Yuk Kenalan dengan Zuzhu dan Zazha, Animasi Edukatif dari Frisian Flag

17
148
views

“Susu saya susu bendera”

Ada yang familiar dengan jingle di atas? Jingle tersebut sangat hits pada masanya, bahkan sampai saat ini. Ya, saat masa kanak-kanak jingle di atas begitu familiar untuk saya. Bisa dibilang saya sering menyanyikannya, bahkan anak-anak kecil lain pun begitu.

Untuk saya pribadi, jingle tersebut secara tak sengaja mengingatkan saya untuk minum susu. Branding melalui jingle cukup berhasil untuk saya yang kala itu hanya suka minum susu rasa coklat dan strawberry saja.

Selain rasa susunya, faktor lain yang mendorong saya mau minum susu adalah gambar yang ada di kemasan susu tersebut. Semakin lucu gambarnya, maka semakin semangat pula hasrat untuk membeli dan meminumnya.

Coba tebak, jingle “susu saya susu bendara” itu branding milik perusahaan apa? Yap betul, jingle tersebut milik Frisian Flag Indonesia. Pasti kalian sudah familiar ya dengan Frisian Flag Indonesia, tapi saya mau cerita sedikit tentang Frisian Flag Indonesia.

Frisian Flag Indonesia, Sahabat Keluarga Indonesia

Frisian Flag Indonesia (FFI) merupakan salah satu perusahaan susu terdepan yang menyediakan produk bernutrisi untuk anak-anak dan keluarga dengan merk Frisian Flag, Frisio, Susu Bendera, dan Omela.

Nama Frisian Flag Indonesia memang sudah tidak asing lagi untuk keluarga Indonesia. Bahkan sebelum saya lahir (tahun 1922), Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia.

Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya melalui produk-produk bernutrisi yang tepat.

Frisian Flag Indonesia mengoperasikan fasilitas produksinya di Pasar Rebo dan Ciracas, dengan berbagai portofolio produk seperti susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis.

Sudah lebih dari 95 tahun, Frisian Flag Indonesia tidak pernah bosan melakukan inovasi-inovasi baru. Salah satu inovasi terbaru dari Frisian Flag Indonesia adalah tokoh animasi edukatif Zuzhu dan Zazha.

Zuzhu dan Zazha, Animasi Edukatif Frisian Flag

Hari minggu lalu (29/09/2019), saya berkesempatan hadir di acara launching karakter baru Frisian Flag Indonesia (FFI), Zuzhu dan Zazha. Dua karakter imut ini merupakan karakter animasi edukatif yang terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat kebaikan.

dua karakter baru zuzhu dan zazha
Zuzhu (biru) dan Zazha (pink) | Pic by @Kalenaefris

Zuzhu dan Zazha kini hadir di kemasan baru susu cair Frisian Flaig Milky ukuran 115 ml atau 180 ml. Selain itu, Zuzhu dan Zazha juga hadir dalam bentuk e-comic dan film animasi pendek.

E-comic dan film animasi pendek Zuzhu dan Zazha mengisahkan berbagai cerita inspiratif dan edukatif, yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Kehadiran karakter animasi ini adalah upaya menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia, Aliah Shalihah mengakatan FFI secara konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, inovasi dari FFI juga direalisasikan melalui ragam inisiatif yang dihadirkan.

FFI juga memanfaatkan teknologi dan digitalisasi yang saat ini lekat dengan anak-anak, maka hadirlah dua karakter Zuzhu dan Zazha dalam bentuk cerita inspiratif pada format cerita bergambar dan seri film pendek.

Dengan kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha FFI berharap dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini.

zuzhu dan zazha - diantin.com
Bambang Gunawan Santoso, Putu Andani, M.Psi, Aliah Shalihah, Rani Wijaya
(kiri ke kanan)

Menurut Psikolog Putu Andani, M.Psi, di era digital seperti saat ini karakter animasi dapat menjadi salah satu media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku baik dengan cara yang menyenangkan.

Kenapa begitu? Karena, ketika anak memasuki masa middle childhood (kurang lebih usia 6-12 tahun), faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas. Bukan hanya orang tua, teman, dan guru saja.

Namun, konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi. Memang, pada kenyataannya anak-anak menghabiskan rata-rata 2-3 jam per hari untuk menonton konten digital, baik di televisi maupun di website internet lainnya.

Untuk membantu anak menginternalisasi karakter positif yang terdapat pada konten animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif, dan sebagainya, dibutuhkan juga pendampingan intens dari orang tua, serta tentunya pemenuhan nutrisi harian yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

“Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik, sehingga tetap ada pengawasan, sekaligus menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak,” ujar Putu Andani.

Bambang Gunawan Santoso, Animator Indonesia turut berbagi pengalaman tentang bagaimana karakter animasi juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak.

“Dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaaatkan untuk menarik perhatian anak. Tidak kalah penting, pemilihan alur cerita menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama, dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan, agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Langkah ini pula yang dilakukan FFI dalam menciptakan dan mengembangkan karakter dan cerita Zuzhu dan Zazha,” ungkap Bambang Gunawan Santoso

Rekor Muri untuk Acara Frisian Flag

Untuk memperkenalkan karakter Zuzhu dan Zazha kepada lebih banyak anak Indonesia, FFI menjalin kemitraan dengan salah satu jaringan ritel ternama di Indonesia, Alfamart.

FFI bersama Alfamart menggelar aktivitas menggambar dan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia. Pada tanggal 29 September 2019 sendiri, FFI mendapatkan rekor muri karena aktivitas menggambar dan mewarnai ini dilakukan di 7 kota secara serentak dan diikuti oleh 7000 anak.

zuzhu dan zazha mendapat rekor muri - diantin.com
FFI mendapatkan rekor muri | Pic by @Kalenaefris 

“Kami berharap, inisiatif kolaboratif antara Alfamart dan FFI ini dapat membantu meningkatkan gairah dan semangat hidup sehat bagi anak-anak, melalui cara yang menyenangkan,” terang Senior Marketing Manager Alfamart, Rani Wijaya.

Dengan menghadirkan susu cair Frisian Flag Milky yang mengusung karakter Zuzhu dan Zazha di lebih dari 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia, Alfamart telah membantu orang tua dalam menghadirkan pilihan asupan dan jajanan yang aman, serta sehat bagi anak-anak.

17 KOMENTAR

  1. wAah ikut senang akhirnya kita punya pilihan animasi yg sesuai untuk anak. apalagi karakter Zhuzu dan Zhaza mudah dikenal si kecil, mengajarkan kejujuran dan sikap berani

  2. Aku sangat familiar haha. Secara ini mereka susu legendaris favoritku. Sekarang makin berkembang dan inovatif aja nih FF. Karakter barunya lucu n filosofis, penasaran sama e-comicnya deh

  3. Yeaaay, akhirnya karakter yg seperti ini juga hadir, bisa sekalian jadi pembelajaran buat anak2 pula ya. Kebetulan banget nih, Si Kakak juga udah minum Frisian Flag coklat ini yg ada karakter Zuzhu nya 🙂

  4. Launching Zuzu dan Zaza, senang banget ada karakter baru di Frisian Flag. Anakku paling senang mbak kalau kotak susunya itu ada karakternya. Kalau gini bakalan jadi piilhan si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here