cara cek pajak kendaraan online
TIPS & TRICK

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online Terbaru

Posted on

Pajak adalah kewajiban yang harus dibayar oleh semua elemen masyarakat di setiap negara.

Membayar pajak tepat waktu merupakan hal yang harus dilakukan agar tidak terkena denda, dan menjadikan beban pajak berubah menjadi lebih besar.

Ketika ingin membayar pajak, tentu saja kamu juga harus mencari tahu tentang jenis pajak apa yang harus dibayarkan dan besaran pajak berapa yang harus dibayar.

Hal ini karena pajak mempunyai beberapa jenis dan penarikan yang berbeda-beda. Nah salah satu jenis pajak yang sering kita bayar adalah pajak PPN.

Pajak PPN adalah pajak yang biasa ditarik ketika kita ingin membeli makanan maupun suatu barang di minimarket. Terdapat juga jenis pajak lainnya seperti pajak bangunan dan juga pajak bumi yang diberikan terhadap orang-orang yang mempunyai rumah pribadi.

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

cara cek pajak kendaraan online terbaru

Untuk kamu yang memiliki kendaraan tentu saja harus membayarkan pajak kendaraan bermotor. Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan menuliskan informasi yang sangat penting, yakni mengenai bagaimana tips untuk cek pajak kendaraan secara online.

Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang ini proses pengecekan pajak kendaraan bermotor tidak hanya dilakukan via samsat saja. Namun, sudah bisa dilakukan secara online.

Terdapat juga beberapa aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk mengecek pajak kendaraan, berikut dibawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Cara cek pajak kendaraan secara online yang pertama adalah melalui aplikasi cek pajak kendaraan.

Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengecek status pajak kendaraan dimiliki. Untuk sementara ini, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengecek di beberapa daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Yogyakarta, Dan juga Sulawesi Selatan.

Aplikasi ini bisa dibilang sangat ringan dan juga tidak memiliki banyak iklan di dalamnya, sehingga kamu akan merasa nyaman ketika menggunakan aplikasi ini.

Aplikasinya sudah tersedia di Playstore maupun melalui Appstore ya. Jika sudah mengunduh aplikasinya, kamu hanya perlu memilih provinsi di mana kendaraan terdaftar dan memasukkan plat nomor kendaraan saja.

Setelah itu kamu akan memperoleh informasi tentang detail kendaraan, tanggal akhir pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Jika kamu telat membayar pajak, nantinya akan ada informasi mengenai denda yang harus dibayarkan juga lho. Memudahkan sekali ya.

2. Aplikasi SAKPOLE

Untuk kamu yang tinggal di Jawa Tengah, kamu bisa memperoleh informasi mengenai pajak kendaraan bermotor menggunakan aplikasi SAKPOLE e Samsat Jateng. Aplikasi yang dikelola BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi ini dibuat secara khusus untuk mempermudah warga jika ingin melakukan pembayaran pajak melalui online. Jika menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu datang ke kantor samsat hanya untuk membayar pajak kendaraan.

Memiliki tampilan yang menarik dan juga ringan digunakan, tentu saja kamu akan merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya informasi pajak saja, namun kamu juga bisa memperoleh beberapa informasi penting lainnya seperti Informasi status kendaraan, nilai jual, pencarian lokasi layanan masyarakat.

3. Aplikasi Samsat Digital Nasional

Cara cek pajak kendaraan online yang terakhir, melalui aplikasi Samsat Digital Nasional atau disingkat dengan Signal.

Signal merupakan aplikasi untuk melakukan pengesahan STNK tahunan, membayar pajak kendaraan, dan membayar sumbangan wajib dana kecelakaan.

Data yang ada di aplikasi Signal menggunakan data yang didapatkan dari database kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Polri.

Sistem informasi dari pajak kendaraan bermotor juga dikelola oleh setiap provinsi serta pangkalan data induk kependudukan Kemendagri. Semua data yang didapatkan ini akhirnya digabungkan menjadi satu menggunakan sistem kecerdasan buatan.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana sih cara cek pajak kendaraan secara online terbaru, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung terkait bagaimana proses cek pajak kendaraan tanpa  harus datang ke Samsat.

Namun, kamu juga masih tetap bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan secara offline dengan cara mendatangi Samsat ya.

One thought on “Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online Terbaru

  1. hallowulandari

    29 November 2021 at 10:11 AM

    jaman sekarang makin enak ya tin, mau cek pajak kendaraan juga udah bisa tracking via online aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *