giveaway-untuk-menaikan-followers
TIPS & TRIK

Giveaway, Cara Mudah Menambah Follower Dengan Cepat

Posted on

Belakangan ini saya sering sekali melihat beberapa akun, baik pribadi maupun online shop mengadakan giveaway di media sosialnya. Hadiahnya sangat beragam, ada buku, makeup, saldo e-wallet, sampai gadget.

Sebagai pemburu gratisan, saya juga sering mengikutinya. Apalagi jika hadiahnya buku yang saya incar sejak lama, dan harganya lumayan mahal. Setelah ikut beberapa kali dan sempat menang, saya jadi penasaran ingin mencoba membuat sendiri.

Kebetulan sekali di Kelas Growthing ada materi tentang Optimasi Media Sosial untuk Personal Branding dari Mas Ilham Sadli, dan tugasnya membuat giveaway di twitter.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Giveaway

Setelah mencobanya sendiri, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat giveaway.

1. Tentukan Jenisnya

Ada 2 jenis giveaway yang saya tahu, sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain. Jika melakukan sendiri, mulai dari menentukan mau promosi apa, syarat dan ketentuannya bagaimana, serta hadiah yang harus disediakan berapa, semuanya ditentukan sendiri. Sedangkan jika bekerja sama dengan pihak lain, semuanya ditentukan atas dasar kesepakatan bersama.

2. Tentukan tujuan

Setelah menentukan mau sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain, selanjutnya tentukan tujuan kalian membuat giveaway. Apakah tujuannya untuk menambah jumlah followers, menambah interaksi, atau menaikan branding. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh besar terhadap mekanisme pelaksanaannya.

3. Tentukan Mekanisme Pelaksanaan

Jika point satu dan dua sudah jelas, saatnya menentukan mekanisme pelaksanaanya. Misalnya harus follow, retweet, like, dan lain-lain. Kemudian memberikan keterangan hadiah dan jangka waktu giveaway.

Setelah menentukan 3 point di atas, kalian bisa mulai membuatnya. Jangan lupa memilih pemenang secara adil, dan mengumumkannya di sosial media. Mention username pemenang agar mereka tahu dan segera mengonfirmasi untuk pengiriman hadiahnya.

Mencoba Giveaway Bersama Teman

Seperti yang saya ceritakan di awal, kalau di Kelas Growthing diberikan tugas untuk membuat giveaway bersama dua teman lainnya. Kami diharuskan membuatnya di twitter, dan harus mendapatkan 50 retweet dalam tiga hari.

Jujur, saat itu saya dan yang lainnya lumayan panik. Karena sebagian dari kami ada yang jarang aktif di twitter, ada juga yang aktif tapi minim interaksi. Saya sendiri termasuk yang sering aktif di twitter, tapi interaksinya masih minim.

Saya mendapat bagian bersama Mbak Luluk dan Mbak Hanat. Malam sebelumnya kami sudah berdiskusi dan melakukan kesepakatan untuk mekanismenya.

23 September 2020, saya mengunggahnya di twitter dan hasilnya sungguh di luar prediksi. Dalam beberapa jam sudah banyak yang ikut serta, notifikasi saya mendadak ramai. Ada rasa norak dan haru karena notifikasi tak sesepi biasanya, saya jadi sering mengecek twitter. Bahkan sampai hari ini, ketika saya membuat tulisan ini, notifikasi saya masih ramai.

Apakah dengan giveaway bisa menaikan followers?

Tentu saja sangat bisa, tinggal bagaimana kalian mengatur mekanismenya. Jika ingin followers naik, maka di mekanismenya buatlah wajib follow akun kita. Seperti yang saya lakukan, mewajibkan untuk follow akun saya dan teman. Hasilnya followers saya bertambah sekitar 100 lebih. Tadinya susah sekali mencapai 2000 followers, setelah membuat giveaway dalam sehari sudah tercapai.

insight selama giveaway
Interaksi di postingan giveaway

Jadi kalau kalian tanya ke saya bagaimana cara menaikan followers dengan cepat, buatlah giveaway dengan hadiah menarik.

Apakah nanti followers-nya berkurang lagi setelah periode berakhir? Kalau ini saya belum tahu karena periodenya masih berlangsung. Nanti akan saya update lagi setelah beberapa minggu selesai ya.

Cara Lain Menaikan Followers

Menurut Mas Ilham, selain membuat giveaway ada cara lain untuk menaikan followers, yaitu membangun personal branding. Namun tentu saja cara ini tidak mudah dan butuh waktu.

Prinsip Membangun Personal Branding

  1. Tentukan Audience
  2. Tentukan akun kita ingin dikenal seperti apa
  3. Buat akun yang beda dengan orang lain
  4. Temukan ciri khas
  5. Konsisten

Cara Mengoptimalkan Branding

  1. Membangun interaksi
  2. Teliti melihat statistik
  3. Sering muncul di konten yang viral dengan komentar nyentrik

Jadi, untuk kalian yang belum ada budget untuk bikin giveaway dan ingin menaikan followers, kalian bisa mulai dengan membangun personal branding yang bagus sejak saat ini. Memang butuh waktu, tapi selama kalian konsisten hasilnya pasti akan maksimal.

Selamat mencoba 🙂

One thought on “Giveaway, Cara Mudah Menambah Follower Dengan Cepat

  1. Wahyu Eko Cahyanto

    September 25, 2020 at 3:47 PM

    nanti ikutan giveaway mba diantin deh sapa tau beruntung, hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!