Metode Belajar Menyenangkan
TIPS & TRICK

3 Metode Belajar Menyenangkan untuk Anak

Posted on

Tahun ajaran baru sudah dimulai, bagaimana perasaan kamu? Senang atau sudah mulai jenuh?

Untuk saya yang belum mempunyai anak tahun ajaran baru tidak berefek apa-apa. Lain cerita untuk ibu-ibu yang memiliki anak, apalagi jika anaknya tidak hanya satu.

Seperti halnya tetangga saya yang memiliki anak kelas 5 SD, sejak beberapa bulan belakangan sudah mulai mengeluh. Awalnya memang anak-anak senang sekolah daring karena nggak perlu ke sekolah, tapi lama-lama menjadi bosan. Tidak bisa bermain dan bertemu dengan teman-temannya.

Jangankan anak-anak, orang dewasa saja sudah mulai mengeluh jenuh dan bosan di rumah saja. Namun keadaan sekarang yang semakin mengerikan memang tak memungkinkan untuk keluar rumah.

Memang menjadi ibu di masa sekarang itu berat sekali. Bukan hanya harus pintar urusan rumah, tetapi dituntut untuk belajar banyak hal agar bisa mendampingi anak-anaknya yang sekolah daring.

Kamu iya kamu para ibu yang di rumah mendampingi anaknya belajar, kamu hebat. Tetap semangat ya. Oh ya, agar semangat belajar yuk terapkan metode belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk anak.

3 Metode Belajar Menyenangkan

Banyak metode belajar menyenangkan untuk anak-anak, dan setiap orang tua pasti punya metodenya masing-masing. Dari banyaknya metode belajar tersebut, 3 metode ini bisa ibu-ibu coba terapkan di rumah.

1. Sediakan tempat belajar yang nyaman

tempat belajar yang nyaman
Foto by Julia M Cameron

Hayo anak kamu kalau sekolah daring belajarnya di mana? Di atas kasur sambil tiduran, di meja belajar, atau disediakan tempat khusus untuk belajar?

Tahu kah kamu kalau tempat belajar yang nyaman bisa meningkatkan mood belajar anak lho. Coba bayangkan jika belajar di atas kasur sambil tiduran, bukannya belajar yang ada malah ketiduran.

Coba bayangkan lagi jika tempat belajar anak kamu berantakan, buku tak tertata rapih, dan peralatan sekolah lainnya berantakan. Kebayang ya kacaunya, saya saja jika melihat pemandangan seperti itu pasti pusing duluan. Bagaimana nyaman untuk belajar.

Untuk menciptakan tempat belajar yang nyaman tak harus ada ruangan khusus, bisa saja di sudut kamar atau di mana saja. Yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kenyamanannya.

Kamu bisa sediakan meja dan kursi yang ada di rumah, atau tambahkan beberapa pajangan sederhana agar suasana tempat belajar lebih menyenangkan dan anak-anak betah belajarnya.

2. Siapkan peralatan belajar yang beragam warna

Anak-anak itu suka sekali dengan warna-warna cerah. Jadi untuk meningkatkan semangat belajarnya, ibu-ibu bisa membelikan peralatan belajar dengan beragam warna cerah.

Peralatan yang beragam warna juga memberikan kesan ceria di area belajar. Dengan begitu anak-anak tidak mudah bosan dan bisa meningkatkan kreativitas anak.

3. Bimbing anak belajar dengan cara tak biasa

Nah ini penting, jika biasanya ibu-ibu terpaku dengan buku pelajaran, kali ini saatnya mencoba metode baru. Ada banyak metode yang bisa dicoba untuk membimbing anak belajar, misalnya belajar menggunakan peralatan yang ada di sekitar atau belajar melalui video animasi.

Belajar melalui video? Memangnya bisa?

Bisa dong, zaman sekarang metode belajar sudah beragam sekali, termasuk belajar melalui video. Salah satu metode belajar menyenangkan melalui video yang saya tahu adalah video belajar beranimasi di Ruangbelajar.

Untuk yang belum tahu, Ruangbelajar merupakan program dari Ruangguru. Salah satu aplikasi belajar online yang bisa membantu para ibu dalam membimbing belajar anak-anak di rumah.

Di Ruangbelajar tersedia puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis yang bisa diunduh serta diakses secara offline. Bukan hanya itu saja, masih banyak fitur premium lainnya.

metode belajar menyenangkan melalui video
Belajar melalui video animasi

Ada yang penasaran fitur apa saja yang ada di Ruangbelajar? sini-sini saya jelaskan sedikit.

Fitur yang Tersedia di Ruangbelajar

Ada banyak fitur yang tersedia di Ruangbelajar by Ruangguru seperti Ruangguru PET, Ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, dan laporan belajar.

Selain itu ada juga beberapa fitur yang baru rilis pada awal Juli 2021 ini seperti:

1. Fitur Adapto

Fitur ini mengarahkan agar siswa dapat mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video, dengan begitu pembelajaran jauh lebih interaktif, dan tentunya dapat mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya.

Dengan demikian,  siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Tujuan dari fitur ini agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan kecepatan belajar mereka sendiri, serta memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Selain itu, siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif.

3. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan pengguna ketika menonton video pembelajaran atau melakukan materi pembelajaran lainnya.

Dengan adanya fitur ini, kamu yang sering terganggu karena harus berhenti belajar sejenak di tengah sesi belajar dan materinya kembali ke awal jadi tak perlu khawatir lagi.

Di Aplikasi Ruangguru jika kamu ingin melanjutkan materi kembali tidak perlu dari awal lagi.

Tujuan dari fitur ini adalah menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna, terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggunya. Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada penggunanya, yang disesuai dengan kebutuhan dan timeline atau agenda di sekolah.

Bukan hanya itu saja, tujuan fitur ini juga untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi belajar selanjutnya.

4. Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global, khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya, transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan adanya transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran dengan lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

5. Fitur Pencarian

Fungsi fitur pencarian untuk memudahkan pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi. Dengan adanya fitur ini bisa menemukan materi pembelajaran dengan cepat.

6. Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tujuan fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar lho. Nah fitur ini cocok sekali untuk anak kamu yang tak bisa lepas dari game online.

7. Tes Minat Bakat

Tes minat bakat merupakan fitur tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.

Fitur ini bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Kemudian tes bakat untuk mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning.

Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat kamu yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.

Nah, untuk ibu-ibu yang anaknya mulai bosan dan jenuh belajar di rumah bisa mencoba menerapkan 3 metode belajar menyenangkan untuk anak di atas ya.

Semoga berhasil dan semangat menjadi guru untuk anak-anak di rumah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!