EVENT

Yayasan Lara Adam Mulya SLB ABCD

Sabtu, 21 Maret 2015

Hari ini saya berkesempatan untuk mendatangi salah satu yayasan yang ada di Bandung, nama yayasan tersebut Yayasan Lara Adam Mulya SLB ABCD Caringin Kota Bandung. Yayasan ini dipimpin oleh Bapak Tatang, beliau seorang tuna netra dengan hati yang luar biasa tulus.  beliau menghibahkan tanahnya yang tidak terlalu luas itu untuk dijadikan yayasan agar anak-anak istimewa disekitar kampungnya bisa mendapatkan pendidikan seperti layaknya anak-anak yang lain.

Awal mula berdirinya yayasan ini karena keprihatinan pak tatang dan alm pak ade yang melihat banyak anak istimewa yang masih kurang mendapatkan perhatian khusus seperti pendidikan, jadi mereka mendirikan yayasan ini. Bermodalkan niat tulus dan iklas ingin membantu anak-anak luar biasa di sekitar kampungnya berdiri lah Yayasan Lara Adam Mulya ini, yayasan dengan bangunan bertingkat yang sederhana, jumlah kelas yang terbatas dan sempit. Yayasan ini berdiri tahun 2003 dengan tujuan memberikan pelayanan pendidikan pada anak-anak Tuna Netra, Tuna Rungu / Tuna Wicara, Tuna Grahita dan Tuna Daksa

L[1]

Terus ko loe bisa tau yayasan ini tin ? 

Yaa mungkin banyak yang heran pas saya BC untuk minta sumbangan kertas bekasnya soalnya yayasan ini ada di bandung sedangkan saya nya aja tinggal di jakarta. Jadi awalnya saya tau yayasan ini dari salah satu temen dikantor yang pernah donasi untuk pak tatang dan ternyata pak tatang ini pernah di wawancarai salah satu radio makanya orang kantor gue tau dia. Setelah beberapa hari orang kantor gue donasi ke pak tatang, pak tatang nelpon lagi ke kantor gue. Beliau minta kertas bekas untuk anak-anak tuna netra yang belajar huruf braille, setelah mendapat telpon tersebut kita pun berinisiatif untuk meminta bantuan temen-temen yang lain karena jika hanya mencari kertas bekas dikantor saya kan ga banyak. dan setelah seminggu berjalan begitu banyak temen-temen yang ikut mendonasikan kertas, pakaian layak pakai, sembako dan juga uang.

PhotoGrid_1428150638577[1] PhotoGrid_1428150205070[1]Terima kasih untuk para donatur

Setelah semua donasi yang dikumpulkan dirasa cukup kami pun ke bandung untuk mengunjungi pak tatang dan melihat sekaligus mendengar secara langsung tentang yayasan ini tapi sayang karena waktu itu bertepatan dengan tanggal merah jadi kita tidak bisa melihat anak-anak luar biasa itu secara langsung, ada sih yang jadi anak asuh tapi tinggal dirumah ibu kokom (selaku bendahara sekaligus suami dari alm pak ade). Mendengar pak tatang merintis yayasan ini dari nol bersama saudara-saudara nya membuat kami kagum, awalnya orang tua yang mempunyai anak luar biasa ini suka malu dan tidak mau jika anaknya belajar di yayasan ini dengan beranggapan bahwa untuk apa sekolah sedangkan anak normal saja banyak yang tidak melanjutkan sekolahnya tapi dengan sabar pak tatang dan alm pak ade menjelaskan bahwa memiliki kekurangan itu jangan dijadikan beban atau bahkan malu melainkan dijadikan anugrah dari Alloh, bukti nya pak tatang dan pak ade orang luar biasa dengan keistimewaannya itu tapi mereka mampu menjadi sarjana. Bahkan ada juga orang tua yang menitipkan anaknya hanya disimpan saja tidak pernah ditengok, mungkin bahkan orang tua nya pun tak peduli anaknya bisa makan atau tidak. saat di telpon oleh pihak yayasan agar mengunjungi anaknya karena kangen saja mereka hingga saat ini belum mengunjungi nya *sungguhh teganya orang tua ini, padahal darah dagingnya sendiri 🙁

Yayasan swasta ini masih sangat butuh donatur karena mereka tidak mempunyai donatur tetap, bahkan untuk belajar hurup braille saja mereka sampai kehabisan kertas karena tidak ada yang menyumbang dan bingung untuk meminta kertas kemana. Mereka masih belum mempunyai komputer untuk administrasi, bahkan jika ingin membuat proposal saja harus ke warnet dan jika ada kebutuhan terus mengajukan ke dinas prosesnya tidak mudah dan sangat lama sedangkan mereka sangat membutuhkan nya.

 

F[1]E[1]A[1]

Gambar diatas adalah struktur organisasi dan kelas mereka, tapi itu kelas di atas yang lumayan besar sekaligus sebagai aula. untuk kelas yang dibawah sendiri itu sangat kecil, sempit dan panas dan hanya masuk 5 siswa saja.

Setelah mengunjungi tempat ini saya semakin bersyukur dengan kehidupan saya yang sederhana, anggota tubuh yang komplit dan semua yang telah saya punya sekarang ini.  Saya juga malu karena selama ini selalu mengeluh padahal diluar sana banyak yang lebih susah dari saya dan banyak yang jauh kurang beruntung daripada saya, sebenarnya hidup itu indah jika kita menikmatinya dan selalu bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang.

“pesen saya untuk orang-orang yang suka buang-buang kertas, coba loe liat sekitar loe masih ada orang yang butuh kertas sedangkan loe buang-buang seenaknya hanya karna sedikit kesalahan. coba lah hemat dalam menggunakan kertas karena mereka yang di yayasan sampai tidak bisa belajar karena kehabisan kertas padahal yang mereka gunakan kertas bekas bukan kertas baru”

K[1]G[1]Terima kasih pak tatang dan semua nya untuk pelajaran yang luar biasa 🙂  buat yang pengen tau tentang yayasan ini bisa cek link ini http://yplam2003.blogspot.com/2009/11/company-profile-yayasan-pendidikan-lara_04.html dan bagi yang mau jadi donatur bisa minta alamat sekaligus no HP pak tatang ke saya 🙂

2 thoughts on “Yayasan Lara Adam Mulya SLB ABCD

  1. Mbak saya pertama tahu Pak Tatang dari twitter @AJenglish kemudian bisa sampai ke blog ini. Mbak bisa email kontak pak Tatang tidak ya? Terima kasiih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *