EVENT

Berbagi Nasi Bersama Junalicious Jakarta

Hari ini, saya bersama komunitas Junalicious Jakarta membuat acara Charity. Charity ini kami beri tema “Bakti Sosial dan Berbagi Kasih, Ulang Tahun Ke-2 Fans Fage Juna Rorimpandey (J-Rex)”.
Charity yang berlangsung pada hari minggu ini diadakan oleh Junalicious dari lima kota berbeda yang dilakukan secara bersamaan. Kota yang ikut berpartisipasi adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Semarang.
Junalicious Jakarta melakukan charity dengan berbagi nasi di sekitar jalanan Jakarta Timur. Sebenarnya ini bukan charity pertama yang diadakan oleh komunitas Junalicious. Namun, ini adalah charity pertama saya bergabung dengan mereka *senangnya bisa berbagi dengan sesama 🙂
junalicious
Slogan Charity Junalicious (sumber gambar: FP Juna Rorimpandey)

Apa itu Junalicious?

Mungkin banyak yang belum tahu tentang Junalicious. Junalicious adalah komunitas yang menggemari Chef Juna Rorimpandey. Kami semua tersihir oleh kharisma dan kegalakannya Chef Juna ketika menjadi Chef Master Juri di Master Chef Indonesia.

Sejak ada acara itu, saya mulai menyukai Chef Juna dan penasaran mencari komunitasnya di facebook. Sampai akhirnya saya menemukan satu fans page yang kebetulan real dikelola langsung oleh Chef Juna. Terjerumuslah saya di fans page itu.

Awal mula bergabung di fans page, tujuan saya hanya ingin tahu informasti terkini tentang Chef Juna saja. Namun, semakin lama bergabung dan kenal dekat dengan beberapa orang akhirnya membuat saya betah dengan komunitas ini.

Di fans page ini bukan hanya seru membahas tentang Chef Juna saja, tapi kita semua bisa membahas segala macam. Bercerita, curhat, galau bersama ataupun menanyakan tentang tugas sekolah.

Semakin lama bergabung, saya merasa nyaman dengan mereka padahal belum pernah bertemu secara langsung. Senangnya mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah di Indonesia, walaupun belum sempat untuk bertatap muka.

Baca juga : Yayasan Lara Adam Mulia, Wujud Cinta Pak Tatang Pada Anak SLB ABCD

Rencana Charity

Dua tahun kemudian, Junalicious membuat rencana untuk membuat charity. Charity ini bertujuan untuk merayakan Fans page yang sudah berumur dua tahun. Untuk itu kami ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Atas dasar itu, tercetuslah ide charity dari salah satu Junalicious dengan tema berbagi nasi.

Semua Junalicious dari berbagai kota melakukan persiapan dari dua bulan sebelumnya. Mencari dana, menyusun konsep dan menyiapkan keperluan lainnya.

Banyak sekali cobaan ketika kami mempersiapkan charity ini. Dari malas mencari dana, nggak pernah ngumpul untuk rapat, dan lain-lain. Padahal semua persiapan harus dibahas tapi untuk bertemu saja sulit.

Pada saat minggu-minggu terakhir dana mulai terkumpul, kita juga sudah bisa mengatur waktu untuk bertemu untuk membicarakan persiapan charity ini.

Minggu, 09 Juni 2013

Pagi hari saya dan Junalicious yang lain sudah siap-siap menuju lokasi titik kumpul yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kami menyewa angkot untuk berkeliling membagikan nasi ke orang-orang di sepanjang jalan Jakarta Timur. Awalnya sempat cemas juga karena takut diserbu warga sekitar.

Kecemasan kita ternyata memang terjadi, ketika kita membagikan nasi ke anak-anak sekitar perkampungan. Tiba-tiba saja banyak warga yang ikut berkerumun, karena takut masa akan semakin banyak akhirnya kita melanjutkan berbagi nasi di tempat lain.

Kita membagikan nasi ke anak-anak jalanan, tukang sapu jalanan, pengengkut sampah dan beberapa orang yang sedang berjualan di jalan.

Mereka ini sangat luar biasa, tidak terbayang Jakarta akan seperti apa tanpa mereka. Mungkin Jakarta akan kotor dan banyak sampah yang berserakan di jalan.

Untuk itu kita harus menghargai mereka, karena secara tidak langsung mereka itu berjasa untuk Jakarta dan kita semua yang tinggal di Jakarta. Jadi intinya sih hargai tenaga mereka dimulai dari diri sendiri, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Berbagi nasi bersama junalicious - Diantin.com
Bapak-bapak yang sedang membersihkan jalanan Jakarta

Senangnya acara charity kita bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Semua ini berkat doa semua, terutama berkat kerjasama semua Junalicious yang rela meluangkan waktu dan tenaganya.

Kita juga mengucapkan banyak terima kasih untuk semua donatur yang sudah bersedia menyisihkan sebagian rejekinya, tanpa mereka acara charity ini tidak akan berjalan dengan baik.

junalicious jakarta - diantin.com
Junalicious Jakarta

Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung acara charity ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar, semoga next time kita bisa melakukannya lagi 🙂

Untuk yang penasaran dengan acara charity yang diadakan 4 kota lainnya, kalian bisa intip di sini

2 thoughts on “Berbagi Nasi Bersama Junalicious Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *