EVENT

Tips Agar Konsistensi dalam Menulis Blog

1000 Buku Untuk Anak Indonesia

Sabtu siang itu, 25 Maret 2017 saya beserta teman kantor sengaja izin setengah hari dari kantor karena ingin mengikuti acara Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta (KUBBU BPJ). Pada saat itu, Kubbu sedang mengadakan acara 1000 buku untuk anak Indonesia dengan tema “Berbagi Buku, Berbagi Semangat dan Inspirasimu”. Oke baiklah, jadi apa hubungannya dengan konsistensi dalam menulis blog? Sabar sabar, nanti kalian akan tahu apa hubungannya.

Acara tersebut diadakan di Pasar Hobi 2017 Lantai 3A Pusat Grosir Cililitan, acaranya berlangsung setiap hari sabtu dan minggu selama bulan Maret ini. Kebetulan minggu ini adalah minggu terakhir dan untuk memeriahkan acaranya, pada hari sabtu Kubbu membuka stand dan menyelenggarakan 4 acara yang dimulai dari jam 11.30-17.30 wib.

Nah untuk acara di sesi pertama ini harusnya mulai dari jam 11.30 – 12.30 wib, eh tapi ko saat saya datang masih sepi-sepi saja. Panitia acara pun masih sibuk beres-beres tempat, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 lebih. Emmmm seperti kurang persiapan, atau mungkin karena faktor hujan juga jadi acaranya ngaret. Sekitar pukul 12.30 wib acara baru dimulai, sangat disayangkan padahal narasumbernya sudah datang tepat waktu.

Acara pada sesi pertama ini bertema “Konsistensi dalam Menulis Blog”. Narasumbernya Mba Yayat, Kompasianer of the year 2016. Untuk kalian yang belum tahu tentang Mbak Yayat, langsung saja kepoin blognya di www.daffana.com atau di twitternya @daffana dan IG @da_ffana.   

Baca juga : Kupas Tuntas Tips Membuat Website Yang Efektif Bersama Gapura Digital

Konsistensi Dalam Menulis Blog

Akhirnya setelah menunggu lama acara pun dimulai, pertama-tama Mbak Yayat memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum mengupas tuntas tentang Konsistensi dalam Menulis Blog.

“Menulis itu membiasakan otak kita untuk berfikir.” Mbak Yayat

Saya setuju dengan apa yang dibilang oleh Mbak Yayat tentang hal itu, bahkan dari buku yang pernah saya baca, membaca dapat mengurangi kepikunan juga. Jika kita membaca buku, maka kita akan mendapatkan berbagai informasi. Sedangkan dengan menulis kita yang berbagi informasi, seperti halnya mengulas atau menulis tentang perjalanan kita ke suatu tempat. dengan begitu orang yang belum membaca buku itu atau akan berkunjung ke tempat yang kita review jadi mendapatkan informasi karena tulisan kita. Menulis juga memudahkan networking dan mendapatkan personal branding serta akan mengetahui lebih dulu tentang informasi.

Setelah membahas tentang manfaat menulis, mba yayat membahas tentang kiat menulis yaitu tulis apa yang kita lihat dan apa yang kita pikirkan, ya sesuatu yang kita lihat atau yang kita pikirkan bahkan apa yang kita rasakan bisa ditumpahkan menjadi tulisan yang bagus jika kita niat. menulis adalah sharing informasi, dengan meulis kita memberikan informasi yang mungkin belum orang ketahui. nikmati dan jangan jadi paksaan, menulis adalah hobi dan kesenangan jadi jangan pernah menganggap menulis adalah sebuah keterpaksaan untuk kita. blog walking dan membaca untuk meningkatkan kemampuan, udah pasti kalo kita mau nambah ilmu otomatis kita harus sering membaca blog (Blog Walking) dan buku-buku sebagai referensi .

Nah yang terakhir adalah point dari pembahasan kali ini yaitu cara agar konsisten menulis yaitu ingat tujuan menulis adalah sharing sesuatu yang orang lain belum tau, berbagi itu tidak harus dengan materi karena berbagi informasi pun luar biasa bermanfaat untuk orang lain. Tulis topik yang kita sukai, buat target posting blog karena dengan membuat target menulis itu akan memotiviasi diri sendiri (gue punya target aja bolong terus, gimana ga punya target 😀 , networking dan punya bank ide atau bank foto jadi ketika mentok ga ada ide buat posting kita bisa posting berdasarkan foto-foto yang tersimpan rapih di galeri kita.

mbak-yayat-sedang-membicarakan-tentang-konsistensi-dalam-menulis-blog

Setelah pembahasn tema hari ini, mba yayat juga memperbolehkan untuk kita bertanya dan untuk pertanyaan pertama gue rada lupa karena pertanyaannya cukup panjang nah untuk pertanyaan kedua

2. Bagaimana tips membuat review buku tanpa menjadi spoiler dan menyinggung penulisnya ?

kata mba yayat janganlah menjadi spoiler, buatlah review dengan menceritakan sebagian dari inti cerita tapi jangan pernah bocorkan endingnya, buatlah pembaca penasaran dengan akhir ceritanya dan diakhir berikanlah opini kita tentang kelebihdan dan kekurangan dari buku tersebut.

3. Bagaimana cara membuat judul yang bagus ?

Menurut kang maman ILK, membuat judul itu ada 2 macam. Yang pertama menyampaikan pesan dan yang kedua membuat orang antipasti tapi lebih baik yaitu menyampaikan pesan tulisan jangan bikin orang antipasti meski saat ini provoaktif itu laku. Membuat judul juga tidak harus diawal menulis, kita bisa menuliskan dulu ide yang ada kemudian membaca kembali tulisan kita dengan begitu kita dapat mengambil judul dari inti tulisan kita.

4. Jika ingin membuat blog lebih baik menggunakan blogspot atau wordpress ?

Menurut mba yayat keuntungan menggunakan blogspot adalah ketika kita ingin membeli domain, kita tidak perlu membeli hosting karena blogspot menempel dengan google sedangkan jika kita menggunakan wordpress, ketika kita ingin membeli domain maka kita juga harus membeli hosting. blogspot juga mudah dalam mendesign kebanding wordpress (kalo ini gue kurang setuju karena dulu pernah nyoba pake blogspot dan gue bingung ngedesign nya)

Nah setelah selesai tanya jawab panitia Kubbu juga memberiakan hadiah untuk pertanyaan terbaik, selamaaatt !!!!

Pendapat gue tentang acara ini :

sebenernya tema dari acara ini sangat bagus dan pembahasan yang dikupas tuntas oleh mba yayat ini juga sangat menarik dengan pembawaan mba yayat yang santai jadi ga bikin ngantuk tapi sangat disayangkan acara sebagus ini yang datang tidak sesuai dengan prediksi gue, yang hadir diacara ini sangat sedikit ntah karena kurang promosi atau kurang peminatnya karena tentang menulis. Sejujurnya cukup miris melihat anak-anak sekarang kurang berminat untuk membaca ataupun menghadiri acara-acara seperti ini, padahal acara ini diadakan di area terbuka tapi mereka lebih asik melihat-lihat yang lain dan asik dengan gadget nya dibandingkan dengan mendengarkan acara seperti ini.

Saran gue untuk Kubbu sering-sering bikin acara kece kaya gini cuman lain kali alangkah lebih baik jika on time yaa 😀

24 thoughts on “Tips Agar Konsistensi dalam Menulis Blog

  1. kalau Blog, gw lebih suka diadain di dalam kelas.. iya.. dalam kelas yang biasa diadain sama Kubbu setiap 2 bln sekali itu. Bukan untuk di ruang publik seperti PGC Lt.3A 😀 karena ketika di dalam kelas, semua fokus ke depan dan langsung praktek di depan laptop masing-masing. dan acara sesi Blog dalam kelas pun waktunya sangat panjangggg. Biasa mulai jam 10.30 s/d 16.00 ini pun masih ada acara sesi tanya jawab. kalau belum diusir sama pemilik tempat. kita belum bubar hahaha

    1. iyaa setuju kalo emang mau belajar serius dan langsung praktek memang harus dalam kelas jadi fokus tapi kalo untuk sekedar sharing dan nambah informasi acara kemaren juga keren Mba

  2. masuk kubbu yukk (japri aku lg dong)
    di Kubbu suka ada share info-info pelatihan yang diadakan sama komunitas-komunitas blogger besar. kita suka gabung ke sana untuk materi-materinya 😀 kadang ada pelatihan yang diselenggarakan Free atau berbayar (biasanya dengan harga terjangkau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *