cara mengatasi pedal kopling yang sering macet
RANDOM

Cara Mengatasi Pedal Kopling yang Sering Macet

Posted on

Kopling mobil merupakan komponen yang bertugas untuk mengurangi atau menambahkan putaran mesin ketika sedang berpindah gigi. Tentunya kopling merupakan bagian penting pada mobil, namun sayangnya keberadaanya kerap terlupakan. Banyak yang baru menyadari pentingnya merawat komponen ini saat sudah mengalami kendala. Karenanya penting bagi Anda untuk selalu menyempatkan untuk memeriksa kopling ketika sedang servis rutin. Sebab kopling yang bermasalah bisa menimbulkan masalah lain pada mobil Anda. Salah satu masalah paling umum yang terjadi pada kopling adalah kopling mobil yang macet.

Berikut beberapa hal yang memicu pedal kopling mobil yang sering macet dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Akibat memaksa kinerja kopling

Pemicu pedal kopling jadi macet yang paling umum disebabkan oleh penggunaan dari pengemudi yang kasar. Biasanya ini terjadi saat kopling mobil mulai sulit diinjak, pengemudi yang tidak sabaran akan cenderung memberikan gerakan menginjak spontan yang kasar dan memaksa. Hal ini malah akan semakin merusak kondisi kopling dan bisa berakibat pada kerusakan bearing yang membuat kopling benar-benar tidak berfungsi. Jika Anda mendapati kopling Anda sulit untuk diinjak, jangan memaksakan kopling mobil bisa bekerja. Segera menepi untuk memeriksa keadaan perangkat kopling mobil. Setelah itu, setel ulang ke posisi bawaan kopling agar tidak terjadi slip.

2. Kampas Kopling

Kondisi yang memicu kopling mobil macet yang lainnya adalah kampas kopling yang aus. Hal ini biasa diakibatkan penggunaan mobil untuk melibas jalanan curam atau berkendara terlalu lama. Ciri paling umum dari kampas kopling aus atau tidak adalah bau menusuk yang timbul bahkan hingga ke dalam kabin. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus segera ke bengkel untuk mengganti kampas kopling mobil yang baru.

3. Kabel Kopling

Kabel kopling bertugas menjaga performa kopling mobil. Agar berfungsinya dengan baik, kabel kopling harus dilapisi dengan pelumas. Keberadaan pelumas yang mulai berkurang pada kabel kopling sangat mempengaruhi kinerja kopling. Jika pelumas mulai habis, maka bisa saja kopling mobil Anda jadi macet. Pastikan selalu mengecek kondisi kabel kopling dan pelumasnya agar kopling mobil tetap bekerja optimal.

4. Release Bearing dan Pilot Bearing

Komponen berbentuk bantalan ini bertugas meneruskan gaya dorong dari release cylinder ke pegas diafragma atau coil, dengan mengungkit plat penekan agar tidak menekan kampas kopling. Kedua bagian ini baik release bearing dan pilot bearing bekerja saling bersinggungan satu sama lain. Karenanya jika salah satu terjadi kerusakan, maka bagian lainnya juga akan ikut rusak. Tanda kerusakan pada bagian ini adalah kemacetan kopling ketika diinjak dan keras saat berpindah gigi. Jika bearing rusak, maka Anda perlu segera menggantinya agar tidak menimbulkan masalah lain.

5. Kopling Blong

Kopling bermasalah tak hanya ditandai dengan kopling yang macet. Kopling yang lembut dan terlalu ringan juga bisa jadi pertanda masalah. Sebab kopling mobil lebih ringan dibandingkan biasanya bisa jadi adalah gejala kopling mobil tidak berfungsi. Lakukan pemeriksaan pada minyak rem ketika Anda mengalami gejala kopling ringan atau ngeblong. Periksa apakah terjadi gangguan pada sistem hidrolik dan kebocoran pada selang dan silinder. Lakukan penambahan minyak rem agar rem bisa kembali berfungsi dengan baik.

Jika Anda mendapati kerusakan pada kopling mobil Anda, lakukan segera perbaikan di bengkel resmi Suzuki. Lakukan booking jadwal servis Anda dengan mengunjungi halaman https://www.suzuki.co.id/services.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!