pantai utama raya situbondo
TRAVEL

Pantai Utama Raya, Pantai Tersembunyi di Rest Area Situbondo

Posted on

Pada tulisan kali ini dan mungkin beberapa tulisan mendatang saya ingin bercerita tentang perjalanan saya ke Banyuwangi dua tahun silam. Iya saya tahu ini cerita sudah terlalu lama, tapi rasanya sayang jika tidak diabadikan dalam tulisan.

Untuk cerita pertama saya ingin bercerita tentang Pantai Utama Raya yang berlokasi di Situbondo. Apa sih istimewanya tempat ini? yuk baca ceritanya sampai selesai ya.

Awal Perjalanan Penuh Drama

Menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Surabaya cukup melelahkan, apalagi masih harus melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi. Untung saja perjalanan kali ini saya tidak sendiri, tetapi bersama teman-teman Backpacker Jakarta. Perjalanan jadi terasa menyenangkan.

Kami tiba di Stasiun Pasar Turi sekitar pukul empat pagi. Sambil menunggu elf yang menjemput, sebagian dari kami salat subuh terlebih dahulu. Selesai salat subuh ternyata elft yang datang baru dua, katanya satu elfnya mengalami kerusakan dan diganti dengan elf baru, jadi masih harus menunggu.

Setelah berdiskusi akhirnya diputuskan sebagian peserta jalan terlebih dahulu naik dua elf yang sudah datang, dan sisanya menunggu elf terakhir sambil sarapan di sekitar stasiun.

Perjalanan kali ini diawali dengan drama elf rusak, semoga dengan adanya kejadian ini bukan pertanda buruk ya dan semoga semua tempat wisata yang akan dikunjungi bisa sesuai dengan yang direncanakan.

Tempat Istirahat Terbaik di Situbondo

Saya termasuk peserta yang berada di dua elf tersebut. Sekitar pukul enam pagi kami sudah berangkat dari Stasiun Pasar Turi, kemudian sekitar pukul tujuh mampir ke salah satu tempat makan untuk sarapan.

Saya lupa nama tempat makannya, yang pasti pagi itu saya tidak menikmati sarapannya. Niatnya ingin menghangatkan badan dengan memesan soto ayam, eh ternyata rasa sotonya terlalu manis untuk lidah saya.

Selesai sarapan kami melanjutkan perjalanan dan beristirahat kembali di SPBU Utama Raya Situbondo. Kami beristirahat di sini cukup lama karena menunggu elf yang terakhir.

Rest area Utama Raya ini ternyata sangat lengkap. Selain ada SPBU, toiletnya banyak dan bersih, ada mushola, kafe, mini market, dan tempat oleh-olehnya juga. Yang bikin takjub ternyata ada penginapan dan pantainya juga lho, benar-benar tempat istirahat terbaik ini sih.

Pantai Tersembunyi di Rest Area

Awalnya saya tidak tahu jika di sini terdapat pantai, kirain hanya rest area biasa saja. Kemudian saya diberi tahu jika tidak jauh dari SPBU terdapat Pantai Utama Raya, okelah sambil menunggu elf terakhir datang kami pun mampir ke pantainya.

Niatnya kami mau berjalan kaki tapi baru setengah jalan datang teman-teman lain yang naik mobil terbuka, saya dan beberapa teman lainnya akhirnya ikut naik juga.

kendaraan untuk ke pantai
Kendaraan menuju Pantai Utama Raya

Ternyata untuk sampai ke pantai selain berjalan kaki, bisa juga ditempuh dengan naik mobil terbuka dengan membayar Rp. 3.000. Saya kira mobil tersebut untuk tamu penginapan saja, ternyata bisa untuk umum juga.

Baru sebentar naik mobil terbuka ternyata sudah sampai di pantainya, memang tidak terlalu jauh lokasinya.

Pantai Utama Raya Situbondo

pantai tersembunyi di situbondo
Pemandangan Pantai Utama Raya

Kami sampai di Pantai Utama Raya sekitar pukul sembilan pagi. Cuaca pagi itu sangat panas, untuk berfoto-foto saja rasanya malas saking panasnya. Saya hanya mengambil beberapa foto kemudian bersantai di kafenya.

Oh ya, Pantai Utama Raya Situbondo ini berlokasi di Jl. Raya Banyuglugur KM2, Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Tepatnya terletak di dalam kawasan Pom Bensin Utama Raya.

Untuk menikmati pemandangan di pantai ini kamu tidak perlu bayar. Cukup parkir motor atau mobil saja sudah menikmati pemandangan pantai.

Di sini juga terdapat kafe yang menjual aneka makanan dan minuman, jadi kamu bisa menikmati pemandangan pantai sambil bersantai atau menikmati makanan dan minuman.

Selain ada kafe, di sini juga terdapat mushola dan toilet yang bersih, serta beach mart yang menyediakan aneka camilan dan lain-lainnya. Kalau kamu kehabisan uang tunai, tak perlu risau karena di sini terdapat mesin ATM juga.

Sebenarnya Pantai Utama Raya adalah pemandangan yang terlihat dari penginapan, hanya saja sekarang dijadikan tempat wisata juga. Jadi di sini juga terdapat beberapa cottage dengan beberapa tipe yang berbeda.

Kalau kamu suka water sport dan memiliki waktu beristirahat yang cukup lama, di sini juga terdapat beberapa permainan seperti Banana Boat, Donat Boat, Band Wagon, Kano, Snorkling, Jet Ski, Speed Boat, dan Speed Mancing.

wahana di pantai utama raya situbondo

Sayangnya saat itu saya tak memiliki waktu yang lama, hanya beristirahat sejenak saja. Jadi hanya bisa menikmati pemandangan pantai di tengah teriknya sinar matahari pagi, sambil menikmati camilan. Kemudian kembali melanjutkan perjalanan.

Menurut saya, Utama Raya ini merupakan salah satu rest area terbaik yang pernah saya kunjungi. Selain fasilitasnya yang lengkap, pemandangan pantainya juga menjadi daya tarik tersendiri.

pinggir pantai utama raya
Di pinggir pantai banyak kursi untuk bersantai | pic by @venessastories

Rasanya akan asik jika menikmati pemandangan di Pantai Utama Raya dikala sunrise atau sunset, sambil membaca buku atau menikmati secangkir teh. Duuuhhh jadi pengen ke sana lagi kan.

Nah untuk kamu yang melakukan perjalanan darat dan melewati Situbondo, kamu bisa beristirahat sejenak di Rest Area Utama Raya sambil menikmati pemandangan pantainya.

51 thoughts on “Pantai Utama Raya, Pantai Tersembunyi di Rest Area Situbondo

  1. Rivai Hidayat

    7 Juni 2021 at 9:14 AM

    Istirahat di rest area bonus pemandangan pantai 😀
    Aku belum pernah dapat rest area dengan pemandangan pantai seperti ini. Biasanya pemandangan pegunungan.

    Kalau tiba di sore hore, pasti menyenangkan bisa menikmati suasana dan angin pantai. 😀

    1. Antin Aprianti

      7 Juni 2021 at 10:49 AM

      Aku pun baru pertama kali. Iya kalau pagi banget atau sore pasti asik banget itu

  2. Febi

    7 Juni 2021 at 3:50 PM

    Gw ngebayangin jadi tempat yg recommend buat hunting foto 🙂

    Nice post!

    1. Antin Aprianti

      9 Juni 2021 at 2:25 PM

      Bagus feb, ada tamannya juga. Sayang nggak sempat kefoto, padahal rapih dan asri banget

  3. RULY

    8 Juni 2021 at 2:27 PM

    Pengalaman yang sangat menarik Mba Antin, View nya juga sangat bagus, entah mengapa memang mobil yang tiba tiba rusak selalu memiliki kesan tersendiri dalam sebuah perjalanan Panjang

    1. Antin Aprianti

      9 Juni 2021 at 2:24 PM

      Bener banget kak, aku pernah juga beberapa kali di perjalanan yang lain mobilnya ada kendala dan yes perjalanan itu jadi memiliki cerita yang berkesan dengan semua dramanya 😀

    2. Sri Raditiningsih

      13 Juni 2021 at 4:02 AM

      Ini sih kaya jackpot gak sih kak jatohnya? Pemandangannya jg bagus buat poto2. Betewe apa cuma perasaanku aja tulisan kak antin kali ini cukup singkat, kok tau-tau udah selesai aja bacanya.

  4. Iqbal

    9 Juni 2021 at 7:22 PM

    Saya langsung dong mau bintangin di google maps, eh ternyata sudah, dan bahkan sudah pernah mampir 3 tahun lalu. Malah sempat review di gmaps:

    “Top banget ini spbu. Toilet ada 80. Bersih. Mushola bersih. Ada toilet vip dgn shampo sabun dan air hangat dgn tarif 7.000”

    Ditambah info akses ke pantai dekat, wah makin keren nih… Mudah2an lain kali bisa mampir ke pantainya.

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 2:42 PM

      Salah satu rest area yang mantap ya mas, harus sih kalau lewat Situbondo mampir ke sini

      1. Clara Kinasih

        12 Juni 2021 at 10:03 PM

        Bukan menurut Antin ajah kok, kalau Utara Raya itu rest area terbaik. Dari ulasan Antin, Clara juga setuju. Bahkan pake banget. Dari foto” Antin, tempatnya cukup bersih dan rapih. Apalagi pemandangannya. Seru bgt itu duduk-duduk di kursi dipinggir pantai apalagi sambil minum es. Wuiiiii

  5. Mrs.kingdom17

    9 Juni 2021 at 8:31 PM

    Sebagai orang yang sering naik bis…aku paling seneng kalau berhenti di rest area yang bersih dan serba lengkap apalagi kalau viewnya indah. Pernah waktu perjalanan ke Yogya berhenti di rest area yang viewnya sawah lagi hijau hijaunya. Perasaan langsung adem dan segar kembali, itu baru lihat sawah aku udah seseneng itu apakabar kalau rest area view laut…wahh moga someday bisa liat dan rasain langsung…pasti seru banget! Padahal aku kemarin dari Banyuwangi loh tapi gak berhenti di rest area..huhuhu

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 2:43 PM

      Pemandangan sawah memang bikin adem ya kak, apalagi kalau pas lagi hijau-hijaunya. Duh jadi kangen lihat sawah aku tuh

  6. Merry olivia

    10 Juni 2021 at 12:14 PM

    Eh iya loh bener ini sih rest area terbaik ya. Beruntung banget bisa nemuin tempat kaya gini. Duh jadi pengen ke sana. Ahhh aku kangen pantai.

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 3:21 PM

      Begitulah enaknya pergi trip sama BPJ kak, kadang suka dapet destinasi tak terduga

      1. Lalaysf

        11 Juni 2021 at 10:03 PM

        Asli gue penasaran jadinya hahaha. Selama ini kan kalo rest area paling gitu aja. Gue jadi kepikiran mau menciptakan sesuatu hal seperti ini di rest area. Untuk jadi daya tarik masyarakat.

        1. Antin Aprianti

          12 Juni 2021 at 11:16 AM

          Mampir Kak kalau pas Dinas ke daerah sana, biar tahu terus menciptakan rest area yang seciamik itu juga

  7. Tuty Prihartiny

    10 Juni 2021 at 12:23 PM

    Yaa… sayang sekali kak antin hanya sebentar menikmati keindahan pantai utama raya situbondo. Walaupun begitu kesannya tidak terlupakan ya kak. Hem, saya bahkan sama sekali tidak mampir hanya melihat dari kejauhan, karena ngejar waktu ke lokasi lain. Satu saat, saya ingin banget ke banyuwangi lagi dan mampir ke sana. Setidaknya terimakasih untuk tulisan kakak yang lumayan mengobati penasaran saya. Ada hal yang menarik lain lagikah di perjalanan? Ditunggu kak, tulisan selanjutnya….

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 3:23 PM

      Selalu ada cerita di setiap perjalanan teh, tunggu di tulisan berikutnya ya 🙂 #semoganggakmaleslanjutin hehe

      1. Tuty Prihartiny

        12 Juni 2021 at 9:08 PM

        Apapun yang kak Antin tulis, sangat menarik untuk dibaca… Jadi, tunggu banget tulisan perjalanan berikutnya

  8. Pingkan Mayesty Yudita

    10 Juni 2021 at 12:49 PM

    Wahhhh… seru banget Mba Antin, sayang waktu ke Banyuwangi ga lewatin rest area ini. Padahal keren yah. Apalagi sekarang pas lagi kangen-kangennya sama pantai. hihihihi

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 3:20 PM

      Berarti harus ke Banyuwangi lagi kak, dan mampir ke Pantai Utama Raya 😀

  9. Firdaus Soeroto

    10 Juni 2021 at 2:34 PM

    Pantainya sih menurutku gak begitu wow ya, Ntin? Tapi jujur, pengen banget bisa ke Banyuwangi huhu

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 2:38 PM

      Iya pantainya mah biasa aja, cuma untuk ukuran rest area dengan pemandangan dan fasilitas seperti itu menurut aku sih wow us. Apalagi ada tamannya yang asri, sayang nggak ada fotonya

  10. hallowulandari

    10 Juni 2021 at 3:05 PM

    wahhh, ini lumayan banget ya tin, rest area nya di deket pantai, bisa sekalian penyegaran mata dan menghirup hawa-hawa lauuutt :))

    1. Antin Aprianti

      10 Juni 2021 at 3:20 PM

      Betul kak, apalagi kalau ke sininya pas sore pasti asik banget

  11. Dian Restu Agustina

    11 Juni 2021 at 7:03 AM

    wah, lumayan banget ini, bisa makan, isi bensin plus ke pantai rehat sejenak, atau kalau masih jauh perjalanan bisa nginep dulu lanjut esok hari.
    Aku cuma singgah makan aja pas di jalan raya utama Situbondo ini, bukan di sini tapi sekitarnya ada rest area juga. waktu roadtrip Jakarta – Bali. Noted lain kali mampir, sering lewat situ, pas mudik aku sering ngantar ortu dari Kediri ke adiknya di Lumajang

    1. Antin Aprianti

      12 Juni 2021 at 11:17 AM

      Lain kali harus mampir ke sini Mbak, enak deh. Lumayan jadi penghilang lelah

  12. Ning!

    11 Juni 2021 at 4:13 PM

    Wah kalau ini beneran rest area terbaikkkk ya, tin. Fasilitasnya lengkap, bersih, dan ada pantainya pula! Istirahat jadi makin syahdu nih, penat pasti juga berkurang banyak lihat pemandangan indah pantai. Duh, jadi pengen ke pantai. Udah lama banget nggak dapet vitamin sea nih, huhu

    1. Antin Aprianti

      12 Juni 2021 at 11:18 AM

      Sama Kak Ning, aku pun sudah lama nggak ke Pantai. Kangen banget sama Pantai ya, duh

      1. Rara

        12 Juni 2021 at 10:13 PM

        Bagus banget bisa dapat rest area begitu ih. Itu jadinya rest area gratis pantai apa pantai gratis rest area kak haha

  13. Nia Devy

    11 Juni 2021 at 6:35 PM

    I need vitamin sea” dalam hati aku pas liat foto-fotonya Pantai Utama Raya Situdondo.
    Jarang-jarang deket rest area ada pantai, yang mabuk perjalanan bisa singgah dulu kesini.

    1. Antin Aprianti

      12 Juni 2021 at 11:19 AM

      Bener, kalau lelah mampir ke rest area kaya gini kan auto seger lagi ya dev

  14. Mariaa

    11 Juni 2021 at 8:49 PM

    Kok kece sih SPBU-nya punya pantai gini? Kereeen! Ini sih nyaman banget buat istirahat berlama-lama. Biasanya ke SPBU paling cuma singgah sebentar. Lumayan juga buat melepas penat di tengah perjalanan ya.

    1. Antin Aprianti

      12 Juni 2021 at 11:24 AM

      Iyes kece Kak, lumayan banget buat penghilang lelah. Lihat Pantai bentar jadi seger lagi

  15. Talif

    12 Juni 2021 at 5:47 AM

    Saya pun kalau tidak baca tulisan ini bakal tidak menyangka kalau ada pantai dekat dengan rest area. Selama ini kan pahamnya, rest area cuma numpang toilet, beli cemilan dan isi bensin.

    1. Antin Aprianti

      12 Juni 2021 at 11:25 AM

      Sama mas, tahunya rest area kan gitu² aja ya

  16. Felly

    12 Juni 2021 at 10:59 AM

    Waaaa pantaaiiii 😍

    Buatku yang takut laut, diem di pinggir pantai duduk di pasir pantai dan foto2 aja udah seneng 😂

    Smbil nikmatin kelapa muda enak ini mahhh uwuwuwuw
    Vitamin seaaaa

  17. Deny Oey

    12 Juni 2021 at 11:47 AM

    Eeeddaaannnn..!!!
    Waktu ke banyuwangi dan ngelewatin Situbondo juga terpukau sama pantai2 cantiknya. Pasirnya putih, air lautnya putih, ombaknya jg tenang. Bener2 hidden gems..

  18. Mamak Rempong

    12 Juni 2021 at 12:15 PM

    Yaaahh abis tulisannya hahhahaha kirain mau ceritain trip banyuwangi….mau cari spoiler, ada rencana pengen ikutan trip bpj yang ke banyuwangi

    Dari potonya emang keliatan terik banget yak, gue juga kalo dateng di waktu begitu bakalan milih duduk di cafe sambil nyeruput es kopi susu hahhaahaha

  19. Dayu Anggoro

    12 Juni 2021 at 1:24 PM

    Lah ya enak yah, Rest Area ada pantainya. Biasanya mampir Rest Area selain tempat makan yang diliat pasti mobil2 kenceng lewat.

  20. Clara Kinasih

    12 Juni 2021 at 10:06 PM

    Bener-bener rapih dan pemandangannya bagus.
    Seru banget duduk-duduk di kursi di pinggir pantai, apalagi sambil minum es. Syegerr

  21. Rara

    12 Juni 2021 at 10:14 PM

    Ini bagus banget rest areanya. Aku baru pertama kali tau ada rest area yang punya pantai hehe

  22. Retno Nur Fitri

    12 Juni 2021 at 11:11 PM

    Sayangnya hanya sekedar singgah sesaat ya kak, semoga lain waktu bisa mampir lagi kak biar bisa nikmatin beberapa permainan di pantainya dan juga tempat penginapannya

  23. EkaRahmawatizone

    13 Juni 2021 at 1:04 AM

    Rencana ke Banyuwangi dari dulu sampe sekarang belum kesampaian. Huhu. Btw hebat lho kak perjalanan dua tahun lalu tapi masih ingat betul sama detail2 yg terjadi. Walopun ada yg lupa nama tempat. Tp tetap bisa nikmatin tulisan kak Antin. Hehe.

  24. Lenifey

    13 Juni 2021 at 7:08 AM

    Foto yang ada kursi2nya itu kayaknya nyaman gitu ya. Sambil baca buku sambil minum es jeruk. Duh jadi kangen liburan

  25. Cha

    13 Juni 2021 at 9:07 AM

    Belum pernah ke banyuwangi, hiks, tapi biasaya rest area cuma ada toilet dan resto resto, ni ada pantainya bisa2 lupa balik ke bus ni sih hahhaja

  26. inez

    13 Juni 2021 at 12:01 PM

    wah lucu jg ya. di rest area ada pantainya, biasanya cuma resto2 aja

  27. Oktanti Hapsari

    13 Juni 2021 at 12:05 PM

    Kok seru sih rest area ada pantainya gitu haha, apalagi ada kursi kursi di pinggir pantai, berasa di jimbaran wkwk

  28. Anni

    13 Juni 2021 at 4:23 PM

    Wah rasanya seperti mendapat kejutan alias surprise di Rest Area ya..menyenangkan sekali…seperti membuka hadiah…
    Setelah terus dibaca perjalanan Antin menuju dan di Pantai Utama Raya, kedengarannya memang benar-benar seru dan mengasyikkan, selain begitu jauh juga panas.
    Dan lalu, woilaaa..ada Water Sport yang cukup lengkap pula disana, hadeuhhh ini sih rasanya aku mulai keracunan nih sprtnya hehe..jadi kebelet mau kesana juga untuk mencoba Water Sportnya haha..😂🤣🤣

  29. Beni

    13 Juni 2021 at 6:05 PM

    Kayal hidden gem nih.Pantainya keren. Bagus buat nongki2 malem hari.

  30. Elsalova

    13 Juni 2021 at 7:36 PM

    Kalau udah disini jadi lupa ke destinasi selanjut nya ga dek?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!