obat radang tenggorokan
HEALTH

Obat Radang Tenggorokan Paling Efektif

Posted on

Radang tenggorokan merupakan kondisi kesehatan di mana adanya peradangan pada tenggorokan. Peradangan ini terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri, dan paparan udara kotor dan kering di lingkungan.

Peradangan tenggorokan ini membuat rasa tidak nyaman terutama ketika kamu menelan makanan, kamu juga akan merasakan gatal serta sensasi kering pada tenggorokan. Apabila kamu terus merasakan sakit pada tenggorokan dan tidak juga membaik, kamu harus segera periksa dan melakukan pengobatan.

Pengobatan radang tenggorokan sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu untuk meredakan rasa sakit dengan menggunakan obat radang tenggorokan rumahan, atau mengonsumsi obat radang tenggorokan untuk menghilangkan radangnya dengan membeli di apotek.

Sebelum kamu membeli obat radang tenggorokan di apotek, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar obat yang kamu beli tidak salah. Untuk memudahkan, kamu dapat konsultasi kepada dokter dengan mengunduh aplikasi klik dokter.

Berikut ini adalah beberapa obat radang tenggorokan yang wajib kamu tau!

Obat Radang Tenggorokan di Apotek

Membeli obat radang tenggorokan di apotek merupakan cara kedua setelah kamu sebelumnya melakukan pengobatan dengan obat herbal rumahan. Berikut adalah obat radang tenggorokan paling efektif yang tersedia di apotek.

1. Efisol Lozenges

Obat radang tenggorokan satu ini akan mengatasi infeksi yang terjadi di mukosa mulut, tenggorokan, dan amandel. Efisol lozenges bisa kamu konsumsi dengan bentuk tablet hisap, di mana obat tersebut mengandung dequalinium 250 mcg dan vitamin C 25 mg, dan tersedia juga bentuk cair yang mengandung 5 mg dequalinium serta 2,5 mh vitamin C.

2. Cooling 5 Spray

Fungsi dari obat radang tenggorokan satu ini akan meredakan sakit pada tenggorokan, serta iritasi ringan yang terjadi di tenggorokan dan mulut, juga dapat mengatasi sakit karena sariawan. Cooling 5 Spray mengandung 1,4% phenol.

3. Tantum Lozenges

Tantum Lozenges memiliki kandungan 3 mg Benzydamine hcl yang berbentuk tablet hisap. Berperan untuk meringankan rasa sakit pada rongga mulut karena inflamasi, dan menghilangkan kuman serta bakteri yang berada pada mulut.

4. SP Troches Meiji

SP Troches Meiji memiliki dua varian rasa Melon dan Strawberry yang di dalamnya mengandung 0.25 mg Dequalinium. Kandungan Dequalinium sangat berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan karena peradangan, gingivitis, infeksi selaput lendir, dan radang pada laring.

5. Methylprednisolone

Obat radang tenggorokan satu ini sangat berperan untuk mengobati radang tenggorokan, methylprednisolon merupakan jenis obat kortikosteroid yang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan di tenggorokan.

Obat radang tenggorokan ini dapat dibeli apotek dengan menggunakan resep dokter, karena termasuk pada obat berdosis keras.

6. Ibuprofen

Ibuprofen berperan memblokir produksi zat alami pada tubuh yang menyebabkan perdagangan. Oleh karenanya obat radang tenggorokan ini sangat ampuh untuk dijadikan obat anti peradangan,

Obat Radang Tenggorokan Herbal

Sebelum kamu membeli obat radang tenggorokan di apotek. Kamu bisa membuat obat herbal radang tenggorokan di rumah untuk meredakan sakit radang tenggorokan kamu.

Cara dan mengkonsumsi obatnya sangat mudah, simak pembahasannya di bawah ini ya.

1. Air garam

Radang tenggorokan akan terasa lebih membaik setelah berkumur dengan air garam hangat. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan rasa panas dan sakit tenggorokan, serta rasa nyeri yang membuat tidak nyaman.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampur 1 sendok teh gram dengan secangkir air hangat. Kemudian aduk hingga garam larut dengan air, dan berkumur selama beberapa detik.

Kemudian buang air kumur dan lakukan hal tersebut 3 hingga 4 kali sehari. Agar hasilnya maksimal, lakukan dengan rutin.

2. Air putih

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa nyeri pada tenggorokan akibat radang tenggorokan yaitu dengan banyak minum, agar cairan tubuh tetap terjaga. Dengan begitu radang tenggorokan akan terobati secara alami.

Karena tubuh kekurangan cairan, mengakbitkan tidak dapat memproduksi air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab, maka tenggorokan akan menjadi kering. Hal itu menyebabkan tenggorokan menjadi bengkak dan peradangan akan menjadi buruk.

Kamu harus minum 2 liter air putih setiap hari untuk memaksimalkan asupan cairan tubuh. Kamu juga perlu memenuhi cairan tubuh dengan mengkonsumsi jus buah, teh, dan kaldu.

3. Madu dan Perasan Lemon

Madu dan perasan lemon merupakan obat radang tenggorokan rumahan yang sangat efektif. Karena madu memiliki sifat antibakteri sehingga membuat pembengkakan menjadi membaik, dan membuat saluran tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, juga terdapat kandungan astringent yang sangat ampuh untuk meredakan serta mengobat radang tenggorokan.

4. Cuka Apel dan Garam

Satu sendok makan cuka apel yang dicampur dengan dua sendok teh garam, kemudian dicampurkan dengan segelas air hangat sangat membantu kamu meredakan radang tenggorokan yang menyebabkan batuk hebat.

Kamu juga bisa menggunakan campuran obat radang tenggorokan alami ini sebagai obat kumur yang berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan karena radang tenggorokan. Kamu bisa membuatnya dengan ¼ cangkir cuka apel dan ¼ cangkir madu kemudian dicampurkan.

Gunakan campuran tersebut selama 4 jam. Campuran ini sangat efektif karena cuka apel memiliki sifat asam yang membuat lingkungan menghambat virus serta bakteri yang terus tumbuh.

Demikianlah informasi obat radang tenggorokan yang bisa kamu buat di rumah sebagai obat alami radang tenggorokan, sebelum kamu memutuskan untuk membeli obat di apotek. Sebaiknya kamu juga melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *