yang lama bisa membuat pembaca kesal dan berakhir malas mengunjungi blog kita. Untuk mengatasinya kamu bisa memasang plugin WP Super Cache.

WP Super Cache ini berfungsi untuk membantu mempercepat loading blog. Makanya plugin ini termasuk rekomendasi plugin worpress versi diantin.com.

9. WPS Hide Login

Sebelum pindah hosting, saya sering sekali menemukan oknum yang mencoba masuk ke blog saya. Kebanyakan oknum tersebut berasal dari luar negeri. Awalnya memang aman-aman saja, lama-lama jebol dan akhirnya disisipi malware.

Saya sempat cerita hal ini di salah satu grup WA, kemudian disarankan untuk memasang plugin WPS Hide Login. Plugin ini berfungsi untuk menyembunyikan url login ke dashboard.

Setelah saya pikir-pikir, benar juga ya jika url login tidak di sembunyikan dan menggunakan url pada umumnya, maka rentan sekali untuk oknum tak bertanggung jawab mencoba-coba masuk. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung mengunduh plugin WPS Hide Login, dan membuat url login sendiri.

Hampir dua tahun saya menggunakan plugin ini, dan sejak dipasang saya tidak lagi menemukan laporan ada oknum yang mencoba-coba masuk. Mungkin mereka bingung ya url login saya kok tidak bisa diakses 😀

WPS Hide Login adalah salah satu rekomendasi plugin wordpress yang menurut saya wajib dipasang.

Kesimpulan

Pengguna wordpress memang dimanjakan dengan banyaknya plugin yang bisa diakses gratis, walau begitu kamu juga tetap harus merawat blog kamu dengan baik ya.

Percayalah plugin-plugin yang kamu pasang tetap akan percuma jika blognya tidak dirawat. Jangan lupa pergunakan plugin dengan bijak ya, kamu harus hati-hati dengan ruang penyimpanan. Karena jika kebanyakan plugin bisa memberatkan loading blog juga lho.

Pasang plugin yang benar-benar blog kamu butuhkan dan hapus plugin yang ttidak digunakan lagi.

Itulah 9 rekomendasi plugin wordpress gartis versi diantin.com. Selamat mencoba ya 🙂

 

37 thoughts on “9 Rekomendasi Plugin WordPress yang Wajib Dipasang

  1. Rivai Hidayat

    11 Oktober 2021 at 7:44 AM

    Aku baru pakai bberapa plugin, kayak smush dan ssl. Plugin yang lainnya belum aku cari-cari lagi. Jadi punya gambaran setelah baca ini.

    Salah satu kelebihan wordpress seperti ini sih. Pemilik blog bisa leluasa untuk meningkat peforma blog mereka. Namun, jangan lupa penggunaan plugini jga bisa mempengaruhi ruang penyimpanan. Jadi kalau ada plugin yang tidak terpakai sebaiknya dihapus.

    Makasih untuk infonya!!

    1. Antin Aprianti

      11 Oktober 2021 at 4:22 PM

      Betul mas, pengguna wordpress tuh dimudahkan dengan adanya plugin. Cuma memang harus hati-hati dengan ruang penyimpanannya

  2. Firdaus Soeroto

    11 Oktober 2021 at 10:50 AM

    Wah makasih ya Antin! Oh ya, mau tanya dong Ntin, Kalo misalnya Instagram ter-blocked dengan Askimet itu gimana ya maksudnya?

    1. Antin Aprianti

      11 Oktober 2021 at 4:36 PM

      Ter-blocked gimana us? aku rada lupa soalnya udah lama banget setting Akismetnya

    2. Rara

      17 Oktober 2021 at 8:23 PM

      Wah informasinya menarik dan sangat bermanfaat sekali kak, terutama buat aku yang malas ngoprek-oprek. Dengan adanya info ini, aku bisa langsung menentukan akan download yang mana buat website ku hehe. Thank you

  3. febi

    11 Oktober 2021 at 12:02 PM

    Dari semua rekomendasi pluginnya gw tertarik sm WP Super Cache, supaya kalo pas buka blog, loadingnya ga lama..
    Soalnya punya gw agak lama..hehehe..
    Oia, mau nambahin dikit, kalo gue suka plugin email subscribers and newsletter, karena bisa tahu siapa yang subs blog..
    Dan plugin WP Mail SMTP, yang membantu ngehubungin beberapa email pribadi dg blog, dg form subs blog ataupun dg form jenis lainnya..

    Nice info!

    1. Antin Aprianti

      11 Oktober 2021 at 4:34 PM

      Wah aku malah belum pake kedua plugin itu feb. Sampai saat ini plugin email subscribers and newsletter kayanya aku belum butuh sih, tapi yang WP Mail SMTP kayanya menarik tapi belum terlalu paham nih aku

  4. Iqbal

    11 Oktober 2021 at 3:33 PM

    Nomor 7, langsung tak praktekin klik kanan ke tulisan ini, eh iya betul gak bisa copy. Mau di blok juga gak bisa…

  5. Mamak Rempong

    11 Oktober 2021 at 6:36 PM

    langsung praktek klik kanan, jeng jeng…dikasih peringatan akuuhh hahahahhaha

    dari 9 plugin, 99nya ga familiar bebbbb wkwkwwkkw, cuma yang GAainWP kayanya yang gue kenal.
    makasih ya sharingnya, kayaknya ada beberapa yang pengen gue pasang di blog gue deh, biar performanya lebih baik

    1. Antin Aprianti

      12 Oktober 2021 at 9:21 PM

      Yuk langsung pasang kak, jangan lupa disetting ya

  6. Lovelypink

    11 Oktober 2021 at 8:45 PM

    yah ampun, ku cuma tau WP cm buat nulis aja. Bener-bener masi buta banget euy sama duni perbloggeran ini. Wong, wp ku aja masi gratisan blom beli2 domain. Hehehe.. Kayanya abis ini mo nyoba deh beberapa plug-in yg direkomendasiin

    1. Antin Aprianti

      12 Oktober 2021 at 9:22 PM

      Yuk TLD’in kak, biar bisa pasang plugin juga

  7. Elsa Martina Lova

    12 Oktober 2021 at 3:05 PM

    Aku masih bingung, kenapa udah pake plugin tapi kalau di cek di link masih banyak broken linknya.

    1. Antin Aprianti

      12 Oktober 2021 at 9:18 PM

      Karena tak ada plugin yang sempurna kak, makanya walaupun sudah pasang plugin, sebaiknya tetap cek manual juga

  8. Mrs.kingdom17

    14 Oktober 2021 at 1:38 PM

    Wahh pas banget aku baru pake WP…meski masih harus banyak belajar. Ternyata blog cukup banyak yg harus diperhatikan ya. Aku tahunya nulis doang…hahaha.

  9. RULY

    14 Oktober 2021 at 6:01 PM

    Wahh Artikel yang sangat menarik ini Mba Antin, sebagai bloger pendatang baru, kedepannya saya akan coba beberapa trik diatas, sekali lagi Terima Kasih Mba

  10. Dirman

    15 Oktober 2021 at 11:25 AM

    Keren kak, blognya! fast loading banget. Perlu ditiru ini hardeningnya. Mungkin salah satunya dengan memasang plugin cache itu, iyah kak?

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 11:50 AM

      Terima kasih, Kak.
      Betul, salah satunya karena bantuan plugin

  11. Ning!

    16 Oktober 2021 at 11:19 AM

    Wah, aku jadi mau nambah plug in lagi. Ada beberapa yang belum aku pasang. Dan sebelumnya aku pasang wordfence tapi kok kayak berat gitu ya di blog? Kalau di blog kamu gimana tin? Sebenernya faktor utama leletnya blogku karena server hosting juga sih, huhu… tahun depan harus banget pindah emang.

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:07 PM

      Wordfance di aku biasa aja sih kak nggak bikin berat, biasanya Jetpack yang bikin berat tuh. Iya sih hosting tuh emang ngaruh banget ke loading kak, yuk bisa yuk pindah 😀

  12. Anni NS

    16 Oktober 2021 at 5:13 PM

    Bermanfaat sekali ini informasinya seputaran WP, sayangnya saya tdk menggunakan WP karena lupa password, dan akhirnya menggunakan blogspot. Bagaimana kalau menurut Antin bila kita masih menulis di blogspot, apakah itu aman..maaf pertanyaannya bukan seputaran WP malah blogspot hehe
    Thank you in advance ya Antin🙏😊
    Ohya, satu lagi ada yg mau ditanyain..kenapa ya alamat blog aku bisa berubah sendiri, dari iniannline jadi inniannline..hehe jd curcol🙏

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:09 PM

      Bikin blog di mana saja bisa kok kak, aman atau nggaknya ya tergantung bagaimana kita ngerawatnya. Yang penting tetap diisi dan dirawat blognya ya 🙂
      Masalah alamat blog yang suka berubah sendiri aku pun kurang paham kak

  13. Kartini

    16 Oktober 2021 at 7:01 PM

    Kayaknya aku bakalan pasang yg broken link checker. Ga pernah ngulik2 ternyata ada ya, Tin. Capek banget ngecekin manual soalnya ada ratusan kadang hiks

    1. Tuty Prihartiny

      16 Oktober 2021 at 10:32 PM

      Setelah membaca tulisan kak Antin tentang 9 Rekomendasi Plugin wordpress yang Wajib di Pasang, rasanya ups banget. Saya ada blog wordpress tapi masih plain banget.. Makin banyak nih PR saya di blog WP

    2. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:11 PM

      Emang kar suka cape kalau sampe ratusan, hapus sebagian pake plugin terus nanti dicek manualnya juga ya biar benar-benar bersih

  14. Hallowulandari

    16 Oktober 2021 at 8:25 PM

    Wuaaa banyak banget ternyata ya printilan plugin buat blog ntin. 9 plugin ini tuh bisa dipasang juga di blogspot ga sih?

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:13 PM

      Nggak bisa kak, blogspot nggak bisa pasang plugin. Khusus WP aja

  15. Eka Rahmawati

    16 Oktober 2021 at 9:36 PM

    Dulu aku pengguna wordpress, tapi sekarang pake blogspot. Namun, seandainya aku hrs balik ke wordpress, kayaknya aku bakal tertarik sama akismet. Soalnya banyak bgt spam gak jelas yg sering aku temuin

  16. Beni

    17 Oktober 2021 at 1:15 AM

    Kok bisa pas ya. Aku juga lagi browsing mengenai plug ini, dan agak bingung gunainnya. Ini membantu banget rekomnya mba antin. Besok aku mau coba nih. Thanks ya.

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:14 PM

      Sama-sama, semoga bermanfaat ya kak

  17. Dian Restu Agustina

    17 Oktober 2021 at 8:04 AM

    Keren banget…deatil penjelasan soal rekomendasi plugin di wordpress..kalau gini aku kan jadi pengin migrasi huhuhu. Banyak plugin yang membantu jadi memudahkan pengguna, bikin makin keren deh performa blognya

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:15 PM

      Salah satu daya tariknya WP memang di plugin mbak. Hayu migrasi hehe

  18. Lenifey

    17 Oktober 2021 at 5:49 PM

    Makasih antin dah nulis artikel ini. Sungguh sangat bermanfaat buat yang awam kayak aku. Jadi kalo misal mau download lupa tinggal scroll lg. Aku mau pasang yang biar gak bisa di copy paste lupa mulu.

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:16 PM

      Sama-sama, Len. Kamu salah satu yang request biar aku nulis tentang ini kan ya

  19. Diah Sally

    18 Oktober 2021 at 11:26 AM

    Antiiin! Blog gue banyak banget spam nya pas udah download akismet kok masih ada spamnya, apa karena setting nya belum bener ya? 🙁

    1. Antin Aprianti

      18 Oktober 2021 at 3:19 PM

      Spam mah pasti ada aja kok kak, aku pun sampe sekarang masih ada tapi nggak banyak dan otomastis masuk ke folder spam. Nah coba dicek settingannya, pas cek dashboard akismet tampilannya sudah seperti di gambar aku belum, kalau nggak begitu berarti settingnya belum berhasil

  20. Deny Oey

    20 Oktober 2021 at 10:04 AM

    Mkasih rekomendasinya dik antin, beberapa ada yg aku pake sih di blog. Beberapa lagi mau tak cobain. Hehhehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!