tips agar lebih produktif
TIPS & TRICK

5 Tips Agar Lebih Produktif dan Disiplin

Posted on

Belakangan ini saya merasa kurang produktif. Banyak rencana-rencana yang dibuat awal tahun akhirnya menguap begitu saja. Padahal, saat awal tahun salah satu resolusi saya di tahun 2024 adalah lebih produktif.

Namun nyatanya rasa malas ini menjadi pemenangnya. Selama lima bulan ini semuanya terasa melambat, banyak hal yang harusnya dikerjakan menjadi tertunda. Tentu saja ini tidak baik, harus segera mencari solusi agar lebih produktif dan disiplin kembali.

Lalu saya mencoba beberapa tips agar lebih produktif di bawah ini untuk mendisiplikan diri dan terhindar dari rasa malas.

1. Membuat Daftar Tugas

Dalam satu hari pasti banyak hal yang akan dikerjakan, ntah itu urusan pekerjaan atau urusan pribadi. Untuk memudahkannya harus membuat daftar tugas. Misalnya ketika malam hari, catat apa saja yang harus dikerjakan besok hari.

Dengan membuat daftar tugas akan memudahkan untuk mengingat apa saja yang harus dikerjakan. Kemudian buat skala prioritas, pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Jika sudah dikerjakan bisa coret pekerjaan tersebut, dan melanjutkan pekerjaan yang lainnya.

Membuat daftar tugas setiap hari menjadi salah satu tips agar lebih produktif yang rutin saya lakukan, dan benar-benar membantu. Saya jadi tahu mana pekerjaan yang mendesak, dan mana saja pekerjaan yang sudah dikerjakan.

2. Sempatkan Olahraga dan Tidur Cukup

Tips agar lebih produktif lainnya adalah memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Dengan begitu bisa konsentrasi saat melakukan semua pekerjaan. Hal itu bisa didapatkan jika tidur cukup dan melakukan olahraga.

Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, bisa berjalan sekitar rumah ataupun mengikuti gerakan di Youtube. Tak perlu lama-lama, yang penting konsisten setiap hari dan rasakan perbedaannya setelah melakukannya beberapa waktu.

Selain itu, tidur yang cukup juga sangat penting. Jika kurang tidur, maka besoknya akan mengantuk dan berakhir dengan tidak produktif. Semua daftar tugas yang sudah dibuat malamnya akan sia-sia, jika seharian mengantuk dan tidak konsentrasi. Jadi, usahakan tidur cukup ya.

3. Membiasakan Membaca Setiap Hari

Membaca bukan hanya menambah wawasan saja, tapi banyak manfaat lainnya. Dengan membaca kita bisa belajar banyak hal seperti menganalisis masalah, menambah kosakata baru, memahami banyak hal, dll.

Coba deh biasakan membaca setiap akan tidur, minimal 10 menit saja. Bebas membaca apa saja, bisa novel, koran, buku-buku pengetahuan, ataupun jenis buku lainnya. Terus tulis poin-poin penting dari buku yang dibaca.

Selain menambah pengetahuan, dengan membaca buku bisa belajar konsentrasi dengan memahami isi buku yang sedang dibaca. Jika dilakukan secara konsisten, kebiasaan ini menjadi salah satu tips agar lebih produktif di malam hari. Alih-alih scroll sosial media, membaca buku akan membantu menjadi lebih produktif.

4. Jauhi Gadget

Godaan terberat ketika ingin produktif adalah gadget. Pekerjaan menjadi tertunda karena sedikit-sedikit ambil smartphone untuk cek notifikasi, dan berujung scroll sosial media. Awalnya hanya akan sebentar saja, tapi tanpa sadar keasikan dan lupa waktu. Alhasil pekerjaan yang seharusnya diselesaikan malah dilupakan.

Oleh sebab itu, ketika akan melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan dengan gadget, sebaiknya jauhi dulu. Namun, jika pekerjaan tersebut berhubungan dengan gadget, bisa coba logout sosial media lebih dahulu, jadi tidak akan terganggu dengan notifikasi.

Jauhi gadget adalah salah satu tips agar lebih produktif dari saya pribadi. Hal ini juga yang menjadi penyebab saya sering menunda-nunda pekerjaan, karena sering tergoda untuk scrolling sosial media ataupun sekadar membalas chat pribadi.

5. Bermain Games untuk Hiburan

Menjadi produktif setiap hari tentu saja akan jenuh dan melelahkan. Sesekali juga butuh hiburan dan bersantai seperti menikmati alam, berkumpul bersama keluarga dan teman, menonton film atau series, bisa juga bermain games.

Saya sendiri sering melakukannya. Namun belakangan ini saya lebih senang bermain games, biasanya saya akan mencoba beberapa games berbeda agar tidak bosan. Bermain games bukan hanya hiburan semata, bisa juga digunakan untuk mengasah ketelitian dan konsentrasi. Contohnya beberapa games yang saya mainkan di Money Games Mortgage Calculator, beberapa permainnya dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang baik.

Jika kamu ingin bersantai sambil melatih ketelian dan konsentrasi, kamu bisa mencoba beberapa Money Games Mortgage Calculator ini:

  • Hazardville
5 Tips Agar Lebih Produktif dan Disiplin 1

Permainan instruksional pendidikan yang mengeksplorasi bencana alam. Pada permainan ini kamu akan belajar tentang navigasi bencana alam seperti badai petir, angin puting beliung, banjir, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Untuk setiap bencana alam, permainan ini menjelaskan apa jenis bencananya, akar penyebab bencana tersebut, dan menawarkan solusi. Pemain kemudian melakukan mitigasi dampak dari setiap jenis bencana dengan meningkatkan infrastruktur kota, tim tanggap darurat cepat, dan pembangunan tempat tinggal.

Permainan ini kemudian mengedepankan keselamatan dan membantu siswa memahami bagaimana mempersiapkan diri menghadapi berbagai jenis bencana alam. Selain bermain, bisa sambil belajar tentang navigasi bencana alam.

  • LEGO City Adventures Build and Protect
5 Tips Agar Lebih Produktif dan Disiplin 2

Dalam permainan ini pemain membantu walikota Solomon Fleck membangun kota LEGO. Kemudian mengumpulkan pajak dari setiap bangunan tersebut untuk mendanai pembangunan seluruh kota.

Pemain harus membangun gedung-gedung yang diperlukan untuk menciptakan kota metropolitan yang berkembang. Gali minipiece tersembunyi yang dapat digunakan untuk membangun tipe bangunan unik yang tersedia di setiap zona.

Setiap bangunan harus memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama dengan minipiece yang dibutuhkan. Pemain juga harus pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga dapat melindungi warga.

Dengan permainan ini bisa melatih kita untuk mengatur sebuah pekerjaan, dengan cara mengatur bangunan yang diinginkan agar kota bisa berkembang menjadi bagus.

  • City Builder
5 Tips Agar Lebih Produktif dan Disiplin 3

Permainan susun balok-balok sampai tinggi dan menjadi menara sederhana. Pada permainan ini kamu harus konsentarsi dan teliti, agar balok yang dijatuhkan tepat pada titik bangunan, sampai terbentuk menara. Jika balok terjatuh makan permainan selesai, dan harus mengulang kembali dari awal.

Jujur permainan ini sangat sulit, dibutuhkan konsentrasi tinggi dan ketelitian saat menjatuhkan balok agar tepat pada titiknya. Saya sudah mencoba beberapa kali tapi tetap saja tidak bisa selesai sempurna. Menurut saya ini permainan yang menarik sekaligus bisa menjadi sarana belajar konsentrasi dan ketelitian.

Kesimpulan

Tidak semua orang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Faktor utamanya adalah rasa malas yang tidak bisa dilawan. Bukan begitu?

Sebenarnya rasa malas bisa dilawan, hanya saja butuh waktu dan kedisiplinan. Oleh sebab itu, agar waktumu tidak terbuang percuma, kamu bisa mencoba 5 tips agar lebih produktif dan disiplin di atas untuk memulainya.

Selamat mencoba dan semangat produktif 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *