film-indonesia-tentang-persahabatan
FILM

5 Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Bikin Iri

Posted on

Di antara banyaknya film Indonesia yang bagus, yang menarik untuk saya adalah film Indonesia tentang persahabatan.

Setiap menonton tema persahabatan selalu berucap enak ya memiliki sahabat seperti mereka, sudah berpuluh-puluh tahun kenal masih kompak dll. Padahal saya pun mempunyai sahabat yang sudah kenal lama, tapi tetap saja selalu merasa iri.

Dari banyaknya film Indonesia tentang persahabatan, 5 film ini yang sukses membuat saya iri.

1. Catatan Akhir Sekolah

catatan-akhir-sekolah-film-indonesia-tentang-persahabatan

Catatan Akhir Sekolah adalah film Indonesia tentang persahabatan yang tayang tahun 2005. Saya menonton film ketika sudah tayang di televisi, lupa tepatnya tahun berapa tapi film ini lumayan berkesan.

Persahabatan 3A yakni Agni, Alde, dan Arian yang membuat film dokumenter tentang kehidupan sekolah. Mereka meliput kejadian sehari-hari di sekolah, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masa-masa SMA.

Rencananya film dokumenter tersebut akan ditayangkan pada pentas seni di acara ulang tahun sekolahnya. Namun bukan hal mudah dalam membuat film dokumenter ini, banyak rintangannya yang mereka hadapai.

Kisah cinta, persahabatan, dan problematika lainnya menguji persahabatan mereka.

2. Ada Apa Dengan Cinta

aadc-film-indonesia-tentang-persahabatan

Sebenarnya film ini termasuk genre romantis, tapi buat saya Ada Apa Dengan Cinta salah satu film Indonesia tentang persahabatan.

Persahabatan Cinta, Alya, Carmen, Maura, dan Milly sukses membuat saya iri. Bagaimana mereka saling membantu satu sama lain dan sangat kompak.

Jadi selain baper dengan kisah romansa Rangga dan Cinta, persahabatan Cinta dan keempat temannya juga bikin baper.

3. 5 CM

5cm-film-indonesia-tentang-persahabatan

5 CM film yang berkisah tentang lima orang sahabat yang melakukan pendakian gunung. Film yang tayang di tahun 2012 ini menjadi pemacu banyaknya anak muda yang jadi tertarik mendaki gunung.

Persahabatan Zafran (Herjunot Ali), Arial (Demi Sumargo), Riani (Raline Shah), Genta (Fedi Nuril), Ian (Saykoji) sudah terjalin selama 10 tahun. Hampir semua momen mereka lakukan bersama. Kemudian tercetus ide untuk menyelesaikan kesibukan masing-masing dan tidak berkomunikasi selama tiga bulan.

Setelah itu mereka akan bertemu kembali. Untuk merayakan pertemuan mereka Genta mengajak ke Mahameru. Sebuah perjalanan penuh tantangan untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak Mahameru tepat tanggal 17 Agustus.

Selama pendakian persahabatan mereka diuji tentang kerja sama, saling membantu, dan pengorbanan. Banyak sekali pesan yang disampaikan dalam film ini, tentang persahabatan, mimpi, dan sebuah proses. Film ini juga membuat kita lebih mencintai Indonesia, karena selama film penonton disuguhkan pemandangan indah Mahameru.

Jujur nonton film ini tuh bikin pingin naik gunung dan iri melihat persahabatan mereka.

4. Laskar Pelangi

laskar-pelangi-film-indonesia-tentang-persahabatan

Laskar Pelangi merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata. Film ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang mengeyam pendidikan di sebuah sekolah Muhammadiyah, dan menyebut diri mereka Laskar Pelangi.

Menonton film ini membuat saya malu sekaligus semangat. Bagaimana tidak, dengan keterbatasan sarana mereka tetap semangat meraih cita-cita. Perjalanan panjang untuk pergi ke sekolah tak menyurutkan semangat mereka.

Film garapan Riri Riza ini mengangkat tentang persahabatan Ikal, Lintang, dan kawan-kawan lainnya untuk meraih cita-cita di tengan keterbatasan.

Selama nonton film ini mata kita akan dimanjakan dengan keindahan alam Belitung. Selain bikin semangat, di beberapa bagian film ini juga bikin sedih.

5. Bebas

film-indonesia-tentang-persahabatan

Riri Riza memang tak pernah mengecewakan, film garapannya selalu luar biasa. Film ini merupakan film adaptasi dari film korea yang berjudul Sunny.

Bebas merupakan salah satu film terbaik yang saya tonton di 2019. Berkisah tentang enam orang sahabat yang tergabung dalam sebuah kelompok yang bernama geng Bebas.

Setelah berpisah 23 tahun karena suatu permasalahan, geng Bebas akhirnya berkeinginan untuk berkumpul kembali. Hal tersebut karena salah satu di mereka terserang penyakit mematikan.

Alur dalam film ini maju mundur, menceritakan dua waktu yang berbeda. Saat geng Bebas masih sekolah dan saat mereka sudah dewasa. Selain menghibur dan sangat seru, film ini juga membuat haru. Banyak bagian-bagian yang membuat sedih.

Itulah 5 film Indonesia tentang persahabatan yang berkesan untuk saya. Kalau untuk kalian film tentang persahabatan apa yang berkesan? dan dari lima film tersebut mana yang pernah kalian tonton?

2 thoughts on “5 Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Bikin Iri

  1. Deny Oey

    Oktober 5, 2020 at 12:53 AM

    Bebas underrated banget 😅😅
    Semoga Miles Films bikin film2 lain lg yg berkualitas..

  2. Putri Reno

    Oktober 5, 2020 at 1:35 AM

    Dari film di atas yang aku tau cuma 3: AADC, laskar pelangi dan 5CM.

    Tapi AADC tuh emang wow banget di jamannya. Karena habis nonton film itu. Di jajan sekolah terbentuklah 2 Geng THBPS (Tim HeBoh Pasukan Stress) cewe dan IJOLUMUT cowo, kalo itu tau lah kepanjangannya apa.

    Entah setan apa yang merasuki kami. Heheh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!