scaling gigi di klinik gigi damessa
HEALTH

Pentingnya Scaling Gigi Secara Berkala, Yuk Jangan Abai Lagi

Posted on

Selesai lebaran langsung kepikiran pingin scaling gigi deh. Rasanya terakhir scaling satu tahun lalu, padahal baiknya enam bulan sekali. Kadang rasa malas ke dokter gigi inilah yang sering menghambat.

Saya jadi ingat saat dulu, saat dokter gigi terasa menakutkan. Bahkan dulu saya tak pernah scaling sama sekali, sampai suatu hari merasa tidak nyaman dengan kondisi gigi. Banyak karang gigi yang mulai menghitam dan sangat terlihat jelas. Muncul rasa minder ketika tertawa ataupun harus terlihat gigi.

Akhirnya memberanikan diri ke dokter gigi untung scaling. Sebelumnya, saya mencari-cari klinik mana yang dekat dan apakah ada promo scaling gigi di tempat tersebut, sampai akhirnya menemukan satu klinik dekat kantor. Saya pun menghubungi klinik tersebut dan melakukan reservasi.

Setelah melakukan scaling gigi untuk pertama kalinya, jadi tahu beberapa permasalahan gigi yang harus diobati. Ada bercak kuning pada gigi karena suka minum kopi atau teh, harus dibersihkan menggunakan cairan khusus pada saat scaling. Untuk cairannya harus bayar lagi, terus ada beberapa gigi berlubang yang perlu ditambal.

Pentingnya Scaling Gigi

Untuk yang belum tahu, scaling gigi adalah perawatan untuk membersihkan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi, sehingga gigi menjadi bersih. Walaupun setiap hari rutin menyikat gigi 2 kali sehari, tetap akan ada karang gigi. Hal itu terjadi karena tumpukan plak yang menempel pada permukaan gigi.

Jika dibiarkan, karang gigi akan membuat tampilan gigi tampak kusam dan berwarna kecokelatan. Karang gigi yang mengeras biasanya sulit untuk dibersihkan, jadi perlu melakukan pembersihan karang gigi dengan scaling.

Dokter juga menjelaskan periksa dan scaling gigi secara rutin itu perlu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat Scaling Gigi Secara Rutin

Selain membersihkan karang gigi agar mulut jadi fresh dan bersih, scaling gigi secara rutin merupakan tindakan preventif untuk beberapa kasus seperti:

1. Mencegah Pendarahan Ketika Menyikat Gigi

Dulu saya kira pendarahan ketika menyikat gigi itu wajar karena terjadi gesekan, tapi ternyata saya salah. Pendarah juga bisa terjadi karena karang gigi yang menumpuk. Oleh sebab itu pentingnya scaling secara rutin untuk mencegah pendarahan ketika menyikat gigi.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Jika kamu bermasalah dengan bau mulut, coba diingat-ingat lagi kapan terakhir kali scaling gigi. Karena karang gigi yang menumpuk dapat menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut.

3. Mencegah Penyakit Gusi dan Kerusakan Gigi, Serta Kesehatan Lainnya

Karang gigi yang terlalu lama menempel dan mengeras pada permukaan gigi tidak bisa dianggap sepele, karena bisa menyebabkan radang gusi. Jika tidak ditangani segera, bisa semakin parah dan merusak gigi serta jaringannya. Bukan hanya berdampak pada gusi dan gigi saja. Karang gigi yang menumpuk juga bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya seperti penyakit diabetes, jantung, dll.

Jangan Tunggu Gigimu Sakit, Ayo Scaling Sekarang

Dokter yang periksa gigi saya cerita, kalau kebanyakan yang ke dokter gigi tuh setelah merasa giginya sakit. Padahal dengan rajin periksa gigi, menjadi salah satu cara pencegahan agar gigi tidak sakit.

Mungkin untuk kamu yang belum pernah scaling akan merasa takut, tapi tenang saja tidak semenyeramkan itu kok. Memang ada sensasi ngilu dan sedikit sakit, bahkan bisa saja sampai mengeluarkan darah, tapi semuanya masih dalam batas normal. Saya sendiri malah sangat menikmati saat proses scaling.

Oh ya, dalam memilih tempat scaling kamu tidak boleh asal. Kamu harus tahu apakah kliniknya sudah terpercaya, terus apakah dokter giginya sudah berpengalaman, dll. Untuk kamu yang tinggal di daerah Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang Selatan, saya sih merekomendasikan Klinik Gigi Damessa.

Klinik Gigi Damessa sudah terpercaya selama 15 tahun, yang awalnya Damessa Dental Cibubur saja. Sekarang sudah memiliki 13 cabang di Jabodetabek.

Memiliki dokter-dokter gigi umum dan spesialis alumni dari universitas negeri terbaik di Indonesia, serta memiliki pengalaman yang baik di bidangnya menjadi nilai tambah untuk Klinik Gigi Damessa.

Proses scaling di Klinik Gigi Damessa juga menggunakan scaler dari Switzerland (EMS) sehingga proses scaling lebih cepat, lebih nyaman, dan lebih painless. Jadi sekarang tak perlu takut scaling gigi lagi ya, karena segitu pentingnya lho untuk kesehatan gigi dan mulut.

Selain ketakutan dengan rasa sakit, banyak juga yang takut ke dokter gigi karena takut mahal. Ada yang sering merasa begitu? saya juga awalnya mengira begitu kok, dan memang ke dokter gigi harus menyiapkan uang lebih, karena biayanya akan berbeda-beda tergantung kondisi gigi masing-masing.

Untuk mensiasatinya, kamu harus pintar-pintar mencari promo di klinik tersebut. Kamu bisa mencari tahu promo-promo di sosial media ataupun website kliniknya. Nih contohnya Klinik Gigi Damessa lagi ada promo scaling, dari harga normal Rp. 550.000 menjadi Rp. 198.000 saja. Kamu juga bisa konsultasi lebih dahulu melalui whats app.

Jangan abaikan gigimu, yuk scaling sekarang dan manfaatkan promonya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *