6 Cara Lancarkan Sistem Pencernaan
HEALTH

6 Cara Lancarkan Sistem Pencernaan dengan Pola Hidup Sehat

Posted on

Kamu sering sulit buang air besar (BAB)? tenang kamu tak sendiri kok. Saya termasuk yang begitu juga, bahkan beberapa hari ini saya pun sulit buang air besar. Kadang saya suka iri dengan teman-teman yang cerita kalau setiap hari bisa BAB, sedangkan saya? ya ampun jarang sekali BAB. Apa sih penyebab susah BAB dan bagaimana cara lancarkan sistem pencernaan?

Jawabannya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Karena mulai dari pola makan, olahraga, umur, jenis kelamin, serta posisi kesehatan bisa mempengaruhi intensitas BAB pada setiap harinya. Jadi penting sekali untuk kita memperhatikan pola hidup sehat.

Di samping itu, sembelit sendiri bisa berasal dari beberapa faktor seperti dehidrasi atau kurang konsumsi serat. Bahkan, dalam masalah yang lebih serius, sembelit bisa berasal dari depresi, peralihan hormon, kasus otot, kanker, serta kasus sistematis lainnya yang pengaruhi aliran pencernaan.

Menerapkan Pola Hidup Sehat Setiap Hari

Untuk menghindari susah buang air besar atau sembelit, penting sekali untuk tahu dan menerapkan cara lancarkan sistem pencernaan secara alamiah. Caranya dapat dilakukan dengan melakukan hidup sehat. Menerapkan pola makan sehat, pola hidup sehat, konsumsi makanan khusus, serta mengkonsumsi minuman berserat yang mudah ditemui di pasaran.

Jadi, apa saja yang harus dilakukan setiap hari agar tak sembelit lagi?

1. Penuhi Kepentingan Serat

minuman berserat

Cara lancarkan sistem penceraan yang pertama adalah penuhi kepentingan serat, karena serat sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan BAB. Ketika kepentingan serat terpenuhi, maka BAB juga akan lancar secara alamiah. Hal tersebut terjadi karena serat larut terhadap air, sehingga menolong melunakkan kotoran.

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat secara teratur, kemungkinan mengalami situasi pencernaan, bisul, refluks, wasir, divertikulitis, serta IBS cukup rendah.

Makanan apa saja yang mengandung serat? kandungan serat bisa kamu dapatkan dari pati gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayur. Selain itu bisa juga mengkonsumsi jus buah yang banyak mengandung serat tinggi seperti jus apel, jus anggur, jus jeruk dan lain sebagainya.

2. Banyak Minum Air Putih

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu meminum air putih yang cukup. Sama dengan yang sudah disebut diawal, konsumsi cairan dengan jumlah sedikit akan memicu sulit BAB.

Beberapa pakar mereferensikan untuk meminum 1,5-2 liter cairan non-kafein per hari untuk menghindari sembelit. Akan tetapi, kemungkinan kamu akan membutuhkan lebih banyak cairan kalau hidup dalam cuaca yang hangat atau saat berolahraga dengan keras.

Konsumsi satu gelas besar air akan menjadi cara lancarkan sistem pencernaan secara alami. Tidak hanya air putih, kamu bisa juga penuhi konsumsi cairan dengan teh herbal serta minuman non-kafein seperti air ionisasi.

Cara lancarkan sistem pencernaan lainnya bisa dengan penuhi kepentingan konsumsi cairan yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayur yang tinggi air seperti mentimun, zucchini, seledri, tomat, melon, stroberi, semangka dan seterusnya.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur adalah salah satu cara lancarkan sistem pencernaan secara alamiah. Karena, olahraga bisa membantu perjalanan makanan melewati sistem pencernaan sehingga perjalanannya lebih lancar. Oleh sebab itu jalan-jalan seusai makan bisa menolong badan dalam gerakkan bermacam hal.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang sehat karena berolahraga setiap harinya, seperti naik sepeda serta jogging, menaikkan waktu transit usus nyaris 30%. Dalam pengamatan lain pada konstipasi parah, jika melakukan olahraga harian selama 30 menit maka akan kurangi gejala sembelit.

Di samping itu, pengamatan membuktikan jika olahraga bisa kurangi tanda-tanda penyakit radang usus sebab resiko anti-inflamasi, seperti kurangi senyawa inflamasi dalam badan.

4. Atur Depresi dengan Peregangan

peregangan cara lancarkan sistem pencernaan

Depresi adalah aspek kemungkinan yang membuat performa badan jadi buruk dan penyebab utama sembelit atau konstipasi. Dipercayai, kurangi depresi serta kegelisahan melalui teknik peregangan bisa memberinya kebaikan untuk usus. Perihal ini dibenarkannya oleh instansi kesehatan di Amerika.

Cara lancarkan sistem pencernaan secara alami ini tentu perlu kamu aplikasikan setiap hari. Jika orang dewasa yang teratur melaksanakan yoga, maka kondisi tubuh akan lebih rileks. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh.

5. Mengunyah Makanan dengan Baik

Cara lancarkan sistem pencernaan dengan alami lainnya yaitu dengan mengunyah makanan secara detail. Kenapa begitu? karena, gigi yang merusak makanan jadi potongan-potongan kecil membuat enzim di saluran pencernaan lebih sanggup memecahnya.

Di saat mengunyah makanan dengan lengkap, perut bekerja semakin sedikit untuk mengganti makanan padat menjadi kombinasi cair yang masuk di usus kecil. Dengan mengunyah air liur akan membantu melumatkan makanan, dan membantu menolong proses pencernaan di mulut dengan memecah beberapa karbohidrat serta lemak pada makanan.

Di perut, air liur berperan selaku cairan, yang digabung dengan makanan padat maka akan melancarkan ketika masuk usus. Mengunyah makanan secara detail membuktikan jika kamu memiliki banyak air liur untuk pencernaan. Ini bisa menolong menghindari gejala seperti sulit BAB serta mulas.

6. Konsumsi Probiotik

Cara lancarkan sistem pencernaan secara alami bisa juga dilakukan dengan konsumsi probiotik. Probiotik yakni bakteri yang memberikan keuntungan dan bisa menaikkan kesehatan pencernaan di saat dimakan sebagai suplemen. Bakteri sehat ini menolong pencernaan dengan merusak serat yang tidak dapat dicerna dan yang menyebabkan kembung.

Probiotik bisa menaikkan gejala kembung, gas berlebihan, serta akan terasa sakit bagi orang dengan infeksi usus. Ditambah lagi, probiotik bisa meningkatkan gejala sembelit serta diare maka akan mampu memperlancarkan pencernaan.

Probiotik ditemukan pada makanan peragian seperti tempe, kimchi, dan yogurt yang memiliki kultur hidup serta aktif. Probiotik ada yang berbentuk kapsul. Suplemen probiotik umum yang bagus dapat punya kandungan kombinasi strain tergolong Lactobacillus serta Bifidobacterium.

Itulah 6 cara lancarkan sistem pencernaan secara alamiah, solusi terbaik untuk kamu yang kerap merasakan sembelit atau konstipasi. Akan tetapi, jika sembelit atau konstipasi tidak juga reda seusai melakukan beberapa cara tersebut, secepatnya hubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Selamat mencoba pejuang susah buang air besar 🙂

10 thoughts on “6 Cara Lancarkan Sistem Pencernaan dengan Pola Hidup Sehat

  1. Yustrini

    5 Januari 2021 at 11:12 AM

    Saya juga sedang mengalami susah BAB. Betul kemungkinan baru kurang minum dan asupan cairan. Biasanya kalo minum yogurt jadi lancar kembali

  2. Rindang Yuliani

    5 Januari 2021 at 2:09 PM

    Nah, untuk peregangan ini aku masih tidak banyak melakukannya. Harusnya rutin ya agar sistem pencernaan lancar.

  3. Jihan

    6 Januari 2021 at 5:00 AM

    Iyaa yah probiotik ini jarang kepikir kak. Kadang kalau pas ada aja. Padahal penting juga yaa.
    Untuk anak2 jugaa kadang lupaa. Makanya pupnya agak keras gituu. Huhu

  4. Arai Amelya

    6 Januari 2021 at 7:41 AM

    Kurang olahraga dan kurang serat sih kak masalahku. Makanya BAB nggak pernah lancar. Secara aku nggak suka sayur huhu, kudu dibenerin ya emang soalnya berdampak panjang ke pencernaan

  5. Fatimah

    6 Januari 2021 at 11:16 AM

    Sepertinya aku harus melakukan beberapa point diatas juga nih. Akhir-akhir ini juga susah BAB, nggak teratur kek orang-orang gitu loh. Padahal udah makan sayur, tapi keknya masih kurang. Infonya sangat bermanfaat nih kak 😊

  6. Dahlia

    6 Januari 2021 at 7:55 PM

    Aih, masalahku banget ini. Tapi bagian olaharaganya itu kok agak berat ya? Haahah…aku jarang olahraga soalnya.

    Oh ya mbak, klo ada tips mengecilkan perut bolehlah bagi2

  7. Bundabiya.com

    6 Januari 2021 at 11:35 PM

    sistem pencernaan yan lancar itu kuncinya ya pola makan ya mba, kalo saya sama tambahan konsumsi yoghurt dan air putihnya ngga boleh kurang 🙂

  8. Deny Irwanto

    10 Januari 2021 at 7:02 PM

    tapi masih byk orang yg mengabaikan 6 hal ini, apalagi probiotik. jarang banget ada yg tahu. termasuk saya sepertinya,he

  9. Irra Octaviany

    11 Januari 2021 at 12:18 PM

    setuju nih sama semua poin di atas. aku rutin melakukan semua poin-poin di atas dan alhamdulillah pencernaan lancar. tinggal olahraganya aja nih dirutinin.

  10. ratna fa

    17 Januari 2021 at 5:38 AM

    Alhamdulillah aku sekarang hampir tiap hari olahraga, berasa seh kalo kita sering olahraga badannya lebih segar dan enggak cepet ngantuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!