wisata pantai di yogyakarta
TRAVEL

5 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Memanjakan Mata

Posted on

Bosan karena terlalu lama di rumah saja? Liburan ke Yogyakarta yuk! Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Semarang dan bisa ditempuh sekitar 2,5-4 jam perjalanan dengan bus atau travel shuttle, cocok bagi kamu yang ingin liburan singkat.

Apalagi perjalanan ke luar kota kini lebih mudah dan nyaman karena kamu bisa beli tiket bus Semarang ke Yogyakarta murah di Traveloka.

Terus, di Yogyakarta mau ke mana? Selain Malioboro dan Candi Borobudur, Yogyakarta punya banyak sekali pantai cantik nan unik yang bisa kamu kunjungi lho. Berikut ada 5 wisata pantai di Yogyakarta yang bisa jadi referensi kamu.

1. Mantai Sambil Puas Berfoto di Pantai Nguluran

pantai nguluran
Doc : ainonholidays.co.id

Wisata pantai di Yogyakarta yang pertama adalah Pantai Nguluran. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Di pantai ini kamu akan disuguhkan laut eksotik khas pantai selatan yang punya ombak besar.

Selain bermain pasir di pantainya, kamu juga bisa mampir ke Teras Kaca Pantai Nguluran untuk berfoto. Di tempat ini banyak spot instagramable, salah satunya ada kaca tembus pandang yang menjorok ke laut. Teras ini paling hits untuk berfoto lho.

Ada juga spot ayunan Jogja Swing yang memberikan sensasi naik ayunan di atas tebing dengan view laut yang begitu indah. Tak ketinggalan ada spot becak dan teras mahkota yang juga menawarkan spot foto menarik.

2. Makan Seafood Segar di Pantai Depok

wisata pantai di yogyakarta
Doc : jurnalpost.com

Terletak tak begitu jauh dari Gumuk Pasir Parangkusumo, pantai yang berada di Bantul ini menggabungkan wisata pantai dengan wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Di bibir pantainya banyak warung tradisional dengan menu seafood segar dan view langsung ke laut untuk temani sesi makan kamu.

Untuk memesan seafood yang kamu inginkan, kamu bisa mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mina Bahari 45 yang berada di pantai ini. Pilih ikan atau seafood yang diinginkan dan setelah itu pesanan kamu akan diantar ke salah satu warung yang ada di bibir pantai untuk dimasak sesuai selera.

3. Pantai Ngobaran yang Cantik dan Magis

pantai ngobaran wisata pantai di yogyakarta
Doc : travel.kompas.com

Wisata pantai di Yogyakarta yang ketiga adalah Pantai Ngobaran. Pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki keunikan sendiri, karena di pantai ini ada banyak arca dan bangunan peribadatan berbagai agama dan kepercayaan, seperti Hindu, Islam, Budha, Kejawen dan Kejawan.

Di pantai ini ada masjid terbuka yang menghadap ke selatan arah laut lepas. Ada juga pura, patung dewa dan ranting kering di puncak bukit karang yang dipercayai sebagai tempat keturunan terakhir Kerajaan Majapahit membakar diri dan jadi tempat sakral bagi penganut Kejawan.

Karena bangunan-bangunan unik ini, pantai Ngobaran punya banyak sekali spot foto menarik yang bisa dieksplor. Kamu juga bisa cobain bulu babi goreng di sini lho! Berani coba?

4. Santai di Kolam Alami

Pantai di laut selatan umumnya memiliki ombak besar sehingga harus ekstra hati-hati jika ingin bermain air. Namun di pantai ini kamu bisa santai berendam di laguna alami yang ada di pinggir pantai ini.

Gugusan karang rapi dan memiliki cekungan yang berisi air laut ini jadi spot paling oke untuk bermain air sambil menunggu matahari terbenam.

Meski demikian, kamu harus tetap waspada terhadap ombak besar yang bisa mencapai laguna alami ini ya. Karena bisa membuat kamu terhempas ke karang atau worse terseret ke laut.

5. Pantai Kukup, Tanah Lot-nya Yogyakarta

pantai kukup
Doc : travel.kompas.com

Wisata pantai di Yogyakarta yang kelima masih di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Kukup. Pantai dengan pasir putih yang memiliki gugusan karang.

Berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai, gugusan karang tersebut melindungi pantai ini dari ombak besar, sehingga pantainya relatif tenang dan bisa untuk bermain air.

Selain itu, di sisi timur pantai ada juga pulau karang bernama Pulau Jumino yang memiliki jembatan penghubung. Mirip dengan Tanah Lot di Bali. Di pulau karang ini terdapat gardu pandang yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat laut lepas.

Yogyakarta, terutama Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan keindahan pantainya. Jadi untuk kamu pecinta pantai, wajib liburan ke Gunung Kidul.

Oh ya, jika kamu ingin mengunjungi 5 wisata pantai di Yogyakarta yang saya ulas, ada baiknya ajak teman atau keluarga agar lebih ramai. Untuk menuju pantai-pantai tersebut kamu juga harus menyewa mobil atau sepeda motor, karena lokasinya belum dilalui kendaraan umum.

Sudah siap liburan? Jangan lupa beli tiket busnya di Traveloka ya. Lebih mudah, aman dan pasti berangkat. Selamat liburan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!