EVENT

Kupas Tuntas Tips Membuat Website Yang Efektif Bersama Gapura Digital

Workshop Siap Digital Bersama Gapura Digital

Menuntut ilmu itu tak terbatas tempat dan tak terkekang oleh usia. Maka dari itu, pada tanggal 25 Februari kemarin saya menghadiri workshop yang diadakan oleh Google Gapura Digital. Workshop ini diadakan di Estubizi Coworking Space Grha Tirtadi Lt. 12, dengan tema Siap Digital yang akan membahas tentang Tips Membuat Website yang Efektif dan Pengenalan SEO beserta SEM. Ketika teman share info ini saya langsung mengisi form untuk mendaftarkan diri.

Rasa penasaran saya tentang Tips Membuat Website yang Efektif dan SEO, membuat saya sangat bersemangat dengan acara ini. Dan alangkah senangnya lagi, ketika saya melihat alamat lengkapnya Estubizi Coworking Space ini ternyata berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi. Wah tempatnya dekat dengan rumah saya, naik ojek online paling hanya 5k saja.

Acara ini akan dibagi menjadi beberapa tema, yang pertama Siap Digital, Handal Digital (bulan yang akan datang) dan Kelas Berbagi (masih belum tahu kapan). Pada tema Siap Digital yang diadakan saat ini, dibagi lagi menjadi empat kelas yaitu Panduan dunia digital, Google untuk bisnismu, Tips membuat website yang efektif dan Pengenalan SEO & SEM.

Kelas tersebut diadakan setiap hari sabtu dan minggu selama beberapa minggu, setiap hari diadakan dua kelas. Pada hari sabtu kelas panduan dunia digital dan google untuk bisnis, sedangkan pada hari minggu kelas tips membuat website yang efektif dan pengenalan SEO beserta SEM. Sayang sekali pada hari sabtunya saya masih harus bekerja, dan baru bisa menghadiri workshop ini pada hari minggunya.

Nah untuk kalian yang mau belajar tentang tips membuat webiste yang efektif, tentang SEO beserta SEM, dan mau banget ikut workshop-workshop kece yang diadakan oleh Gapura Digital, bisa banget kepoin website-nya langsung di sini. Di situ kalian dapat melihat pelatihan apa saja yang akan diadakan oleh Gapura Digital, dan bisa langsung mendaftar juga. Gapura Digital juga membuat workshop seperti ini bukan hanya di Jakarta saja loh, langsung kepoin deh website-nya.

Baca juga : Tips Agar Konsisten Dalam Menulis Blog

tips membuat website yang efektif 1
Semua peserta menyimak penjelasan narasumber

Tips Membuat Website Yang Efektif

Kelas pertama dimulai sekitar pukul sembilan lebih, dibuka oleh Mbak Aini. Kemudian langsung diambil alih oleh Narasumber yang pertama, yang saya lupa namanya. Kelas pertama akan membahas tentang Tips Membuat Website Yang Efektif, tapi sebelum itu dijelaskan terlebih dahulu mengapa kita memerlukan website.

Mengapa kita memerlukan website?, karena website adalah “kesan pertama” pelanggan terhadap bisnis kita. Website juga sebagai etalase berjalan untuk bisnis. Tanpa Website, kita bisa tertinggal dari kompetitor.

“Website adalah pelayanan pertama kita kepada pelanggan.”

Namun, banyak juga yang sudah membuat website tapi sulit ditemukan di mesin pencarian. Banyak juga yang telah membangun website dengan baik, tapi tidak mendapatkan perubahan yang siginifikan. Mengapa? mungkin ada yang salah dengan website kita, coba diteliti kembali apakah situs website yang kita miliki sudah seperti ciri-ciri berikut:

  • Berorientasi pada sasaran, yang artinya bagaimana situs web tersebut akan mengembangkan bisnis kita.
  • Intuitif, yang artinya apakah orang lain mudah untuk mengakses situs web tersebut di semua perangkat.
  • Teratur, yang artinya apakah situs kita mudah dijelajahi.
  • Bermanfaat, yang artinya apakah situs web kita memberikan info yang bermanfaat.
  • Berfungsi, yang artinya apakah situs web kita berguna.
  • Mudah ditelusuri, yang artinya bisakah mesin telusur menemukan situs web kita.

Situs web dapat membantu kita untuk mencapai sasaran bisnis dengan cara sebagai berikut:

  • Membangun merek.
  • Menghasilkan prospek.
  • Menghasilkan penjualan.
  • Berinteraksi kembali dengan pelanggan.
  • Menarik pegawai.
  • Memberikan dukungan.

Siapa audiens yang kita targetkan? yang pertama kita harus mencoba memahami pelanggan kita, seperti cara mereka bertindak, cara mereka berfikir, dan cara mereka menjalani hidup. Dengan memahami pelanggan, itu akan berguna untuk menentukan audiens secara terbatas, melihat sesuatu dari sudut pandang mereka, dan memahami emosi, motivasi dan keinginan mereka.

Sebelum membuat situs web, kita juga harus menentukan nama domain untuk website kita. Kriteria nama domain yang baik harus singkat, mudah diingat, relevan dan fleksibel.

tips membuat website yang efektif 2
Suasana Workshop

***

Kita juga jangan hanya asal saja ketika membuat situs web, tapi juga harus memperhatikan informasi dan konten yang dibuat apakah bermanfaat. Seperti halnya dalam membuat desain web, kita juga tidak dapat asal dibuat saja tapi juga harus memperhatikan beberapa point seperti Konten, Fungsi, Layout, Grafis, Warna harus konsisten atau tidak boleh berubah, dan Font tidak boleh terlalu kecil.

Desain situs web yang bagus juga (biasanya) memiliki:

  1. Grafis yang menarik dan konsisten, seperti konsiten dalam segi warna tema. Jika di halaman utama tema web berwarna merah, maka di halaman lain pun harus berwarna yang sama. Untuk tema web juga sebaiknya tidak boleh sering diganti, karena akan membuat pengunjung web kita bingung.
  2. Navigasi sederhana
  3. Penelusuran situs
  4. Teks yang ditulis dengan baik dan mudah dipahami
  5. Fitur yang bermanfaat

Selain itu, jangan lupakan desain web untuk versi seluler. Karena saat ini banyak user yang lebih banyak menggunakan seluler dalam mencari informasi. Desain versi seluler sebaiknya fokus pada navigasi dan halaman beranda, mudah untuk melakukan tugas, dan mudah untuk mengisi formulir. Desain website mobile friendly yang baik seharusnya:

  • Jangan gunakan gambar dengan size yang besar, karena akan membuat web kita berat dan sulit untuk diakses.
  • Sederhanakan design.
  • Pilihlah teknologi yang tepat.
  • Gunakan latar belakang sama.

Tips untuk mengatur situs web kita:

  • Gunakan nama dan label yang singkat dan deskriptif.
  • Pikirkan tentang pengunjung situs. Di mana dan bagaimana mereka akan mencari informasi.
  • Letakkan informasi terpenting di navigasi utama.

Setelah semua itu, konten merupakan inti dari situs Website kita, berikut tips membuat konten yang baik:

  1. Teks –> Gunakanlah kata kunci penting, awali dengan informasi penting, gunakan daftar point untuk memudahkan pembaca, dan terbitkan secara konsisten.
  2. Gambar –> Masukkan gambar yang fokus dan high resolution beserta ukuran dan format yang tepat. Selain itu, untuk menyempurnakan web sebaiknya gunakan gambar asli dan jika menggunakan gambar orang lain, wajib menyantumkan sumber gambar tersebut. Jangan lupa gunakan juga ALT (informasi gambar) saat mengunggahnya ke web, agar gambar kita terbaca oleh mesin pencarian.
  3. Video –> Dorong penonton untuk komen, ubah penonton agar menjadi subcriber, ubah pengunjung menjadi pelanggan online shop dengan konten video yang menarik dan bermanfaat.

Konten yang kita buat juga harus terdiri dari Konten yang berguna dan informatif, Konten lebih bernilai dan berguna dari situs lain, Konten dapat dipercaya, dan berkualitas, Konten menarik, Selalu diperbarui.

Jika semua yang saya jabarkan di atas sudah dilakukan, cek apakah website kalian memiliki kriteria ini:

  1. Loading halaman cepat, untuk mengecek kecepatan website kalian bisa coba di sini.
  2. Desaign mobile friendly
  3. Mudah diakses
  4. Navigasi mudah

Setelah semua itu, kalian harus mempromosikan website kalian dengan cara seperti berikut:

  • Cantumkan alamat website pada resi/kwitansi dan cetak bahan lainnya.
  • Gunakan email untuk komunikasi.
  • Ajukan ke konsumen yang merasa puas/senang untuk menulis ulasan.
  • Gunakan sosial media untuk menjalin hubungan dengan konsumen.

Sebenarnya masih banyak sekali ilmu yang saya dapat dari acara ini, saya bukan hanya belajar tentang tips membuat website yang efektif dan SEO beserta SEM saja. Namun, saya juga belajar juga cara membangun bisnis melalui web. Duh jadi ingin menjadi pengusaha hehe

Jadi apakah website kalian sudah efektif?

13 thoughts on “Kupas Tuntas Tips Membuat Website Yang Efektif Bersama Gapura Digital

  1. Siaap grakk!! Dicoba tipsnya teh dianti..hehehe, aku baru mulai belajaran bikin template yg full responsive baik di smartphone maupun komputer nih.. dan..apalah daya?! Wkwk,saya bukan programer handal.. begitu banyak code yg gak work saat saya aplikasikan.. huhu..
    *kok jadi curhat.. ~ah sudahlah abaikan.. –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *