Fakta Harga Oli Motor di Planet Ban
RANDOM

Fakta Harga Oli Motor di Planet Ban

Posted on

“Teh pinjem dulu uang buat nambahin servis motor, nanti habis gajian diganti”
“Butuh berapa?”
“Pinjem sejuta ajalah, yang diservis banyak. Harus ganti oli juga”
“Emang berapa harga oli motor?”
“Nggak terlalu mahal itu mah, tapi yang lainnya lumayan”

Saya memang tak pernah paham tentang motor, karena nggak bisa mengendarainya. Lain cerita dengan keponakan saya yang ke mana-mana selalu membawa motor sendiri. Sayangnya dia kurang merawatnya, tahunya hanya pakai saja. Tidak pernah rutin diservis, alhasil ketika rusak baru deh ketahuan banyak bagian yang harus diganti. Termasuk oli motor yang kotor dan hampir kering.

Jadi teringat beberapa komentar di sosial media yang mengatakan kalau perempuan menggunakan motor hanya tahu pakai saja, tapi tidak pernah mengecek kondisi kendaraannya. Benarkah begitu? Bagaimana tanggapan perempuan-perempuan tangguh yang mempunyai motor?

Bahayanya Motor yang Jarang Diservis

Dari kasus keponakan saya itu, jadi bisa disimpulkan bahwa penting sekali untuk mengecek kondisi motor secara berkala. Jadi ketika ada kerusakan tidak terjadi sekaligus dan menguras isi dompet begitu dalam. Selain itu, motor yang jarang diservis juga bisa berakibat fatal seperti:

1. Performa motor menurun dan banyak kendala saat dikendarai

Motor yang jarang diservis dapat mengakibatkan penumpukan timbal pada ruang pembakaran injeksi atau karburator. Penumpukan tersebut bisa menyebabkan saluran bensin tersumbat sehingga akselerasi motor berkurang. Hal tersebut terjadi karena kurangnya perawatan terhadap mesin motor.

2. Tenaga Motor Berkurang

Mengganti oli motor adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk melindungi dinding blok dari gesekan piston. Namun jika oli lama tidak diganti secara berlaka, maka dapat menyebabkan pergerakan piston atau seher melambat. Akibatnya tenaga motor berkurang.

Saat oli motor lama tidak diganti, oli akan menjadi lebih kental dari biasanya. Hal inilah yang menyebabkan seher bekerja lebih berat. Saat bekerja lebih berat, maka dapat menimbulkan luka dan baret pada dinding blok. Akibatnya dapat menyebabkan masuknya kotoran dari filter udara, sehingga pembuangan gas menjadi hitam atau keruh. Lebih fatal lagi jika olinya sampai kering, bisa menyebabkan kerusakan pada mesin motor.

3. Bisa Membahayakan Diri

Motor yang tidak diservis secara berkala juga bisa membahayakan diri kamu lho. Karena kamu tidak mengetahui keadaan motor yang digunakan secara menyeluruh. Jadi tidak ada jaminan motor tersebut aman digunakan untuk beraktifitas harian atau tidak. Bisa saja dari luar terlihat baik-baik saja, tapi ternyata sebaliknya dan membahayakan saat digunakan. Jangan sampai hal seperti ini terjadi ya.

Ternyata Oli Motor Banyak Macamnya

Karena kasus keponakan saya itu, saya jadi penasaran dan banyak bertanya dengan teman-teman di kantor. Kemudian saya jadi tahu kalau ternyata servis dan ganti oli itu tidak bisa sembarangan, termasuk memilih bengkel. Biasanya teman-teman saya sudah memiliki bengkel langganannya sendiri, dan untuk oli setiap motor ada ketentuannya sendiri harus menggunakan oli apa.

Antara motor matic, motor bebek, dan motor sport ternyata menggunakan jenis oli yang berbeda. Tipe oli juga ternyata ada beberapa seperti oli ester, sintetis, semi sintetis, dan oli mineral. Untuk pemilihan jenis oli juga tergantung kekentalan dan CC motor yang digunakan.

Dalam memilih oli motor, disarankan memilih oli yang bisa menambah performa dan mampu melindungi mesin dari gesekan kasar saat mesin bekerja. Oli yang bisa memberikan itu adalah oli dengan kandungan ester, salah satunya adalah Oli X-TEN yang mampu membersihkan kerak mesin seiring penggunaan, serta dapat menjaga suhu mesin tetap stabil selama perjalanan.

Pilih Bengkel yang Berkualitas dan Terpercaya

Selain pemilihan oli, bagi pengendara motor melakukan servis juga tidak bisa di sembarang tempat. Harus di bengkel berkualitas dan terpercaya. Tujuannya untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan agar tetap optimal dan tahan lama.

Namun, sayangnya tidak semua bengkel memberikan pelayanan memuaskan, bahkan ada yang suka melakukan praktik-praktik merugikan seperti penipuan harga suku cadang atau pelayanan yang kurang memadai. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar saat mencari bengkel. Harus dipastikan bengkel tersebut dapat diandalkan dan berkualitas.

Kalau teman-teman saya sih merekomendasikan Planet Ban. Toko ritel modern yang mengkhususkan diri menyediakan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor. Dengan fokus utama pada penyediaan ban motor berkualitas dan tahan lama, serta menawarkan layanan unggulan seperti servis motor, ganti oli dan suku cadang otomotif.

Setiap produk di Planet Ban mulai dari ban, oli, spare part dan produk servis telah melalui research dan development yang mendalam. Bukan hanya memastikan lolos hasil uji manufacturing test, tapi juga memastikan bahwa produk yang dihadirkan lolos hasil uji field test.

Di Planet Ban tersedia pilihan ban eksklusif, oli unggulan, dan spare part premium. Nah, Oli Motor X-TEN juga eksklusif hadir di Planet Ban. Dengan harga oli motor mulai dari Rp. 19.000 kamu sudah bisa menggunakan oli dengan daya tahan dua kali lipat dibandingkan oli lainnya.

Formula canggih oli X-TEN juga membantu mengurangi friksi di mesin kendaraan, sehingga mampu membuat mesin lebih awet, performa lebih maksimal, tarikan lebih enteng dan hemat bahan bakar. Oh ya, oli X-TEN juga tersedia untuk berbagai jenis sepeda motor ya. Jadi motor matic, bebek, dan sport bisa pakai juga.

Keunggulan lain dari Planet Ban adalah mekaniknya yang profesional dan layanan terbaiknya yang memberikan pengalaman pemasangan gratis untuk produk yang dibeli dan dipasang di toko. Mereka juga menyediakan pelayanan gratis isi nitrogen, pengecekan sepeda motor, dan konsultasi kondisi sepeda motor dengan mekanik berpengalaman.

Yuk Rawat Motormu

Selain melakukan servis motor untuk meremajakan kinerja mesin, kamu juga bisa merawat motormu dengan rutin membersihkannya dari debu dan kotoran berat yang menempel, apalagi saat musim hujan. Karena kotoran yang menempel di beberapa bagian motor juga bisa membuat tidak nyaman digunakan.

Yuk biasakan rutin servis motor, dan pastikan kamu memilih bengkel yang tepat seperti Planet Ban yang memberikan 100% produk asli dengan gratis pemasangan serta gratis cek motor kamu. Planet Ban juga tersebar di seluruh Indonesia, jadi mudah ditemukan.

Sumber:

  • https://planetban.com/blog/penting-bahaya-motor-yang-jarang-diservis

28 thoughts on “Fakta Harga Oli Motor di Planet Ban

  1. Tsalits Fz

    30 Maret 2024 at 1:56 PM

    Semoga bisa rutin servis motor deh, biar ga mogok2. Soalnya aku paling males. Hihihiii… Thanks kak infonya.

    1. Arinta Setia Sari

      31 Maret 2024 at 5:44 PM

      Planet Ban memiliki pelayanan yang profesional dan terpercaya dengan harga terjangkau

  2. Sugianto

    1 April 2024 at 1:19 PM

    Memilih oli ga boleh sembarangan, harus sesuai dengan spesifikasi motor yang dimiliki. Lebih baik memang di tempat seperti Planet Ban dan bengkel resmi lainnya, karen abis akonsultasi oli yang tepat dan harganya jelas

    1. Rahman Kamal

      7 April 2024 at 9:11 AM

      Mengontrol kondisi oli motor memang salah satu hal penting dal perawatan kendaraan. Dan tentu, soal oli pilihannya pasti Planet Ban, dong 🥰

  3. Iim Rohimah

    3 April 2024 at 6:08 AM

    Oli motor ini penting bgt buat diperhatikan kualitasnya. Apalagi menyangkut kendaraan yang sehari-hari kita pakai. Pokoknya kalau mau ganti oli ya di Planet Ban paling recomended.

  4. Deni Saputra

    3 April 2024 at 9:24 AM

    Duh, beneran nih, harga oli motor bisa beda di setiap tempat. Makanya penting banget cek dulu sebelum beli. Jangan sampai kena tipu.

  5. Pur

    4 April 2024 at 6:18 AM

    Saya juga nggak bisa naik motor mbak, meski pernah kerja di bengkel motor. Jualan oli dan jasa ganti oli cukup menguntungkan. Selain dapat duit dari laba dan biaya ganti oli, biasanya oli bekas ditampung dan ada yang datang buat beli. Saat oli bekas laku saya dan pegawai lainn seneng, dapat tambahan uang jajan.

  6. Putu Felisia

    4 April 2024 at 9:55 AM

    Balik lagi tiap orang beda prinsip. Motor di rumah ngikut papa yang mager banget nyervis. Setiap mau ganti oli mesti bertengkar sama mama.

  7. Amir

    4 April 2024 at 1:41 PM

    Aku selalu rutin rawat motor. Ganti oli 3 bulan sekali, cek rantai, kekencangannya, oli rantai, service dll biar nyaman dipakai.

    Btw aku dpt motor bekas punyanya bu guru, masih mulus banget dan itu idaman banyak orang.

    1. ARIEF RIYANTO

      5 April 2024 at 5:02 PM

      Memang benar, untuk perawatan motor ga bisa sembarangan untuk menjaga masa pakai kendaraan. Bengkel yang terpercaya menjadi syarat wajib. Planet Ban menjadi salah satunya karena memiliki pelayanan yang profesional dan terpercaya dengan harga terjangkau

  8. Dian

    4 April 2024 at 5:19 PM

    Merawat motor secara rutin itu penting ya
    Agar performa motor tetap terjaga
    Salah satu caranya adalah dengan mengganti oli motor secara rutin

  9. Fandhy Achmad Romadhon

    5 April 2024 at 2:40 AM

    Setuju, setuju banget soal motor kudu rutin ganti oli mesin. Pernah dulu sekali kelupaan ga ganti oli, oli sampai kering, eh gancet dong itu mesinnya, kudu dibongkar. Pas dibawa ke bengkel resmi malah jadi servis besar, dibongkar total seluruhnya. Alhasil jadi bayar lebih mahal.

  10. Henny

    5 April 2024 at 6:21 AM

    Hahaha….mungkin kaum hawa kurang mendapat pemahaman aja tentang manfaat rutin servis kendaraan. Padahal rutin servis bukan hanya buat kenyamanan kendaraan tapi juga meningkatkan harga jual kembalinya.

  11. Eri Udiyawati

    5 April 2024 at 7:44 AM

    Service ruti sepeda motor ini dibutuhkan banget. Jangan sampai kita hanya makai motor tanpa menyervicenya. Saya pernah lho, lupa gak service motor, sekalinya service dan ganti oli, olinya udah kering 🤣🤣🤣

    Ganti oli di Planet Ban itu murah meriah, banyak pilihannya. Teknisinya juga udah mahir.

  12. Ria Stefania

    5 April 2024 at 8:39 AM

    Sebenarnya perawatan motor bisa dilakukan rutin jika kita merencanakan budgetnya tiap bulan. Jangan lupa, motor dan kendaraan pribadi merupakan teman perjalanan yang selalu memperlancar segala urusan dan membantu kita mencari nafkah.

  13. Ririn Wandes

    5 April 2024 at 8:45 AM

    Setuju sih bahwa motor memang harus rutin dirawat secara berkala, servis yang tepat akan membuat usia motor lebih bertahan lama. Terkadang mau lupa ganti oli sih padahal sudah ada jadwalnya deh.

  14. Ririn

    5 April 2024 at 11:34 AM

    Planet ban ini memudahkan banget buat perempuan yang baru belajar ngurus motor

  15. Habibah Auni

    5 April 2024 at 1:27 PM

    Belum punya motor. Tapi artikel ini sangat bermanfaat untuk saya di masa depan nanti. Terima kasih banyak kak!

  16. iputpj

    5 April 2024 at 2:34 PM

    Aku tiap pakai motor aku servis general aja dan ga terlalu paham oli motor ternyata mahal ya , tapi tetep harus cari tau yang kualitasnya bagus demi keselamatan berkendara.terimakasih informasinya

  17. Sarieffe

    5 April 2024 at 2:55 PM

    Untunglah aku rutin servis dan ganti oli motor. Pengen tukar tambah motor lagi nih setelah nanti kuservis.

  18. Yanti

    5 April 2024 at 4:26 PM

    Motor kalau emang mau awet harus dirawat dengan baik ganti olinya teratur trus bengkelnya juga terpercayaa jadi mesin motor kita terasa baru terus

  19. Firmansyah

    5 April 2024 at 5:05 PM

    Perihal ganti oli memang sering banget dilupakan oleh sebagian pengguna motor, khususnya pengguna motor perempuan. Hahaha. Itu fakta sih ya. Tapi mestinya gak perlu ribet, tinggal bawa aja ke Planet Ban. Beres deh! 😀

  20. Eka Fitriani larasati

    5 April 2024 at 7:19 PM

    servis motor malah juga ya kalo sampai sejuta mah ka, hihihi. setahu saya ganti oli sih paling 50ribuan, dengan service 200ribuan lah. tapi kalo nyampe sejuta biasanya ada cek cek yang lain, ganti aki, ban atau sparepart yang lain. ganti oli di planet ban aja, saya juga disana, terjangkau dan hasilnya oke

  21. Fenni

    5 April 2024 at 8:19 PM

    Nah pas nih momennya mau lebaran kan biasanya mudik atau silaturahmi ke rumah saudara ya, sebisa mungkin di servis dulu biar nyaman dalam perjalanan ya

  22. Happy Hawra

    5 April 2024 at 8:55 PM

    aku juga langganan ganti oli dan servis di Planet Ban. pelayanannya emang enak dan harga ganti olinya menurut aku lebih murah dibandingkan di tempat lain yang pernah aku datengin. bisa isi nitrogen gratis juga hehe

  23. Pipiy ZL

    5 April 2024 at 9:14 PM

    Wah, pas banget nih. Ada planet ban di dekat rumah, jadi gampang kalau perlu oli

  24. lendyagassi

    7 April 2024 at 2:09 PM

    Iyaa.. aku dulu pernah salah pakai oli motor dan efeknya gak enak banget tarikan si motor teh..
    Trus dikasih nasehat sama masku untuk inget-inget kekentalan oli motor yang dibutuhkan sekian sekian yang cocok sama motor yang aku gunakan.

    Andaikan aku uda kenal bengkel Planet Ban dari dulu yaa..
    Pasti terhindar dari kesalahan penggunaan oli seperti pengalaman di atas.

  25. ainun

    12 April 2024 at 12:03 AM

    aku pernah mengalami oli motor sampe abis, karena aku termasuk kurang merhatiin kondisi motor yang aku pake
    padahal kalau mau servis motor tinggal berangkat aja ke bengkel, tapi sering menunda
    soal busi motor juga sering aku sepelekan, tapi kalau udah kebangetan banget nggak pernah servis, mau ga mau aku kudu ke tempat servisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *