drama korea 1 - diantin.com
GADGET

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menonton Drama Korea

Posted on

Sejak zaman SMP, saya sudah mulai menyukai drama korea. Full House merupakan drama korea pertama yang saya tonton, dan sukses membuat saya ketagihan menonton drama korea.

Boys Before Flowers, Dream High dan lain sebagainya sukses membuat saya makin candu menonton drama korea. Menurut saya semua drama korea dibuat dengan sungguh-sungguh, ditambah dengan alur cerita yang menarik dan sulit ditebak.

Apalagi profesi yang dibahas di drama korea selalu dideskripsikan secara detail. Hal itu membuat saya tahu bagaimana pekerjaan polisi, jaksa, hacker dan berbagai profesi lainnya dari drama korea yang saya tonton.

Misal, saya pernah menonton drama korea yang berjudul Princess Prosecutor. Di drama ini digambarkan bagaimana pekerjaan seorang pengacara dan beratnya pekerjaan seorang jaksa. Suka duka mereka dalam pekerjaan diperankan dengan apik oleh pemainnya dan dikemas dengan alur cerita yang seru, membuat saya hanyut dalam isi cerita drama ini.

Karena kecanduan saya dengan drama korea semakin parah, saya pun selalu mempersiapkan 5 hal ketika akan menonton drama korea.

1. List Drama Korea dan Cemilan

Sebelum menonton drama korea, biasanya saya membuat list drama apa saja yang sedang ramai dibicarakan.

list menonton drama korea - diantin.com
List drama yang saya siapkan

Dari beberapa list biasanya saya kepoin dulu ulasannya, mana yang lebih seru di antara list judul yang saya buat. Setelah itu baru menentukan satu drama yang akan saya tonton terlebih dahulu sampai selesai.

Masalah list judul selesai, biasanya saya juga menyiapkan cemilan. Rasanya kurang afdol jika menonton tanpa cemilan, kalau kalian tipe menonton sambil nyemil atau nggak nih? Kalau saya sih jelas tim nyemil hehe

Cemilan yang biasa saya siapkan chiki-chiki dan beberapa biskuit, tapi kadang juga buah-buahan. Ini tergantung stok cemilan yang ada di rumah aja sih.

2. Laptop atau smartphone

Sudah tahu mau nonton apa, cemilan juga sudah siap. Jangan lupa menyiapkan perlatan untuk menontonnya, biasanya saya menggunakan laptop atau smartphone.

peralatan menonton drama korea - diantin.com
Sumber gambar: rawpixel.com

Saya pribadi lebih suka menonton di laptop karena layarnya lebih besar, jadi saya bisa melihat roti sobek oppa-oppa korea dengan jelas 😀

Namun, terkadang saya juga menonton drama korea di smartphone. Kalau ini seringnya saya lakukan ketika berada di kendaraan umum, daripada bosan biasanya saya lebih memilih menonton di smartphone.

Mau menonton di laptop atau di smartphone tergantung kalian saja lebih nyamannya gimana, yang penting tidak ketinggalan menonton drama kesayangan kalian 🙂

3. Charger

Lagi asik menonton tiba-tiba laptop atau smartphone mati, ini menyebalkan sekali loh. Nggak mau kan kejadian seperti itu. Makanya, sebelum menonton drama korea biasanya saya menyiapkan charger juga.

Taruh charger sedekat mungkin, jadi ketika laptop atau smartphone memberikan tanda-tanda sekarat saya tidak perlu repot lagi. Bisa mudah menjangkaunya dan langsung mengisi baterai laptop atau smartphone tanpa menunggu mati, sesi menonton jadi tidak terpotong deh.

4. Posisi Menonton Yang Nyaman

Menonton drama korea itu bikin candu, biasanya di akhir episode selalu membuat penonton penasaran. Jadi tidak mungkin menonton hanya satu episode saja, apalagi jika drama tersebut sudah sampai episode akhir.

Biasanya saya nonton sampai berjam-jam, malah pernah sampai lupa waktu. Seharian hanya menonton drama korea saja, dan tahu-tahu sudah lewat tengah malam. Kalo ini jangan dicontoh ya, nggak baik untuk kesehatan mata kalian.

Karena itulah mencari posisi menonton yang nyaman juga perlu, nggak mungkin kan menonton berjam-jam dengan posisi duduk di kursi dan meja seperti sedang mengerjakan tugas. Ini posisi menonton menyiksa, apalagi jika berjam-jam.

Saya biasanya menonton di kamar sambil tiduran di kasur, ini posisi yang nyaman untuk saya. Saya bisa bebas mau duduk, tiduran atau tengkurap. Jika mulai pegal biasanya saya akan berganti-ganti posisi saja.

5. Kuota Internet

Dari semua hal yang harus disiapkan ketika akan menonton drama korea, nomor 5 inilah yang paling penting. Gimana caranya bisa menonton jika tidak punya kuota internet, betul nggak?

Kuota internet merupakan hal paling penting yang sering digalaukan oleh pecinta drama korea, mau tetap menonton drama kesayangan tapi fakir kuota. Jika satu episode bisa sampai satu atau dua jam, kebayang ya berapa Giga Byte kuota internet yang harus dihabiskan untuk 16 atau 20 episode drama korea.

Saya pun sering menggalaukan hal yang sama, tapi itu dulu. Sekarang saya sudah menemukan solusi untuk masalah itu. Kalian yang suka menonton drama korea juga mau tahu solusinya? Sini-sini saya bisikin.

Jadi, bulan kemarin Advan baru saja meluncurkan smartphone terbaru dengan tipe S50 4G unlimited yang dibundling dengan IM3 Ooredoo.

Menonton drama korea - Advan S50 4G Unlimited - diantin.com
Penampakan Advan S50 4G Unlimited | Sumber gambar: Advandigital.com

Keunggulan Advan S50 4G unlimited adalah gratis akses YouTube dan sosial media selama 24 jam dalam setahun (unlimited). Ditambah dengan kuota tambahan 12 GB selama setahun untuk browsing dan download. Kebayang dong dengan kuota sebanyak itu, kita nggak bakal fakir kuota lagi dan bisa tenang menonton drama korea kesayangan. Untuk spesifikasi cek di sini.

Menonton drama korea - Benefit Advan S50 4G Unlimited - diantin.com
Benefit Paket Bundling Advan S50 4G Unlimited

Nah, solusi saya tetap tenang ketika menonton drama korea ya Advan S50 4G unlimited ini. Saya bisa menonton drama korea sampai beberapa episode tanpa harus khawatir dengan kuota internet.

Itulah 5 hal yang harus saya siapkan sebelum menonton drama korea. Kalau kalian menyiapkan apa saja sebelum menonton drama korea? Share di kolom komentar ya, siapa tahu tipsnya bisa saya tiru.

Selamat menonton drama korea kesukaan kalian 🙂

Antin Aprianti

32 thoughts on “5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menonton Drama Korea

  1. Laily

    November 22, 2018 at 1:40 PM

    Wah ini termasuk me time nih, saya biasanya nunggu anak2 tidur dulu kalau mau nonton film kesukaan, biasanya ya malam, sekalian sedia cemilan berat, soale pasti laper..hihii.

    1. Antin Aprianti

      November 22, 2018 at 10:33 PM

      Yes mbak, ini salah satu me time aku juga. Cemilan berat aku paling mie instan atau roti sih 😁

  2. Renidwiastuti

    November 22, 2018 at 4:33 PM

    Sudah luaaammmaaa banget nggak nonton drakor, padahal kalau sudah nonton seneng juga. Terakhir nonton pas kapan aja aku sudah lupa wkwkwkwk…
    Harus nyempatin waktu kalo emang niat nonton, tapi ya nggak diniatin juga…

    1. Antin Aprianti

      November 22, 2018 at 10:31 PM

      Sekalinya nonton suka.bikin lupa waktu ya mbak 😅😅

  3. Fenni Bungsu

    November 22, 2018 at 7:40 PM

    Daku juga suka sama 49 days, gara gara lihat lee yo won main di Great Queen Seondeok. Dan sebenarnya sukaknya sama yang tradisional gitu, soalnya make up nya cakep 😊

    1. Antin Aprianti

      November 22, 2018 at 10:31 PM

      49 Days sedih ya kak, aku hampir semua drakor suka. Ceritanya seru sih.

  4. Tetty Hermawati

    November 22, 2018 at 8:05 PM

    Yaa ampun.. itu foldernya buanyakkk bgtttt. Aku belum ada stock lagi. Inget waktu nonton I can hear your voice sampe jam 3 pagi, wkwkwk

    1. Antin Aprianti

      November 22, 2018 at 10:30 PM

      Iya koleksi dari lama, Mbak. Itu sebagian udah dihapus-hapusin.

      Ah iya akupun suka i can hear your voice, emang nonton drakor mah bikin lupa waktu ya mbak 😅😅

  5. CatatanRia

    November 23, 2018 at 8:19 AM

    Lumayan ya mba si advan ini, ini gratis youtube dan sosmed nya juga satu tahun? Kalau iya untung banget yaaa.

    1. Antin Aprianti

      November 23, 2018 at 8:46 AM

      Iya mbak gratis youtube dan sosmed setahun juga.

  6. Keke Naima

    November 23, 2018 at 11:05 AM

    Kuotanya free selama setahun. Ini sih bisa bikin saya jejingkrakan karena senang

  7. Dwi Puspita

    November 23, 2018 at 11:14 AM

    Wah asik ya kalau ada hape yang bandel banget buat ngeyoutuban. Apalagi kuota penuh…bakalan betah nonton drama Korea…

  8. Tika Samosir

    November 23, 2018 at 11:46 AM

    Drama korea yang romantis dilist foldernya yang mana mba?
    Jadi pengen download aku baru selesai nonton Devilihs Joy

    1. Antin Aprianti

      November 23, 2018 at 9:04 PM

      Itu ada beberapa mbak. Doctors, The Heirs, The Legend of The Blue Sea juga romantis kok.

  9. Siti Faridah

    November 23, 2018 at 1:21 PM

    Kalau aku lebih suka nonton video klip boy band dan girl band Korea. Kita kok samaan ya. Aku pertama kali nonton Drama Korea jaman SMP. Kelas 9 SMP deh kayaknya pas tahun 2010.

    1. Antin Aprianti

      November 23, 2018 at 9:05 PM

      Waah sama, tos dululah kita Mbak 😀

  10. Dian Restu Agustina

    November 23, 2018 at 1:33 PM

    Dulu bangetss ngikuti Drakor.. Pas masih berseri tayang di tipi. Sejak rajin ngeblog sudah enggak lagi..
    Hihihi
    Faktor U mungkin
    Tapi saya suka Drakor ini… Selalu ada pesan moral dan relatif sopan

    1. Antin Aprianti

      November 23, 2018 at 9:06 PM

      Iya bener mbak, selalu ada pesan dan emang alur ceritanya pun seru.

  11. Miranti | jendelakeluarga.com

    November 23, 2018 at 7:58 PM

    Banyakkk yaa list drama koreanyaa, satupun ga ada yg ku hapal haha.. Dulu jaman masih single hepi banget kalo udah deket wiken, mulai siap2in fmfil dvd terbaru dan cemilan yg banyakss hihi, skrg ya ga mungkin lagi sih hmm hmmm

    1. Antin Aprianti

      November 23, 2018 at 9:07 PM

      Hahah iya mbak itu listnya dari zaman lama masih nggak tega buat hapus, saking sukanya sama drama korea 😂😂

  12. April Hamsa

    November 24, 2018 at 9:57 AM

    Kuota internet pastiiii haha. Gak enak banget kalau pas enak2 nonton eh kuota abis, mati haha.
    Wah enak banget ya Advan ini bisa dapat kuota inet gratis setahun

  13. Faradila Putri

    November 24, 2018 at 10:58 AM

    Banyak banget mbaak drakornya, mau dong! Hihihi. Kayanya kuota internetnya kenceng dan unlimited banget ya 😀

    1. Antin Aprianti

      November 25, 2018 at 8:19 PM

      Sini mbak main, kita tukeran drama korea 😁😁

  14. Inka Paramita

    November 24, 2018 at 10:27 PM

    Kalo aku drakor favoritnya My Secret Romance sama D Day ! Haha candu parah. Tapi biasanya lebih suka nonton di TV kabel sih. Kadang suka liat orang orang di kereta daripada bete enakan nonton drakor dari Smartphone yaa hihi.

    1. Antin Aprianti

      November 25, 2018 at 8:20 PM

      Iya di busway juga gitu mbak, banyak yang nonton drama korea di smartphone.

  15. Antung apriana

    November 25, 2018 at 3:19 AM

    Aku juga nih penggemar drama korea. Apalagi sekarang juga gampang banget buat bisa nonton drama korea yang lagi tayang. Tinggal siapin kuota internet aja deh bisa nonton drakor yang disuka

    1. Antin Aprianti

      November 25, 2018 at 8:23 PM

      Bener banget mbak, sekarang serba mudah kalo punya kuota.

  16. Rach Alida Bahaweres

    November 25, 2018 at 11:54 AM

    Wow keren abnget sampai ada ist drama korea yang harus ditonton. Hahha. Aku biasanya nonton drakor ya aku lihat saja mba mana yang paling direkomendasikan. Tapi tipsnya mau aku coba ah

    1. Antin Aprianti

      November 25, 2018 at 8:22 PM

      Aku mah anaknya emang gitu mbak, harus ada pilihan dulu hehe
      Selamat mencoba, mbak 😊

  17. Bunga

    November 26, 2018 at 12:30 PM

    Weee unlimited access iflix nya nampak menarik syekaliii hahaha mupengnya krn itu coba

  18. Advan S50 4G Unlimited, Smartphone Kekinian | Diary Antin

    Oktober 25, 2019 at 12:03 PM

    […] sela-sela waktu luang, saya suka membaca buku dan suka kepoin tentang gadget. Terutama […]

  19. Rekomendasi Tempat Nongkrong K-Pop di Jakarta | Diary Antin

    Januari 18, 2020 at 10:49 AM

    […] korean food. Jadi nuansa Korea-nya akan semakin lengkap. Saya juga menantikan ada acara nonton drama korea bersama di Zona Korea Creative […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hay, nggak boleh ya !!