RANDOM

HRM, Departemen Penting Pada Suatu Perusahaan

hrm
Sumber gambar: slideshare.net

Kalian pernah mendengar tentang divisi HRM di sebuah perusahaan? Saya sendiri baru mendengar tentang divisi HRM baru-baru ini, kemudian penasaran dan mencari tahu di internet. Mohon maklum ya, saya bekerja di perusahaan kecil jadi tidak ada divisi HRM di kantor saya.

Nama HRM mungkin masih terdengar cukup asing bagi sebagian orang, contohnya seperti saya ini. Namun untuk orang-orang yang bekerja di perusahaan besar seharusnya sudah familiar dengan istilah tersebut. Lalu apa sih sebenarnya arti dari HRM? HRM merupakan singkatan dari Human Resource Management.

Pengertian dari Human Resources Management itu sendiri adalah suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya (tenaga kerja) yang ada di dalam perusahaan. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Samakah HRM dengan HRD? Sebenarnya HRM dan HRD merupakan divisi yang berbeda, tapi memiliki fungsi yang saling berhubungan dalam suatu perusahaan. HRM bisa disebut departemen yang berada di bawah naungan HRD atau Human Resourec Development.

Secara general, HRD memiliki fungsi untuk menyaring dan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Karena berada di bawah naungan HRD, berarti HRM juga memiliki fungsi dan tugas yang tak beda jauh dengan Human Resouce Management.

Banyak orang mengatakan bahwa HRM bukanlah bagian yang penting dalam suatu perusahaan. Namun kalian perlu tahu bahwa salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan tak luput dari peran Human Resource Management di dalamnya.

HRM membantu mengolah sumber daya manusia yang ada

Dalam perusahaan pasti ada manusia yang berperan di dalamnya. Untuk menjadikan manusia-manusia itu menjadi produktif dan berdampak, tentunya dibutuhkan bimbingan dan peningkatan kemampuan agar mereka dapat bersaing di dunia kerja lebih baik lagi. Karena hal itulah Human Resource Management memiliki fungsi untuk mengorganisasi, memotivasi, dan memberikan penyuluhan agar sumber daya manusia dalam perusahaan dapat berfungsi maksimal.

Jika tugas Human Resource Development untuk menyeleksi sumber daya manusia yang masuk ke perusahaan, Human Resource Management malah bertugas untuk mengelola dan melatih sumber daya manusia yang telah berhasil masuk ke dalam perusahaan.

Jadi, Human Resouce Management berperan dalam fungsi management seperti organizing, planning, directing, dan controlling. Setiap sumber daya manusia yang masuk selalu dilakukan training dan pembekalan oleh divisi Human Resource Development. Hal itu dilakukan untuk mencetak pekerja yang sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan. Intinya, keberadaan HRM dalam perusahaan sangatlah penting terutama dalam hal pengembangan diri para karyawan baru maupun lama.

Mungkin beberapa orang akan mengatakan bahwa fungsi HRM tidak terlalu penting karena sudah ada HRD. Namun apapun pendapat yang ada, Human Resource Management tetaplah bagian vital dalam hal pengambangan perusahaan. Karena merekalah divisi yang paling dekat dengan karyawan.

Mereka lebih mengetahui bagaimana masalah dan situasi yang terjadi di lapangan terutama di dunia employee secara langsung. Meski tak dapat dipungkiri ada perusahaan yang tidak memiliki divisi Human Resouce Management seperti kantor saya. Namun tetaplah HRM memiliki tempat dan posisi penting yang tidak bisa digantikan oleh HRD sekalipun.

Oleh karena itu, HRM tetap memerlukan bantuan dalam mengatur management agar berjalan dengan baik. Salah satunya adalah bantuan dari softaware canggih masa kini seperti LinovHR.

Ada yang sudah tahu tentang LinovHR? LinovHR merupakan software HRIS berbasis cloud yang mempermudah tugas HRD dan HRM dalam mengelola data sumber daya manusia di Perusahaan.

LinovHR dapat mengatur penggajian dan absensi karyawan serta data HR lainnya melalui penerapan HRIS. Dengan biaya bulanan yang sangat terjangkau, segala urusan administrasi dapat teratasi dan tentu saja akan memudahkan divisi HRD dan HRM.

Kalau di kantor kalian apakah sudah ada divisi Human Resouce Management? jika sudah ada mungkin bisa diinformasikan untuk menggunakan jasa LinovHR agar memudahkan pekerjaan divisi HRM di kantor kalian.

Selamat mencoba 🙂

22 thoughts on “HRM, Departemen Penting Pada Suatu Perusahaan

  1. Dulu 2007 di tempat saya bekerja bersama salah satu pioneer Telecommunication company setiap Outsource company wajib memiliki divisi Human Resource Management. Konsep nya harus di sesuaikan dengan Key Performance Indicator.

  2. Wah baru dengar istilah HRM mbaa. Dan menurutku mmg penting bgt krn SDM yg bagus akan menciptakan kinerja yg baik utk perusahaan. Tapi kayaknya msh jarang yg pake istilah HRM ya?

  3. Zaman sekarang ya apa2 serba mudah. Bahkan ada software canggih buat HRM.
    HRM itu emang kyknya gak mudah. Dulu pas masih ngantor ngliat org2 HRM kyknya mumet deh kerjaannya. Gak sekadar ngabsen, tapi jg nilai performa 😀

  4. Pernah punya keinginan untuk jadi HRM juga, asik kayanya bener-bener harus bijak dan sabar juga smart memilih calon karyawan. belum lagi kalo ada trouble d perusahaan, jadilah kubu penengah dan harus solutif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *