BloggerDay 2024, ajang silaturahmi
STORY

BloggerDay 2024, Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman

Posted on

Sejak Mamah sakit, saya mengurangi kegiatan di luar rumah. Termasuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan blogging. Di tengah keterbatasan waktu, saya selalu merasa butuh ilmu terupdate tentang blog dan perlu meningkatkan kualitas diri.

Jika waktunya memungkinkan, agar tidak ketinggalan jauh saya suka mengikuti kegiatan online yang berhubungan dengan blog. Namun belajar online dan offline rasanya sangat berbeda, serunya belajar offline kita bisa sekalian silaturahmi dengan bloger-bloger lainnya. Seperti bulan lalu, Minggu, 25 Februari 2024 saya menghadiri BloggerDay 2024 yang diselenggarakan oleh Bloggercrony Community.

Ini kali kedua saya hadir di acara BloggerDay, sebelumnya pernah ikut BloggerDay 2019 ke Bandung. Nah, kalau kali ini acaranya di Carro Square Pondok Indah, Jakarta Selatan. Jadi saya bisa ikutan deh.

Bertemu 100 Blogger dari Berbagai Daerah

BloggerDay 2024, Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman 1
Dokumentasi Bloggercrony Community

Di lingkungan bloger, sering sekali mendengar kalimat lo lagi lo lagi. Iya untuk yang di Jabodetabek biasanya kita suka ketemu saat acara offline, dan rata-rata memang lo lagi lo lagi. Namun untuk bloger yang di luar Jabodetabek biasanya kita hanya kenal secara daring, tahu nama dan blognya saja, karena sesekali chit chat di grup ataupun saling berkomentar di sosial media dan blog.

Dengan adanya BloggerDay 2024, akhirnya kita bisa bertemu dan bersilaturahmi secara nyata. Ada bloger dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang hadir. Sehari sebelumnya mereka semua sudah berangkat ke Jakarta menggunakan Bigbird, layanan bus Bluebird yang selalu memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan.

Kebayang nggak serunya bertemu dengan 100 bloger? Yap, rame sekali. Karena keterbatasan waktu dan saking banyaknya, saya tak sempat menyapa dan berkenalan dengan semuanya. Walau begitu, saya sangat senang karena bisa bertemu lagi dengan beberapa teman bloger yang sudah lama tak bertemu.

BloggerDay 2024 Bukan Hanya Ajang Silaturahmi

Pukul sembilan pagi saya sudah sampai di lokasi. Terlihat beberapa panitia sibuk menyambut peserta yang baru datang di meja registrasi, terlihat juga beberapa teman bloger yang sudah datang. Selesai registrasi, saya bertemu salah satu teman dan mencari tempat duduk.

Karena acaranya belum mulai, saya pun berkeliling sambil melihat-lihat koleksi mobil yang terpajang di Lobby Carro Square. Saya juga mengambil beberapa foto sambil selawat, siapa tahu suatu hari bisa meminang salah satunya. Aminin dong guys hehe

Mengenal 5 Program Bloggercrony Community

pengurus bloggercrony community
Pengurus Bloggercrony Community: Kak Bowo, Mas Akbar, Mbak Wawa, Mas Fawwaz, Mas Satto, Kak Husna, Kak Efa (kiri ke kanan)

Sekitar pukul sepuluh acara dimulai dengan sambutan dari beberapa pengurus, penjelasan tetang Bloggercrony Community (BCC) dan beberapa programnya. Saat ini ada 5 program yang berjalan di BCC seperti:

1. BloggerCare

BloggerCare adalah program yang dibuat untuk membantu teman-teman yang terdampak bencana. BCC akan menggalang donasi dari para anggotanya, kemudian mengumpulkan dan menyalurkan secara langsung kepada para korban. Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dari teman-teman yang tergabung di BCC untuk ikut membantu teman-teman terdampak musibah. Di BloggerDay 2024 kami juga turut andil dalam BloggerCare dengan memberikan donasi seiklasnya.

2. BloggerHangout

BloggerHangout adalah ajang temu atau kopdar santai berbobot ala Bloggercrony. Biasanya bloger akan berkumpul di suatu tempat atas biaya pribadi atau swadaya, membahas mengenai berbagai isu seputar blogging. Tujuannya untuk meningkatkan, mengembangkan kemampuan blogging dan menulis, serta berbagi tentang dunia bloger.

Melalui program ini BCC Squad belajar bersama, saling berbagi pengetahuan jadi bukan bloger sekadarnya saja, tapi terus naik kelas, dan punya ciri khas atau karakter yang menjadi pembeda dalam tulisan-tulisan karyanya.

Ini salah satu program BCC yang menurut saya keren. Jadi kami bukan bloger sekadarnya, tapi bisa terus bertumbuh, meningkatkan kualitas diri, dan gali potensi yang ada.

3. BloggerView

Kalau kamu suka melihat BCC Squad bekerja sama dengan beberapa brand, nah itu juga salah satu program BCC yang Bernama BloggerView. Program yang bekerja sama dengan brand. Untuk program ini biasanya akan ada seleksi, anggota yang terlibat dipilih berdasarkan kriteria yang dibutuhkan. Anggota yang terpilih akan membuat ulasan terkait acara yang diikuti, kemudian mengunggahnya di blog atau media sosial lainnya.

4. BloggerPreneur

BloggerPreneur adalah program BCC yang memfasilitasi teman-teman bloger yang mempunyai usaha. Hadiah-hadiah yang bertebaran di acara BloggerDay juga hasil karya dari teman-teman BloggerPreneur lho. Ada Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo, Demadols, VenzFOOD, Aira Cake & Cookies, Kayyis Craft, dan lain-lain.

5. BloggerDay

BloggerDay adalah program tahunan yang dibuat BCC dalam rangka ulang tahunnya, sekaligus menjadi ajang silaturahmi sesama bloger. Sepengatuhan saya, setiap BloggerDay hampir 100 bloger berkumpul. Bahkan saat pandemi pun berkumpul secara online lho. Sudah seperti acara tahunan yang selalu dinantikan dan wajib dihadiri para bloger.

Acara BloggerDay 2024 didukung Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF dan Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft

FYI, anggota BCC itu tersebar di 25 kota dengan jumlah hampir 2500 anggota. Jadi kalau kamu terpilih ikut BloggerDay itu sesuatu banget. Untuk kamu yang belum bisa ikutan BloggerDay 2024, tahun depan ikutan ya.

Bertabur Hadiah dan Kebahagiaan

Mungkin cuma di BloggerDay 2024 yang acaranya baru mulai langsung bertabur hadiah. Dari yang di bawah bangkunya ada pita, nomor telepon yang ada angka 9, yang membawa tumbler orens, dan yang menggunakan dresscode paling sesuai mendapatkan hadiah. Semua hadiah yang diberikan karya teman-teman BloggerPreneur lho. Bangga sekali ya.

BloggerDay 2024, Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman 2
Beberapa pemenang hadiah (pic by dokumentasi BCC)

Bukan hanya itu, ada juga pemberian Most Wanted Blog Award yang diberikan oleh BCC sebagai bentuk apresiasi, kepada bloger yang konsisten mengisi blognya dan sering membagikan di facebook BCC. Senang ya, konsisten mengisi blog sendiri tapi juga diapresiasi.

Oh ya, di tengah acara Bloggercrony juga soft launching buku pertamanya yang berjudul Skena Blogger. Buku yang ditulis oleh teman-teman Bloggercrony. Nggak sabar menunggu launching, katanya isi bukunya seputar blogging. Semoga ke depannya BCC akan ada program membuat buku bareng lagi ya, siapa tahu bisa ikutan kan.

Mengenal Carro Indonesia di BloggerView

Tadi masih ingat nggak sih di awal acara saya sempat foto-foto dengan mobil yang ada di lokasi acara. Nah itu semua koleksi mobil milik Carro. Mobil bekas yang akan dijual lagi.

BloggerDay 2024, Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman 3
Beberapa mobil Carro Indonesia

Awalnya saya mengira itu semua mobil baru karena semuanya kinclong, tapi Bapak Hendry Brainta menjelaskan sedikit tentang Carro. Jadi, Carro adalah platform jual beli mobil bekas yang sudah memiliki 9 cabang yang tersebar di 11 kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Palembang, Bali, dan Makasar.

Terus kan saya penasaran ya kenapa semua mobilnya terlihat baru. Ternyata Carro memang tidak main-main dalam memilih mobil. Setiap mobil Carro Certified dilengkapi dengan berbagai jaminan seperti:

  1. Lolos 160 titik inspeksi. Mobil yang dibeli oleh Carro akan dicek sebanyak 160 titik sebelum dijual lagi.
  2. Garansi uang kembali dalam waktu 5 hari. Jika kamu membeli mobil di Carro, terus kurang suka dan ingin mengembalikannya, itu bisa. Asalkan kendaraan belum dimodifikasi dan jarak tempuh tidak boleh melebihi 300KM dari sejak serah terima.
  3. Garansi 12 bulan bila ada kendala pada mesin dan transmisi. Dengan syarat suku cadang kendaraan tidak boleh diganti atau dimodifikasi oleh pihak ketiga
  4. Tidak ada modifikasi jarak tempuh.
  5. Selalu dicek bebas banjir, kecelakan, dan kebakaran. Jadi kamu tidak perlu khawatir, semua mobil di Carro layak jual.

Nah untuk kamu yang lagi cari mobil, buruan kunjungi carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru!

Kalau kamu mau jual mobil, di Carro Indonesia juga bisa kok. Cara jual mobil di Carro cukup dengan 3 langkah simpel. Isi formulir di website, booking inspeksi gratis, dan dapatkan pembayaran secara instan. Kunjungi carro.id untuk jual mobilmu sekarang!

Menganalisa Personal Melalui Tulisan Tangan di BloggerHangout Graphology

Kamu pernah mendengar tentang Graphology? Salah satu metode ilmu pengetahuan tentang memahami kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Metode ini digunakan sejak zaman Cina Kuno, Yunani, Romawai sampai Kaisar Nero menggunakannya untuk menentukan siapa yang dipercaya.

Melalui tulisan tangan kita bisa mengetahui karakter dan kepribadian, serta kelemahan dan kekuatan kita. Graphology juga bisa membantu memilih jurusan kuliah lho, sangat cocok untuk kamu yang mau lanjut kuliah tapi masih nggak tahu minatnya ke bidang apa.

Beruntungnya di BloggerDay 2024 hadir juga Ibu Diana Aletheia, seorang grafolog.
Ibu Diana menjelaskan bahwa tulisan tangan, bahkan tanda tangan bisa digunakan untuk menganalisa kondisi seseorang. Bisa kelihatan tuh misalnya kita sedang marah, sedih, kesal, dll.

Di sesi ini juga ada beberapa bloger yang beruntung tulisan tangannya dibacakan. Memang sebelumnya panitia sudah menginformasikan kepada peserta BloggerDay 2024 untuk membuat tulisan tangan di kertas HVS, dan dikumpulkan ketika registrasi. Sayangnya saya belum beruntung.

Jangan Jadi Blogger Sekadarnya, Terus Bertumbuh Tingkatkan Kualitas Diri Gali Potensi Diri

Saya mau cerita sedikit, jadi dulu saya tuh hanya suka menulis di buku terus pas punya blog pindah ke blog. Namun saya tak pernah benar-benar belajar tentang blog, hanya menulis sesuai apa yang saya inginkan. Sampai suatu hari saya gabung ke komunitas blogger, dan tercerahkan. Bahwa menulis bukan hanya menulis, tapi banyak yang harus dipelajari, begitu juga dengan blog.

Perlahan saya belajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD), belajar menambahkan informasi-informasi penting pada tulisan-tulisan saya yang sebelumnya kebanyakan curhat. Terus saya juga belajar menambahkan gambar yang bagus dan tidak buram, belajar SEO, serta belajar yang lain-lainnya.

Setelah gabung satu komunitas, saya juga mencoba gabung di beberapa Komunitas Blogger Indonesia lainnya, termasuk Bloggercrony Community. Di setiap komunitas pasti ada saja pengalaman teman-teman serta ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan, dan membuat saya makin tersadar jika saya nggak boleh menjadi blogger sekadarnya saja. Harus terus bertumbuh, gali potensi diri, dan tingkatkan kualitas diri dengan terus belajar.

Yuk semangat bertumbuh dan gali potensi diri, dan jangan mau hanya menjadi blogger sekadarnya saja.

BloggerDay 2024, Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengalaman 4
Terima kasih Bloggercrony untuk keseruan BloggerDay 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *