TIPS & TRIK

Menulis di BRTnetwork, Bonus DA Cepat Naik

Posted on

Ada yang sudah tahu BRTnetwork? Itu lho yang pernah tranding topic di twitter dengan #bloggerruangtunggu.

Saya masih ingat betul, hastag tersebut awalnya keisengan anggota grup WA kemudian berlanjut di twitter sampai ramai ke mana-mana. Saat ini, Blogger Ruang Tunggu menjadi BRTnetwork. Bukan hanya meramaikan twitter, tapi merambah ke instagram, facebook, bahkan website.

Sebelum cerita lebih jauh tentang BRTnetwork, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapat dari Kelas Growthing tentang SEO Offpage.

Tentang SEO Offpage

Rabu, 16 September 2020 di Kelas Growthing ada materi tentang SEO Offpage. Jika sebelumnya dikasih materi tentang SEO Onpage oleh Mas Bahrul Ilmi, SEO Offpage dijelaskan oleh Mas Punto.

Kata Mas Punto, SEO Offpage adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Kalau onpage hanya berkutat pada faktor-faktor internal website, untuk offpage kebalikannya. Offpage perlu optimasi dari faktor-faktor eksternal.

Beberapa cara optimasi SEO Offpage

optimasi-seo-offpage

1. Membagikan tulisan di sosial media

Saya kira membagikan tulisan ke sosial media hanya untuk menambah page view saja, ternyata salah satu optimasi SEO Offpage. Jadi makin semangat membagikan tulisan di sosial media.

2. Membuat Google My Bussiness

Membuat akun di google my bussiness dan mengisi data lengkap, kemudian memasukan link website kita termasuk salah satu optimasi Offpage.

3. Listing Bisnis Terarah

Yang dimaksud listing bisnis terarah adalah website kalian terdaftar pada situs-situs seperti trip advisor, zomato, dan lain-lain. Nah kalau kalian punya akun di situs-situs tersebut jangan lupa masukan link blog kalian ya.

4. Brand Mention di Media On Line

Nomor 4 ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan mengadakan kampanye brand tertentu yang diberikan ke media online secara bersamaan.

5. Review/Testimoni

Review atau testimoni adalah memancing pelanggan untuk mengulas brand dari sesutau yang kita pasarkan. Bentuk ulasannya bisa di forum, trip advisor, google local guide, dan lain-lain.

6. Link Building

Link building salah satu cara yang sangat membantu menaikan posisi artikel kita di SERP. Banyak cara untuk menerapkannya, salah satunya menulis di website orang lain yang domain authority-nya lebih besar dari blog kita.

Sebenarnya ini salah satu cara termudah untuk optimasi SEO Offpage, kalian tinggal mencari website komunitas atau website sesama blogger yang menerima guest post gratis. Terus kalian mengrim tulisan kalian ke website tersebut.

Menulis di BRTnetwork Dapat Baclink Bekualitas Gratis

tampilan-utama-website brtnetwork
Tampilan websitenya

Salah satu website dengan domain authority yang sudah tinggi, dan menerima tulisan kalian adalah website BRTnetwrok.

Kalian bisa mengirimkan tulisan ke BRTnetwork secara gratis, bonusnya DA blog kalian juga akan naik. Kalian bisa cek sendiri berapa DA/PA website tersebut, pasti akan tercengang.

Cara Kirim Tulisan ke BRTnetwork

Untuk memudahkan kalian yang ingin mengirimkan tulisan ke BRTnetwork, saya beritahu tahapan-tahapannya.

1. Pastikan kalian sudah registrasi menjadi member

Sebelum mengirimkan tulisan kalian, pastikan kalian sudah menjadi member di BRTnetwork. Jika belum menjadi member, maka kalian tidak bisa mengirim tulisan.

tampilan-sebelum-login-di brtnetwork
Tampilan ketika akan submit post tapi belum login

Cara mendaftar menjadi member cukup mudah, kalian tinggal akses brtnetwork.id. kemudian scroll ke bawah, kalian akan menemukan menu untuk login dan di bawahnya ada pilihan user register.

Pilih user register, dan isi data lengkap kalian. Setelah itu tunggu email konfirmasi dari pihak BRTnetwork.

2. Buat Tulisan dan Siapkan Foto

Sambil menunggu email balasan dari tim BRTnetwork, kalian bisa mulai menyiapkan tulisan dan satu foto pendukung. Nanti setelah mendapatkan email, kalian tinggal submit.

3. Submit tulisan di BRTnetwork

Caranya mudah sekali, kalian tinggal login. Kemudian pilih menu yang ada di kanan atas, terus pilih member dan klik submit post. Nanti akan ada tampilan seperti ini

tampilan-submit-post-di brtnetwork
Tampilan form submit post

Mungkin kalian akan bingung di mana tempat untuk mengunggah foto. Tak perlu khawatir, kalian coba tulis saja dulu nanti akan ada menu untuk mengunggah foto setelah ada tulisan di kolom konten artikel.

Pastikan tulisan yang kalian kirim bukan hasil copast dari tulisan orang lain ya, karena tim BRTnetwork akan mengetahuinya. Selain itu, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan blog kita.

Setelah submit post, kalian tinggal menunggu hasil tulisan kalian tayang di websitenya.

Bagaimana? mudah bukan? jadi tunggu apa lagi, yuk kirimkan tulisan terbaik kalian ke tim BRTnetwork dan dapatkan bonus naik DA.

Ikuti Kelas Growth Premium

Kalian yang sudah membaca tulisan saya sebelumnya tentang Alasan Menulis Blog, Belajar SEO, dan Kelas Growthing, pasti sudah tahu kalau saat ini saya sedang mengikuti kelas selama sebulan.

Jadi ingat beberapa hari lalu sempat belajar tentang fotografi dari Teh Gemaulani, dan belum sempat ditulis di blog ini. Tulis jangan nih?

Oh ya, banyak juga yang bertanya bagaimana sih caranya ikut Kelas Growthing. Sayangnya kelas yang saya ikuti ini kelas terakhir di tahun 2020, tapi kalian tak perlu khawatir karena kalian bisa mengikuti Kelas Growthing Premiun.

Cara daftarnya kalian tinggal klik gambar di bawah ini

coaching seo di brtnetwork

Selamat belajar dan terus belajar semua 🙂

10 thoughts on “Menulis di BRTnetwork, Bonus DA Cepat Naik

  1. Sarahjalan_

    September 21, 2020 at 5:44 PM

    Saya juga udah terdaftar sebagai member, namun belom ada setor tulisan di sana…baca tulisan mbak, jadi mau mencoba juga…mudahan lolos dan antriannya gak kayak ular kadut..

    1. Antin Aprianti

      September 22, 2020 at 7:53 PM

      Ayo Mbak kirim tulisan, lumayan banget buat backlink

      1. Raya

        September 22, 2020 at 8:43 PM

        Wowww keren banget penjelasannya tin, aku yg gak paham apa2 ttg blogging jd lumayan ngerti tentang apa itu optimasi SEO Offpage even baru dikit…tp lumayan lahh…btw Tin, ini untuk jadi member BRTnetwork kudu punya tld dlu apa bisa yg masih gratisan pake blogspot?

        1. Antin Aprianti

          September 22, 2020 at 10:38 PM

          Makasih kak, Raya.
          Harus TLD kak, biar dapet backlink buat naikin DA PA

  2. Fenni Bungsu

    September 21, 2020 at 6:10 PM

    Menulis di BRTnetwork memang sesuatu ya, bisa meningkatkan skill menulis juga

    1. Antin Aprianti

      September 22, 2020 at 7:53 PM

      Iyes kak, lumayan dapet backlink berkualitas gratis

  3. Esti

    September 21, 2020 at 9:01 PM

    Lihat Antin sekarang makin keren euy.. tulisan-tulisannya menginformasi dan menginspirasi. Jadi malu sama diri sendiri yg (masih) kebanyakan alasan 😅

    1. Antin Aprianti

      September 22, 2020 at 7:52 PM

      Iya oh nggak mulai-mulai nih Kak Esti, ayo dong mulai yuk

  4. Ning!

    September 22, 2020 at 8:43 PM

    Sekali lagiiii, info yang sangat bermanfaat banget buat DA aku yang masih menyedihkan. Haha… Aku coba mau daftar ah. Makasih Antin 🤗

    1. Antin Aprianti

      September 22, 2020 at 10:38 PM

      Sama-sama, Kak. Yuk daftar yuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!