pemicu asam lambung naik
HEALTH

5 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik, Yuk Hindari!

Posted on

Sebagai pekerja yang dari pagi sampai sore berada di depan layar monitor, sering kali membuat saya dan teman-teman merasa perlu asupan lebih agar tetap waras. Ntah itu camilan atau minuman manis sebagai penyegar di tengah ruwetnya pekerjaan.

Namun dalam memilih camilan kami tidak bisa sembarangan, karena ada salah satu teman yang memiliki penyakit asam lambung. Oleh sebab itu, kami menghindari makanan yang dapat memicu asam lambungnya naik.

5 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik

Berikut ini 5 makanan pemicu asam lambung naik yang kami hindari.

1. Makanan Pedas

Sudah menjadi rahasia umum, jika makanan pedas merupakan salah satu pemicu asam lambung naik. Jadi sebisa mungkin kami menghindari membeli makanan yang terlalu pedas.

Di dalam cabai terdapat zat capsaicin (ekstrak alkaloid) yang memberikan rasa pedas. Nah, zat tersebut bisa memperlambat kerja sistem pencernaan sehingga memberikan reaksi kurang menguntungkan bagi penderita asam lambung. Semakin lama makanan pedas bertahan di dalam perut, maka semakin meningkat pula risiko asam lambung naik.

2. Makanan Tinggi Lemak

Siapa sih yang tidak suka gorengan. Salah satu camilan yang digemari Masyarakat Indonesia. Bahkan tak jarang gorengan juga dimakan bersama nasi hangat.

Namun, untuk penderita asam lambung jangan terlalu banyak makan gorengan ya. Karena, gorengan merupakan makanan tinggi lemak yang jadi pemicu asam lambung naik.

Makanan tinggi lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Hal ini yang menyebabkan pengosongan organ lambung berjalan lebih lambat dan memicu produksi asam lambung berlebih.

Selain itu, makanan yang diolah dengan cara digoreng dan mengandung lemak yang tinggi bisa menyebabkan sfingter esofagus melemah. Hal ini rentan membuat asam lambung naik kembali dari perut ke kerongkongan. Oleh sebab itu penderita asam lambung sering sendawa ketika asam lambungnya naik.

Selain gorengan, jeroan daging, makanan bersantan, dan produk susu berlemak pun bisa memicu asam lambung naik. Jadi jangan mengonsumsi berlebihan ya.

3. Makanan Mengandung Ragi

Pernah suatu ketika kami jajan pizza berukuran satu meter, terus teman saya yang penderita asam lambung memakan beberapa potong. Tidak lama dari itu, dia mual-mual.

Ternyata makanan yang mengandung ragi menjadi pemicu asam lambung naik. Hal tersebut terjadi karena penambahan ragi pada adonan menyebabkan terjadinya fermentasi. Gula dan karbohidrat pada adonan kemudian diubah oleh mikroorganisme pada ragi menjadi senyawa karbon dan alkohol yang sifatnya asam.

Alhasil penderita asam lambung akan merasakan kembung, begah, dan mual ketika usai memakan makanan yang mengandung ragi.

Selain pizza, ragi dalam roti juga dapat mengakibatkan adanya produksi gas berlebih dalam lambung yang menyebabkan reaksi refluks asam.

4. Makanan Asam

Saya kira buah-buahan itu baik untuk kesehatan, tapi ternyata itu tidak berlaku untuk semua orang. Seperti penderita asam lambung yang tidak boleh banyak mengonsumsi buah-buahan yang rasanya sangat asam seperti jeruk, lemon, stoberi, atau makanan yang mengandung cuka.

Hal itu karena kandungan asam pada makanan tersebut dapat memicu nyeri ulu hati yang terasa perih seperti terbakar, apalagi jika makanan tersebut dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong.

5. Kafein

Selain makanan, minuman seperti teh dan kopi juga dapat memicu asam lambung naik. Hal tersebut terjadi karena kafein yang terdapat pada kopi dan teh dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara kerongkongan dan perut, sehingga asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan.

Jadi teringat para lelaki di kantor, yang setiap pagi wajib minum kopi. Padahal mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong bisa menjadi pemicu asam lambung naik. Namun, jika sudah terbiasa mau bagaimana lagi ya.

Sebenarnya boleh saja jika penderita asam lambung meminum kopi atau teh, tapi harus yang rendah kafein. Misalnya teh herbal atau teh buah, dan kopi rendah kafein. Terus jangan menimumnya saat perut kosong karena akan menyebabkan perut mulas.

Selain menjadi pemicu asam lambung naik, kafein juga dapat menyebabkan sering kencing lho. Karena kopi dapat memicu sinyal tubuh untuk buang air kecil tepat setelah kopi masuk ke dalam kandung kemih.

Kafein juga diketahui memiliki sifat diuretik yang berarti ginjal akan membutuhkan lebih banyak cairan lagi. Saat telah mencapai konsumsi 400 miligram kafein, keseimbangan alami cairan dalam tubuh akan mulai terpengaruhi. Jumlah 400 miligram ini setara dengan empat cangkir kopi.

Rekomendasi Sereal yang Aman untuk Asam Lambung

Penderita asam lambung dianjurkan untuk sarapan dan tidak boleh membiarkan perutnya kosong. Namun pada kenyataannya rutinitas pagi hari yang riweh sering kali membuat lupa sarapan. Niatnya mau sarapan di kantor tapi kerjaan sudah menunggu, dan malas ribet lagi. Akhirnya tertunda sampai makan siang deh.

Hayo siapa yang sering begitu?

Nah, untuk kamu yang malas sarapan ribet tapi wajib sarapan agar asam lambung aman, sini-sini saya kasih tahu rahasianya.

Sekarang tuh ada sereal yang diformulasikan dengan herbal alami yang aman dan nyaman untuk penderita asam lambung lho. Sereal ini cocok untuk sarapan atau pengganjal di kala lapar.

Sereal ini juga mempunyai cita rasa yang enak jadi dapat dikonsumsi segala usia. Ini penting sih, karena biasanya sereal tuh kurang enak kan makanya malas makannya. Selain itu, serial ini juga bisa untuk terapi kesembuhan penyakit lambung secara permanen.

Penasaran nggak apa serealnya?

Jadi, serealnya itu Nutriflakes Sereal Asam Lambung. Solusi pengganti makanan sehari-hari, yang tidak hanya memberikan rasa kenyang yang aman, sehat dan nyaman, tapi juga mencukupi nutrisi untuk tubuh.

Saripati Umbi Garut yang terkandung dalam Nutriflakes dapat membantu menetralkan pH lambung dan meringankan gejala nyeri lambung, Psylium Husk yang efektif meredakan nyeri lambung yang menyiksa, serta kandungan gula aren yang efektif memperbaiki sistem pencernaan, menstabilkan kadar gula darah dan aman untuk penderita diabetes.

manfaat nutriflakes untuk asam lambung

Nutriflakes ini selain banyak manfaatnya, efektif juga dalam menurunkan limbah asam yang menumpuk di lambung sehingga sistem pencernaan terpelihara, dan 2x lebih efektif menyembuhkan peradangan dan iritasi serta mengatasi masalah maag dan asam lambung.

Lengkap sekali ya. Nah buat kamu yang memiliki asam lambung maupun kamu yang baik-baik saja bisa nih coba sereal Nutriflakes untuk sarapan ataupun pengganjal saat lapar. Yuk buruan beli Nutriflakes di Shopee dan rasakan manfaatnya.

Itulah 5 makanan pemicu asam lambung naik yang perlu kamu hindari, serta rekomendasi sereal yang bisa kamu coba. Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta berolahraga.

Salam sehat selalu 🙂

 

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/kenali-makanan-penyebab-asam-lambung-naik
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/penderita-asam-lambung-sebaiknya-hindari-6-makanan-ini
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201130105608-255-576046/7-makanan-yang-menyebabkan-asam-lambung-naik.
  • https://www.halodoc.com/artikel/alasan-kafein-sebaiknya-dihindari-pengidap-asam-lambung
  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-5566556/sering-buang-air-kecil-setelah-minum-kopi-ternyata-ini-alasannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!