tips memilih hunian nyaman
TIPS & TRICK

5 Tips Memilih Hunian Nyaman untuk Kaum Milenial

Posted on

Banyak kanal berita yang bilang kalau kaum milenial akan kesulitan membeli hunian karena cenderung boros, sedangkan harga hunian semakin lama semakin mahal.

Saya setuju, harga hunian saat ini saja sudah mahal-malah, apalagi jika dibandingkan dengan penghasilan UMR (Upah Minimum Regional) kaum milenial. Rasanya sulit untuk memperoleh hunian yang diinginkan secara cepat.

Sulit tapi bukan berarti nggak bisa ya, saya yakin banyak juga milenial yang mampu membeli hunian impiannya. Untuk kamu kaum milenial yang sedang mencari hunian dan bingung memulai dari mana, saya berikan beberapa tipsnya.

Tips Sebelum Membeli Hunian

Sebelum membeli hunian yang diidamkan, sebaiknya kamu memperhatikan tips memilih hunian berikut ini:

1. Pilih Lokasi dan Akses yang Baik

Tips pertama memilih hunian yang nyaman adalah memperhatikan lokasinya. Yap, sebelum memilih hunian sebaiknya kamu memperhatikan lokasinya. Karena memiliki hunian yang strategis akan memudahkan kamu. Namun mencari hunian dengan lokasi strategis seperti di pusat kota saat ini cukup sulit, jika ada pun harganya sangat mahal.

Kaum milenial seperti saya akan mencari hunian di pinggiran kota dengan harga yang lebih terjangkau. Hal tersebut tak masalah, asalkan aksesnya mudah. Dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum.

Jadi sebelum membeli hunian, pastikan lokasi dan aksesnya mudah ya.

2. Perhatikan dan Cari Tahu Lingkungannya

Memilih lingkungan yang baik ketika akan membeli hunian memang sangat penting, karena kamu akan tinggal di lingkungan tersebut untuk waktu yang lama. Kebayang dong kalau kamu tinggal di lingkungan yang toxic, bukannya nyaman yang ada malah nggak betah di rumah.

Jadi penting sekali untuk kamu yang akan membeli hunian mencari tahu kondisi sekitar, terutama keamanannya. Kamu bisa mencari tahu dengan mengobrol dengan beberapa tetangga atau penjaga keamanan di sekitar hunian.

3. Pilih Developer yang Terpercaya

Beberapa waktu lalu saya membaca unggahan salah satu teman di sosial medianya. Dia sedang membangun rumah dan sebentar lagi akan jadi, tapi dia bercerita jika sebelumnya dia pernah tertipu developer.

Membeli hunian memang rentan, ada risiko tertipu dan uang kita dibawa kabur. Oleh karena itu, ketika akan membeli hunian wajib hukumnya kamu memilih developer yang terpercaya dan mencari tahu tentang developer tersebut.

Jika sudah mencari tahu dan yakin dengan developer tersebut, baru deh kamu bisa melanjutkannya.

4. Tentukan Jenis Hunian

Menentukan jenis hunian tentu saja akan berpengaruh dengan harga, jadi sebelum membeli hunian sebaiknya kamu menentukan jenis hunian yang tepat dan sesuai budget kamu. Jangan sampai kamu membeli hunian yang tidak sesuai dan over budget ya.

5. Perhatikan Sistem Pembayarannya

Saat ini membeli rumah bisa dengan 2 cara, tunai atau kredit dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Nah sebelum membeli hunian pastikan kamu tahu akan mengambil sistem yang mana, tentunya menyesuaikan dengan budget yang dipunya ya.

Karena harga hunian semakin lama semakin mahal, tidak ada salahnya jika kamu mengambil hunian dengan sistem KPR. Jangan menunggu uangmu terkumpul, yang ada harga hunian yang kamu inginkan semakin melambung tinggi.

Rekomendasi Hunian untuk Kaum Milenial

Fortunia Residences hunian yang nyaman

Untuk kamu kaum milenial yang sedang mencari hunian, saya ada rekomendasi nih. Fortunia Residences yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang bisa kamu lirik lho.

Fortunia Residences merupakan satu-satunya perumahan yang ada di dalam superblock SouthCity Pondok Cabe. Hunian yang ditawarkan berupa rumah nyaman yang dikelilingi lingkungan indah, taman asri dan taman bermain anak. Cocok sekali untuk kaum milenial yang suka suasana asri, serta cocok juga untuk kamu yang baru berumah tangga.

Setiap unit di Fortunia Residences dirancang menjadi hunian yang private dan dibangun menggunakan material terbaik. Lingkungannya pun aman dengan sistem keamanan terkini dan penjaga terlatih, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dengan keamanan lingkungannya.

Masalah aksesnya kamu juga tak perlu khawatir, karena Fortunia Residences memiliki akses yang mudah ke mana-mana. Hanya berjarak 10 menit ke Mall Cinere dan Bellevue Mall, 20 menit ke Pondok Indah Mall, 10 menit ke RS Siloam, 5 menit ke BPK Penabur dan 20 menit ke Universitas Indonesia.

Pilihan moda transportasi publiknya juga masih dalam jangkauan. Hanya selangkah ke Halte TransJakarta SouthCity, 15 menit dari Terminal Lebak Bulus, 15 menit dari Stasiun MRT Lebak Bulus, dan 20 menit dari Stasiun KRL Jurangmangu.

Lalu bagaimana untuk harganya? Harganya kisaran Rp 1,4 miliar-Rp 2,6 miliar. Wow lumayan ya? Tentu saja dengan fasilitas dan akses yang didapat rasanya sebanding ya, apalagi pembayarannya bisa menggunakan sistem KPR.

Itulah 5 tips memilih hunian nyaman untuk kaum milenial, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari hunian impiannya ya.

Selamat mencari hunian impian kamu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!