TRAVEL

Kebun Binatang Cikembulan Garut

Minggu, 01 Januari 2017

Libur awal tahun kali ini saya mengajak Mamah dan beberapa saudara berlibur ke Garut, awalnya ingin ke Garut itu karena penasaran ingin tahu yang namanya Darajat Pass. Ya Darajat Pass yang lagi booming semenjak tahun kemarin, tapi kalau dipikir-pikir ya ko sayang banget jauh-jauh ke Garut hanya datang ke satu tempat saja. Akhirnya saya pun googling tempat wisata yang dekat dan searah dengan Darajat Pass dan ketemulah Kebun Binatang Cikembulan ini.

Sekilas Tentang Kebun Binatang Cikembulan Garut

Kebun Binatang Cikembulan terletak di Kampung Jati Desa Cikembulan Kadungora Garut. Berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Garut, sedangkan dari jalan raya Bandung-Garut berjarak kurang lebih 2.5 km.

Kebun Binatang Cikembulan didirikan pada tahun 1998, di atas lahan seluas 5 ha. Namun, baru dibuka untuk umum pada tahu 2009. Kebun Binatang ini dibangun dengan konsep bernuansa alam.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Cikembulan untuk dewasa Rp. 22.000 dan untuk anak di atas 3 tahun Rp. 12.000. Kebun Binatang ini buka mulai dari jam 09.00 – 17.00 wib.

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang Cikembulan

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang ini cukup lengkap. Selain dapat melihat satwa, di sini juga terdapat kolam pemancingan, pendopo, taman bermain anak, toilet, musola, tempat parkir, kolam terapi ikan, bebek air, area bermain motor ATV, menunggangi kuda poni dan tempat makan. Jika kalian cape berkeliling, jangan takut karena di sini juga disediakan kursi di beberapa titik tertentu.

*****

Waktu itu saya bersama keluarga sampai di tempat sekitar pukul 08.00 pagi, dan kebun binatangnya belum buka tapi jangan salah di tempat khusus parkirnya sudah banyak sekali mobil maupun motor yang sudah terparkir rapih. Alhasil kami pun masih harus menunggu, dan setelah dibuka barulah kami mengantri tiket masuk.

Setelah mendapatkan tiket kami masih harus berdesak-desakan menuju pintu masuk, karena pintu masuk dengan loket pembelian karcis tidak diberi pembatas. Jadi yang antri tiket dengan yang akan masuk, jalur antriannya sama. Alhasil untuk masuk area kebun binatang ini, masih membutuhkan waktu.

Jumlah binatang yang ada di kebun binatang ini masih cukup sedikit, belum ada gajah juga tapi untuk sekedar penghilang penat atau sekedar ingin mengajak keluarga bersantai di sini cukup asik karena banyak pendopo untuk makan bersama, banyak tempat duduk juga jadi kalau sudah cape berkeliling bisa duduk-duduk di kursi-kursi pinggir kolam yang sudah disediakan. Namun, harus di ingat ya jangan buang sampah sembarangan. Oh iya untuk yang tidak membawa makanan jangan khawatir karena di sini juga ada restonya dan banyak yang berjualan bermacam-macam makanan juga.

Kekurangan Kebun Binatang Cikembulan

Petugas kebun binatang di sini kurang tegas, karena saat itu ketika saya membeli tiket ada orang yang menyelak tapi petugasnya hanya diam saja. Sampai akhirnya saya yang harus menegur sendiri. Selain itu, antrian tiket masuk dengan pintu masuk area kebun binatang tidak ada pemisah. Jadi untuk masuk ke area kebun binatang, yang memegang tiket pun harus berdesak-desakan dengan yang akan membeli tiket. Mungkin alangkah lebih baik jika kedepannya jalur antrian pembelian tiket dengan antrian masuk area kebun binatang diberi pembatas.

Nah untuk kalian yang mau ngajak keluarga berlibur dengan budget yang murah meriah bisa banget pergi ke sini 🙂

3 thoughts on “Kebun Binatang Cikembulan Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *