cara memilih pemimpin yang tepat
TIPS & TRICK

Ingin Memilih Pemimpin yang Tepat? Cari Tahu 3 Hal ini!

Posted on

Di tahun politik seperti sekarang, mendadak banyak calon pemimpin yang blusukan dan silaturahmi ke kampung-kampung. Contohnya di lingkungan rumah saya, ada beberapa calon legislatif dari beberapa partai berbeda yang berkunjung. Mengumpulkan warga, memperkenalkan diri, dan memaparkan janji-janji manis program-programnya.

Februari 2024 kita semua akan memilih calon-calon pemimpin baru. Namun, sampai saat ini saya masih bingung memilih pemimpin yang tepat untuk Indonesia 5 tahun ke depan. Ada yang sama?

Bukan hanya memilih calon presiden, kita juga harus memilih calon legislatif yang kandidatnya sangat banyak dari berbagai partai. Memilih dari 3 pilihan saja bingung, bagaimana memilih pemimpin yang tepat dari puluhan kandidat.

Lalu bagaimana caranya memilih pemimpin yang tepat? Yuk kita sharing bersama. Sebelumnya disclaimer dulu ya, cara di bawah ini bukan hanya berlaku untuk memilih presiden ataupun anggota legislatif saja. Namun, bisa digunakan untuk memilih pemimpin perusahaan ataupun organisasi, dll.

1. Cari Tahu Kepribadiannya

Cara pertama memilih pemimpin yang tepat adalah mencari tahu kepribadian calon pemimpin tersebut. Di zaman digital seperti sekarang, sangat mudah untuk mencari tahu tentang seseorang. Kamu bisa membaca beritanya, atau mengecek sosial medianya. Jika kamu mengenal orang-orang di lingkungannya, kamu juga bisa mencari tahu dari mereka.

Menurut saya kepribadian seorang pemimpin sangatlah penting. Bagaimana sikapnya menangani masalah, menanggapi kritik dan saran, memperlakukan orang lain, kejujurannya, dan hal pribadi lainnya harus dicari tahu. Dengan tahu kepribadian calon pemimpin, kita bisa menentukan pilihan. Apakah dia layak menjadi pemimpin atau tidak.

2. Telusuri Rekam Jejaknya

Sebelum memilih pemimpin, sebaiknya kamu telusuri bagaimana rekam jejaknya. Bagaimana dia sebelumnya, apa saja yang sudah dilakukannya, dan hal lainnya yang berhubungan. Dengan tahu rekam jejaknya, kamu bisa menentukan pilihan. Apakah dia pemimpin yang tepat, atau malah sebaliknya.

Jangan sampai terulang, orang yang pernah berbuat kriminal bahkan korupsi masih bisa menjadi pemimpin. Bahkan kita tak pernah tahu apa yang dilakukannya selama menjadi pemimpin. Sayangnya, masih banyak sekali kasus seperti ini.

3. Dalami Visi Misinya

Setiap calon pemimpin pasti memiliki visi misi untuk ke depannya ingin seperti apa. Biasanya calon pemimpin juga sudah menyiapkan ide-ide untuk masa depan, dan memaparkan cara untuk mewujudkannya.

Kamu bisa melihat apakah dia calon pemimpin yang tepat dari sini. Apakah visi misinya masuk akal dan bisa dijalankan dengan baik, atau hanya janji manis di awal saja. Lagi-lagi masih banyak pemimpin yang suka janji manis di awal, setelah terpilih mendadak lupa ingatan.

Seorang pemimpin yang cerdas harus memiliki kreatifitas dan inovasi untuk perubahan ke depannya, dan pastinya harus lebih baik dari pemimpin sebelumnya. Oleh sebab itu, sebelum memilih pemimpin yang tepat kamu harus mendalami visi misi yang dipaparkan calon pemimpin. Jika memungkinkan untuk bertanya, tanyakanlah beberapa hal yang bisa menambah keyakinan kamu untuk memilih dia.

4. Amati Pengaruhnya

Kamu pasti pernah mendengar kalimat “The Power of Kekuasaan”, kalimat yang dilontarkan kepada orang-orang yang memiliki pengaruh besar karena kekuasaannya.

Pengaruh ini dapat diartikan sebagai kemampuan seseeorang untuk bersuara dan berpendapat, sehingga buah pemikirannya dapat berdampak. Jadi, ketika akan memilih pemimpin, kamu harus mengamati pengaruh apa yang bisa diberikan oleh calon pemimpin ini. Pengaruh yang baik, atau malah sebaliknya.

Faktanya, pengaruh seseorang secara pribadi sangatlah berpengaruh pada kemajuan ke depannya. Jika dia memberikan pengaruh yang baik, maka akan menghasilkan hal baik pula, begitu pula sebaliknya.

Itulah 4 cara memilih pemimpin yang tepat menurut saya, bagaimana dengan kamu? saya tunggu cerita kamu di kolom komentar ya.

Kesimpulannya, siapapun pemimpin yang kamu pilih, pastikan kamu sudah mencari tahu 4 point di atas ya. Jika kamu memiliki krateria pemimpin sendiri, bisa kamu tambahkan untuk dicari tahu juga. Jangan pernah malas mencari tahu, karena jika salah memilih pemimpin, kamu yang rugi sendiri lho. Karena dipimpin oleh pemimpin yang salah bukanlah hal yang menyenangkan.

Yuk memilih pemimpin yang tepat 🙂

One thought on “Ingin Memilih Pemimpin yang Tepat? Cari Tahu 3 Hal ini!

  1. A. Munandar

    15 Januari 2024 at 11:43 PM

    Simpel banget tapi praktiknya susah hiks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *