gilang-maulani-berbagi-tips-fotografi
STORY

Gilang Maulani Berbagi Tips Fotografi di Kelas Growthing

Posted on

Kalian masih ingat tulisan saya sebelumnya tentang Kelas Growthing? Saya pernah cerita kalau di Kelas Growthing ada materi tentang fotografi untuk blog dari Gilang Maulani.

Penasaran nggak siapa sih Gilang Maulani dan apa saja tips yang diberikannya di Kelas Growthing? Simak tulisan ini sampai selesai ya.

Yuk Kenalan Dengan Gilang Maulani

Gilang Maulani atau yang lebih dikenal dengan Gemaulani adalah mojang bandung yang lahir tanggal 23 Agustus 1993. Wah seumuran sama saya, dan sama-sama dari Bandung juga.

Awalnya saya kira Gilang ini laki-laki, karena namanya mengingatkan saya dengan teman kecil yang kebetulan namanya sama. Ternyata bukan hanya saya yang mengira begitu.

Ketika membaca blognya www.gemaulani.com, saya menemukan banyak cerita tentang problematika nama Gilang ini. Antara ingin tertawa tapi kok ya kasian, soalnya sering juga merasakan dipanggil bapak. Jujur lama-lama itu menyebalkan.

Kesamaan lain Gilang dengan saya adalah sama-sama suka membaca novel dan menulis. Yang lebih takjub lagi kok bisa sama-sama nggak suka cacing, duh jadi banyak kesamaannya gini.

Menurutnya, dia bawel dan senang bercerita jika di media sosial atau blog. Sedangkan di dunia nyata pendiam dan pemalu. Nah ini baru berbanding terbalik dengan saya yang bawel di mana-mana.

Sosial Media Gilang Maulani

gilang-maulani-tentang-namanya

Seperti kebanyakan blogger lainnya, selain aktif di blog, Gilang Maulani juga aktif di media sosial. Kalian bisa menemui Gilang Maulani di media sosialnya.

Facebook : www.facebook.com/gemaugi
Twitter : www.twitter.com/gemaulani
link IG : www.instagram.com/gemaulani
Linkedin : www.linkedin.com/mwlite/in/gilang-maulani-a72032143

Karya Gilang Maulani

Gilang Maulani mulai membuat blog tahun 2011, tapi baru benar-benar aktif sekitar tahun 2015. Isinya beragam, mulai dari cerita tentang kehidupan pribadi, sesekali bercerita tentang hewan peliharaan, buku, produk, film, dan banyak hal lainnya.

Selain aktif menulis di blog, Gilang juga sudah mempunyai buku solo dan beberapa buku antalogi. Kalian bisa melihat buku-buku karya Gilang di blognya.

Tips Fotografi dari Gilang Maulani

Dulu menulis blog ya sekadar menulis saja, tak begitu memperhatikan foto pendukung. Namun saat ini foto bukan hanya sekadar pendukung saja, tapi salah satu daya tarik untuk pembaca. Oleh sebab itu saat ini blogger berlomba-lomba membuat foto dan infografis yang bagus untuk menarik pembacanya.

Makanya saya senang sekali ketika di Kelas Growthing ada materi tentang fotografi. Jadi apa saja sih yang harus diperhatikan ketika akan memotret? yuk simak tips dari Gilang ini.

Langkah-langkah Memotret Menggunakan Smartphone

Smartphone saat ini kualitas kameranya sudah bagus-bagus, dan kebanyakan blogger juga lebih suka memotret menggunakan kamera smartphone. Selain praktis tak perlu memindahkan data, memang sebagian orang belum mempunyai kamera. Ya seperti saya ini, masih mengandalkan kamera smartphone.

Jadi yang harus diperhatikan sebelum memotret adalah:

  1. Siapkan smartphone dengan kamera belakang beresolusi minimal 12 MP
  2. Tentukan tema dan konsep foto
  3. Pilih backdrop
  4. Nuansa dan properti foto secukupnya
  5. Perhatikan pencahayaan
  6. Tentukan angle foto yang diinginkan

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Memotret

  • Lap lensa kamera smartphone
  • Pakai bantuan tripod
  • Ambil foto lebih dari sekali, sambil ubah-ubah posisi pengambilan ataupun komposisina.
  • Gunakan garis bantu atau grid
  • Gunakan mode pro atau manual
  • Pakai reflector
  • Pakai diffuser
  • Foto bersama produk
  • Lakukan editing secukupnya dan jangan berlebihan
  • Cari referensi foto atau ide dari instagram, pinterest, pixabay, dan lain-lain.

Hal yang Dilarang Dalam Memotret

  • Hindari cropping terlalu banyak
  • Hindari penggunaan flash
  • Jangan pakai zoom
  • Hindari mode portrait (khusus bokeh di smartphone yang kurang mumpuni)
  • Jangan gunakan kamera depan yang kurang mumpuni
  • Jangan sampai mengubah warna asli dari produk endorse hanya karena menyesuaikan dengan feed

Wah tipsnya bermanfaat sekali untuk saya yang masih belajar foto. Jujur sampai saat ini yang paling sulit itu menentukan tema dan menyusun produk. Sepertinya saya harus banyak belajar dan melihat referensi foto lebih banyak lagi untuk menggali ide.

Ngomong-ngomong dari semua tips yang diberikan Gilang Maulani di atas, mana yang sudah kalian terapkan selama ini? yuk berbagi cerita tentang memotret di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!