EVENT

Bincang Seru Tentang Traveling Bareng Detik Travel

Waktu libur bekerja tidak membuat saya berdiam diri saja di rumah. Seperti hari sabtu ini, 24 Maret 2018. Saya menghadiri salah satu acara yang diselenggarakan oleh Detik Travel. Acara yang disponsori oleh tiket.com ini, diadakan di Ice Palace Lotte Shopping Avenue dengan mengusung tema “d’Traveler Gathering: Tips Asyik ke Manapun”.

Bintang tamu yang mengisi acara detik Travel ini diantaranya, Fitraya Ramadhani (Redaktur Pelaksana detik Travel), Nadila Fitria (Host Jazirah Islam Trans7), Dayu Hatmanti (Travel Blogger), Yessy Yani Agus (Head of Production Dept. My Trip My Adventure) dan Marshall Sastra (Host MTMA dan Traveler).

d’Traveler Gathering merupakan kegiatan komunitas detik Travel dan masyarakat umum yang suka traveling, kumpul bareng dan ngobrol seru tentang traveling.

Baca Juga : Diskusi Santai Tentang Pendakian Gunung dari Sudut Pandang Medis Bersama RS Firdaus dan Komunitas Backpacker Jakarta

Tips Traveling yang Asik ala detik Travel

Sesi pertama di acara d’traveler gathering siang ini, diisi oleh Mas Fitraya Ramadhani selaku Redaktur Pelaksana detik Travel. Mas Fitraya akan berbagi tips traveling asik ala detik Travel, tapi sebelum itu Mas Fitraya menjelaskan sedikit tentang detik Travel.

Detik Travel lahir pertama kali pada November 2011, sebagai situs berita traveling nomor 1 di Indonesia. Dengan rata-rata 1,2 juta pageview per hari, wah banyak juga ya. Selain itu, Mas Fitraya juga mengajak kita semua untuk bergabung di komunitas d’traveler.

detik travel 1

Mas Fitrayah sedang memberikan tips traveling asik

Cara menjadi d’traveler sangat mudah, kita cukup daftar menggunakan account facebook, google plus atau alamat email. Setelah itu, kita bisa langsung membuat tulisan di akun detik Travel kita. Nah untuk kalian yang tertarik bergabung menjadi komunitas d’Traveler bisa daftar di sini.

Mas Fitrayah juga memberikan tips traveling asik ala detik Travel, di antaranya:

  1. Jangan jadi turis, berbaurlah.
  2. Nongkrong dan ikut seru bareng warga.
  3. Jajal adrenalin.
  4. Menembus batas (tapi enggak boleh sombong)
  5. Tetap aktif.
  6. Datang ke tempat yang kamu suka (mesti yang lain enggak suka).
  7. Coba ke pasar. Kenapa pasar? karena setiap daerah mempunyai pasar tradisional yang menjual buah-buahan, sayuran, dan makanan yang berbeda di setiap daerah. Bahasa yang mereka gunakan pun pasti akan berbeda. Pasti akan memberikan pengalaman yang menarik, karena kita bisa mencicipin dan melihat langsung interaksi orang daerah sekitar yang sedang berbelanja.
  8. Cari yang gratis. Siapa yang tidak mau gratisan, begitu juga tempat wisata. Sebenarnya banyak tempat wisata yang keren dan gratis.

“Traveling tidak sekedar menjadi turis, berbaur juga dengan masyarakat lokal. Jangan menjaga jarak dengan masyarakat lokal.” Fitraya Ramadhani

Baca juga: Kilas Balik 2017: Berlibur Bersama Keluarga di Darajat Pass Garut

Sharing Pengalaman Traveling ke 15 Negara

Pada sesi kedua di acara detik Travel, diisi oleh Mbak Nadila Fitria (host program Jazirah Islam Trans7) yang akan berbagi pengalamannya bertemu dengan beragam suku yang inspiratif selama syuting di 15 Negara.

detik travel 3

Mbak Nadila bercerita kalau dia pernah naik unta selama tiga jam di Gurun Sahara. Gimana rasanya? pegal sekali. Untuk beberapa tempat yang dikunjungi Mbak Nadila, ada yang tidak mau menggunakan Bahasa Inggris untuk berinteraksi. Jadi Mbak Nadila menggunakan guide lokal, untuk menghubungkan pembicaraan dengan narasumber. Enaknya menggunakan bahasa lokal ini adalah kita bisa menambah wawasan mengenai bahasa setempat, setidaknya beberapa kata kita bisa hafal

Mbak Nadila juga memberikan tips untuk traveler yang ingin jalan-jalan ke Negara yang penduduknya minoritas muslim:

1. Bawa obat-obatan pribadi
2. Untuk yang Muslim, carilah menu vegetarian
3. Jangan sungkan bertanya
4. Carilah penginapan yang ada dapur.

“Aku selalu membawa obat-obatan pribadi yang emang aku butuhin. Juga untuk makan, lebih amannya aku sarankan untuk cari menu vegetarian.” Nadila Fitria 

Baca juga: Bermain dengan Biota Laut di Seaworld Ancol

Komunitas d’traveler dan Sobat Jalan

Sesi ketiga di acara detik Travel, dilanjutkan dengan cerita tentang komunitas d’traveler dengan salah satu perwakilan anggota dari komunitas d’traveler.

Setelah itu, dilanjutkan dengan bincang-bincang asyik bersama Dayu Hatmanti, salah satu influencer traveling sekaligus brand ambassador tiket.com.

Hari semakin sore, tapi acara hari ini semakin ramai dengan adanya hiburan musik humor dari Putri Chaniago dan pembagian doorprize. Putri Chaniago ini gokil sih, dia bisa menirukan suara penyanyi-penyanyi top dan suaranya keren banget. Semua yang hadir di acara detik Travel terhibur oleh kehadiran Putri Chaniago.

Yessy Yani Agus dan Marshall Sastra Berbagi Pengalaman Saat Syuting MTMA

Narasumber di akhir acara detik Travel hari ini, ada Mbak Yessy Yani Agus (Head of Production Dept. My Trip My Adventure) dan Marshall Sastra (Host MTMA & Traveler) yang berbagi pengalamannya saat syuting MTMA (My Trip My Adventure).

Awalnya, sebelum menghadirkan Marshall Sastra, Mbak Yessy bercerita tentang cerita di balik layar MTMA. Mbak Yessy ini orangnya seru banget, selama dia bercerita kami semua dibuat tidak berhenti tertawa. Setelah cukup lama bercerita, Mbak Yessy baru memanggil Marshall. Yap inilah bintang tamu yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh sebagian orang.

Marshall Sastra bercerita tentang ketakutannya akan ketinggian. Namun, dia tidak mau kalah dan harus melawan ketakutannya tersebut. Akhirnya dia bisa dan sekarang sudah mendapatkan license sebagai sky diver. Wah keren ya 🙂

Marshall dan Mbak Yessy juga bercerita tentang pengalamannya pada saat syuring di pulau di bagian wilayah timur, mereka lupa nama pulaunya. Namun, Pulau tersebut sangat gersang, dan berada di atas terumbu karang. Mereka bertemu kambing yang memakan kertas. Sungguh mirisnya ketika mereka bercerita tentang ini 🙁

Marshall Sastra juga memberikan tips seru untuk traveler biar makin asyik:

1. Kenali potensi diri.
2. Selalu jaga dan lestarikan alam, serta budaya di manapun berada.
3. Jaga stamina dan kesehatan.
4. Istirahat dengan maksimal.
5. Pergilah dengan orang yang berjiwa asyik.

***

detik travel 2

Nah seru kan acara d’Traveler Gathering yang diadakan oleh Detik Travel dan Tiket.com ini. Jadi untuk kamu yang kemarin ketinggalan informasi dan tidak sempat hadir, tahun besok coba daftar dan hadir deh. Daripada libur kerja hanya di rumah saja hehe…

 

16 thoughts on “Bincang Seru Tentang Traveling Bareng Detik Travel

  1. Haduh kudet saya…..
    Ga tau kalo ada event semenarik ini,

    Buat nambah wawasan and buat nambah pamer di sosmed 🤗🤗. Ya elah baru (mau) ikut event aja dah sombong duluan hihihihi

    Itu acaranya free apa bagaimana mba

  2. Terimakasih Kak Antin, berbagi pengalaman seru dari bincang seru yang diadakan detik travel. Tips nya keren dan asik pisan euy… Jadi kapan kita trip bareng?

  3. Perwakilan d’Traveler itu namanya Mbak Rani, ketua komunitasnya..
    Anyway c Dayu itu sebenarnya influencer dh, gw agak bingung disebut travel blogger.. 😁😁

      1. Hhaha.. Iya, gw gk kesana tp ngikutin acaranya dr WAG krna gw jg d’Traveler dan liat bu ketua nampil d panggung.. 🙈🙈

        Mungkin cmn gimmick atw promosi. Dayu itu miss scuba international dan dulu pernah jd prsenter acara kompas tv. Akhir thn kmaren malah sempet ngetrip bareng dia. Wkwkwk..

  4. Tips dari nara sumber di acara seru ini … bener banget.
    Kalau travelling, paling seru tuh berbaur dengan penduduk setempat.
    Ngobrol2 dengan mereka jadi nambah wawasan yang kita datengin dan nambah temen tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *