5 resolusi 2021
STORY

5 Resolusi 2021 Sebagai Pengingat untuk Diri Sendiri

Posted on

Resolusi 2021? rasanya tahun ini tak banyak resolusi yang saya tulis. Karena pada akhir tahun 2019 saya sempat membuat beberapa resolusi yang akan dilakukan di tahun 2020. Bahkan saya menuliskan rencana traveling ke suatu daerah.

Namun siapa sangka jika pandemi ini datang dan menghancurkan semua rencana yang sudah dibuat. Oleh sebab itu, tahun ini saya tak banyak menuliskan resolusi. Hanya ada 5 rosulusi 2021 yang ingin saya lakukan, selebihnya dijalani saja.

Jujur di tahun 2020 memang terasa berat, jangankan konsisten mengerjakan resolusi, masih diberikan kewarasan saja sudah alhamdulillah. Ya, di tahun 2020 kita semua benar-benar diuji.

Tahun yang memberikan pelajaran tentang rasa iklas, sabar, dan syukur. Iklas menerima keadaan, sabar dengan kondisi yang semakin hari semakin nggak jelas, dan bersyukur masih diberi kesehatan sampai saat ini.

Keadaan sekarang yang masih belum jelas kapan usainya membuat saya tak banyak menuliskan resolusi 2021. Walau begitu saya tak bisa berdiam diri dan berakhir menjadi tak produktif.

Untuk menghindari hal itu saya membuat 5 resolusi 2021 sebagai pengingat untuk diri sendiri agar tak bermalas-malasan. Ya walaupun keadaan belum membaik, setidaknya ada beberapa hal yang bisa saya kerjakan walau hanya di rumah saja.

5 Resolusi 2021 versi Antin

Dari banyaknya keingin yang ingin saya lakukan di tahun 2021, saya sederhanakan menjadi 5 resolusi 2021 ini.

1. Memiliki Kulit Wajah yang Lebih Sehat

Resolusi 2021 saya yang pertama adalah memiliki kulit wajah yang lebih sehat. Kenapa begitu? Jadi, pada suatu pagi di akhir tahun 2020, saya kaget saat melihat wajah sendiri di cermin.

Saat itu saya baru selesai mandi dan bersiap berangkat kerja. Biasanya sebelum berangkat kerja saya hanya memakai sunscreen dan polesan bedak seadaanya saja, kemudian memakai lipstik. Namun pagi itu saya mendadak panik melihat kondisi wajah sendiri.

Kulit wajah saya kusam, banyak komedo, ada beberapa jerawat meradang, dan bekas jewarat yang menghitam. Kulit wajah saya benar-benar tak sehat dan menyeramkan. Karena khawatir dengan kondisi wajah, saya pun mulai konsultasi ke teman dan disarankan untuk menggunakan skincare.

Ya memang sebelumnya saya tak pernah peduli dan tak pernah menggunakan skincare. Anaknya memang malas, sudah mau menggunakan sunscreen saja sudah alhamdulillah. Namun akhirnya saya tersadar, tak bisa begini terus. Lama-lama kulit wajah saya akan memprihatinkan.

Sejak saat itulah saya mulai peduli dengan penggunaan skincare. Menurut teman saya, yang paling penting itu basic skincare dulu seperti penggunaan double cleancer, moisturizer, dan sunscreen untuk siang hari.

Sebagai orang awam saya mulai mencari tahu tentang skincare. Menonton youtube, membaca artikel, sampai bertanya ke beberapa teman. Kemudian saya membeli beberapa skincare dan mencoba konsisten menggunakannya.

Alhamdulillah setelah pemakaian dua bulan terakhir ini kondisi wajah saya sudah jauh lebih baik. Basic skincare yang saya gunakan bekerja. Doakan tetap konsisten ya, karena yang sulit bukan memulai tapi konsisten.

2. Rajin Olahraga dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Resolusi 2021 yang kedua adalah rajin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Mungkin ini terdengar telat sekali ya, hari gini baru peduli. Namun tak ada kata terlambat, itulah yang saya lakukan.

Sebelumnya saya memang nggak pernah olahraga, kemudian belakangan ini mulai merasa cepat lelah dan badan kurang bugar. Oleh sebab itu, di tahun 2021 saya memasukan olahraga ke salah satu resolusi 2021. Harapannya tentu saja bisa konsisten dan memiliki tubuh yang sehat.

Langkah awal yang saya lakukan untuk resolusi ini adalah membeli matras yoga. Jadi selama di rumah saya bisa melakukan yoga dengan mengikuti gerakan di youtube.

Sedangkan untuk menerapkan pola hidup sehat saya mulai rajin masak makanan sehat sendiri. Biasanya ke kantor nggak pernah bawa bekal, sekarang membawa bekal dan memasak sendiri. Saya juga mengurangi jajan di luar. Selian lebih sehat, dengan melakukan hal tersebut bisa lebih hemat juga lho.

3. Konsisten Membaca Buku dan Menulis di Blog

Hampir setiap tahun saya selalu memasukan resolusi ini dalam resolusi tahunan. Alasannya agar saya selalu ingat kedua hal tersebut dan konsisten melakukannya.

Di awal tahun biasanya saya langsung membuat reading challenge di aplikasi Goodreads, agar target baca tahunan terlihat jelas. Tahun ini saya menargetkan 24 buku dalam setahun. Kok cuma sedikit? Ya karena saya tak mau terlalu memaksakan diri, cukup sebulan 2 buku saja, tapi kalau lebih pun ya nggak masalah.

reading challenge 2021

Sama halnya dengan membaca buku, menulis di blog selalu menjadi resolusi tahunan saya. Tujuannya pun sama seperti membaca buku, agar konsisten dan memiliki target.

Saya menargetkan minimal ada 2 tulisan baru di diantin.com per bulannya. Selain itu, di tahun 2021 ini saya ingin memperbaiki beberapa artikel lama. Semoga bukan hanya wacana dan resolusi belaka ya, tapi benar-benar dilakukan.

4. Peduli Kesehatan

Orang-orang bilang sehat itu mahal, saya setuju. Karena saat sakit bukan hanya nggak enak makan dan nggak bisa beraktivitas saja, tapi biaya berobat juga tak murah.

Apalagi setahun belakangan ini kita semua dibayang-bayangi wabah yang tak kunjung usai. Kesehatan dan imun tubuh menjadi hal utama yang harus dijaga saat ini.

Bukan hanya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, minum vitamin, banyak minum air putih, dan berolahraga saja. Namun kita juga harus mempersiapkan asuransi kesehatan, karena kita tak bisa memprediksikan kapan akan sakit. Jadi sebelum hal itu terjadi sebaiknya kita sudah mengantisipasinya. Menyiapkan asuransi kesehatan merupakan hal penting yang harus dipunya saat ini.

5. Belajar Berinvestasi

Belakangan ini sedang ramai orang-orang yang membahas saham, bahkan membagikan portofolionya di sosial media. Jujur saya iri dan ingin mencobanya, tapi karena belum paham jadi nggak berani mengambil risiko.

Saham memang bisa menghasilkan uang dan termasuk investasi yang menjanjikan. Namun, nggak bisa sembarangan main saham. Kita harus benar-benar paham ilmunya, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Nah salah satu resolusi 2021 saya adalah belajar berinvesatasi, tapi belum di saham. Awal tahun ini saya mencoba investasi di deposito, saya juga tertarik dengan investasi logam mulia tapi belum mencobanya karena bingung penyimpanannya.

Ke depannya saya juga ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang investasi.

Tulis Resolusimu dan Dapatkan Hadiah

Sejak adanya pandemi ini saya jadi sering memantau sosial media beberapa layanan kesehatan untuk mengetahui perkembangan. Selain itu, saya jadi bisa tahu nomor penting yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu.

Kemudian secara tak sengaja saya menemukan akun @medtourismmy.id di Instagram. Setelah saya buka ternyata @medtourismmy.id adalah akun sosial media dari Medical Tourism Malaysia. Salah satu situs yang memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia.

Kalau dibaca di websitenya, layanan Malaysia Healthcare ini cukup lengkap. Bukan hanya merekomendasikan rumah sakit terbaik saja, tapi bisa memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan untuk perawatan dan pengobatan rumah sakit di Malaysia.

Oh ya, Medical Tourism Malaysia lagi mengadakan giveaway lho. Cara ikutannya juga mudah, kamu cukup menggunakan filter Instagram yang sudah disediakan dan menuliskan resolusi kamu. Terus posting di Instagram stories deh. Mudah bukan, yuk ikutan.

resolusi 2021 Diantin

Itulah 5 resolusi 2021 versi saya. Bagaimana dengan resolusi 2021 kamu? Yuk tuliskan resolusimu dan menangkan hadiah dari Medical Tourism Malaysia.

Good Luck!

5 thoughts on “5 Resolusi 2021 Sebagai Pengingat untuk Diri Sendiri

  1. Febi

    29 Januari 2021 at 9:09 PM

    Hai tin..
    Gw juga buat tp kepanjangan kalo ditulis disini kayaknya..hehe..
    Salah satunya mirip kayak resolusi lo yaitu jaga kesehatan..
    Gw lagi tertarik sama pola makan flexy-tarian..hehe..
    Semoga bisa ya buat 1 tahun ke depan atau selamanya malah 🙂

    1. Antin Aprianti

      30 Januari 2021 at 7:11 PM

      Hai Febi,
      Kalau panjang dibuat blogpost aja, mayan buat ngisi blog hehe
      Amiinn, semoga resolusi kita bukan hanya wacana ya 😁

  2. Clara Kinasih

    29 Januari 2021 at 9:15 PM

    InsyaAlloh Alloh paring semua harapan, cita-cita dan doa Antin terkabul di tahun 2021 ini. Aamiin Allohumma Aamiin.
    .
    Mau saran, kalau ada dana dingin lebih baik inves di saham saja. Karena lebih mudah berternaknya. 🙏🏻😊

    1. Antin Aprianti

      30 Januari 2021 at 7:13 PM

      Makasih, Clara.
      Ngiler banget emang sama saham, tapi belum paham cara mainnya jadi belum berani. Semoga tahun ini bisa belajar ya

  3. ainun

    21 Februari 2021 at 11:28 PM

    resolusi aku di 2021 ini nggak neko neko juga mbak
    kalau bisa sehat urusan financial juga dan rajin nabung, nggak males malesan lagi, kesehatan juga prioritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!