Tes HB dan Cegah Anemia Itu Perlu

31
760
views

Minggu (16/12/18) siang yang terik, saya menunggu abang ojek online yang akan mengantarkan saya ke Plaza Festival. Memesan ojek online ketika akhir pekan seperti ini memang membutuhkan kesabaran ekstra, tapi hal itu tidak menyurutkan semangat saya.

Tentu saja saya sangat bersemangat, pasalnya hari itu saya akan menghadiri acara blogger gathering yang diadakan oleh Komunitas ISB. Jika di blogger gathering sebelumnya saya sudah mendapatkan banyak ilmu tentang SEO dan keuangan. Nah, kali ini saya dapat ilmu apa lagi ya?

Sekitar pukul 13.20 wib saya sudah sampai di lokasi acara dan saya langsung mengisi absen. Belum banyak yang datang, jadi kami bisa berfoto-foto sambil mengobrol sebelum acara dimulai.

“Untuk 10 orang pertama yang datang nanti dapat hadiah ya”, teriak Teh Ani.

Kemudian semua peserta yang sudah hadir bersemangat dan langsung mengisi absen.

“Nanti yang 10 orang bisa tes HB (Hemoglobin)”, lanjut Teh Ani.

Yeay, semua bersemangat dan yang datang telat pun sedikit menyesal karena tidak kebagian tes HB.

Tes HB (Hemoglobin)

Datang tepat waktu dan mengisi absen dengan urutan ke 9 membuat saya mendapatkan hadiah tes HB. Sejujurnya ada rasa takut yang menyelimuti sekaligus rasa penasaran dengan hasil tesnya.

Awalnya saya masih bingung untuk apa sih tes HB dan apa gunanya mengetahui hasil tes HB.

“Empat orang dulu ya, nanti dipanggil. Yang dipanggil langsung di tes sama Mbak Asti”, teriak Teh Ani.

Tidak perlu menunggu lama, nama saya pun dipanggil. Tiba-tiba panik dan takut, padahal hanya diambil darah sedikit saja dari jari.

“Namanya siapa?”, tanya Mbak Asti.

“Antin”, jawab saya.

“Nomor berapa?”, tanya Mbak Asti.

“Nomor 9”, jawab saya.

Antin tes HB - diantin.com
Picture by @greenyunita

Kemudian diambil darah, sambil menunggu hasilnya Mbak Asti menanyakan apakah sedang menstruasi atau tidak. Saya jawab tidak dan menanyakan memangnya kenapa, ternyata oh ternyata hasil tes HB saya 11.9 dan berpotensi anemia.

hasil tes hb antin - daintin.com
Hasil tes HB

Selesai dites HB, saya penasaran kok bisa berpotensi anemia ya padahal saya merasa sehat-sehat saja. Dari 10 orang yang dites, hanya ada 1 orang dengan hasil normal dan 9 orang lainnya berpotensi anemia.

Ada yang tau anemia itu apa? Jadi, Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah. Sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Rasa penasaran saya pun mulai tidak terbendung, sebenarnya kenapa banyak orang yang berpotensi anemia. Apa sebabnya bisa anemia dan sebaiknya harus bagaimana?

Eh, di tengah rasa penasaran saya tentang hemoglobin dan anemia, ternyata CNI dengan baik hati akan menjelaskan itu semua. Makin semangatlah saya dengan acara hari ini.

Apa itu Hemoglobin dan Hematokrit?

Menurut wikipedia, Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Sedangkan Hematokrit adalah perbandingan jumlah sel darah merah dengan volume darah keseluruhan yang dihitung dalam persentase.

hasil tes hb 1 - diantin.com

Normalnya untuk wanita hasil HB 12,1-15,1 g/dl dan untuk hasil HT 34,9-44,5 %. Hasil tes HB saya 11.9 dan HT 35.7, hasilnya di bawah nilai yang seharusnya makanya berpotensi anemia.

Faktor Penyebab HB Rendah

Karena selama ini saya merasa sehat-sehat saja, penasaranlah saya apa sih penyebab HB rendah. Menurut Mbak Astri, ada 5 faktor penyebab HB rendah:

  1. Kekurangan gizi
  2. Perdarahan
  3. Anemia
  4. Masalah dengan ginjal
  5. Paparan radiasi

Sedangkan faktor penyebab HB tinggi:

  1. Gangguan sumsum tulang
  2. Penggunaan obat yang tidak tepat
  3. Kanker
  4. Penyakit paru
  5. Merokok
  6. Tinggal di dataran tinggi

Anemia Harus Diobati

tes hb - diantin.com
RISKESDAS 2018

Melihat hasil RISKEDAS 2018 di atas tentu saja membuat saya ngeri, ternyata anemia itu tidak bisa dianggap enteng. Untuk mengobati rasa ngeri saya akan anemia, Mbak Asti menjelaskan salah satu produk CNI yang bernama Sun Chlorella.

Sun Chlorella adalah suplemen makanan kesehatan yang terbuat dari ganggang hijau air tawar Chlorella pyrenoidosa. Sun Chlorella dapat menjaga kadar Hemoglobin dalam darah, dan merupakan suplementasi untuk penderita anemia (Vit B12 dan Asam Folat).

Selain itu, Chlorella juga membantu peremajaan DNA/RNA sel tubuh (Chlorella Growth Factor). Bisa mencegah penyakit degeneratif dan memperlambat proses penuaan. Bisa awet mudah nih kalau rutin minum Sun Chlorella 😀

Untuk kalian yang baru mendengar nama Sun Chlorella, tidak usah khawatir. Produk CNI ini sudah diimpor sejak tahun 1986, bahkan pernah mendapatkan penghargaan Grand Gold Award – Monde Selection pada tahun 2009 sampai 2013.

Kandungan gizi pada Sun Chlorella juga sangat lengkap dan alami karena terdiri dari Protein, Beta karoten, Klorofil, Chlorella Growth Factor, Vitamin dan Mineral.

Cara Kerja Chlorella:

  1. Menangkap zat-zat beracun dalam tubuh.
  2. Mengikat zat-zat tersebut pada diri mereka sendiri.
  3. Mengeluarkan zat-zat beracun tersebut dari tubuh bersama fases.

Alasan kenapa harus mengonsumsi Sun Chlorella:

  • Mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan untuk menjaga kesehatan.
  • Kandungan antioksidan yang tinggi untuk mencegah penyakit.
  • Memiliki segala manfaat dan kebaikan sayur-sayuran.
  • Mengandung protein dan asam nukleat yang merangsang peremajaan sel.
  • Kandungan klorofilnya yang tinggi.
  • Membantu pembuangan racun kimia dan logam berat (detoksifikasi).
  • Memiliki efek anti radang.
  • Merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan/probiotik.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh/imunitas.
  • Membantu penyembuhan luka.

***

“Kita tidak boleh hanya mengobati penyakit tetapi juga harus belajar bagaimana agar tetap sehat”

– Joseph Pizzorno, N.D –

Selama ini saya tidak pernah tes HB dan selalu merasa sehat-sehat saja, eh ternyata malah berpotensi anemia. Ternyata tes HB secara berkala itu memang perlu agar kita bisa mengobati dan mencegah agar tidak terkena anemia.

Namun, bukan hanya mengobati saja tapi kita juga harus belajar bagaimana agar tetap sehat. Selain merubah pola makan, rajin olahraga, banyak minum air putih, minum Sun Chlorella juga bisa menjadi salah satu cara agar kita tetap sehat dan bebas dari anemia.

Seru sekali ya blogger gathering kali ini, begitu banyak ilmu kesehatan yang dibagikan. Selain bisa mengetahui HB, saya juga belajar tentang SEO dan menulis buku. Untuk dua materi lainnya nanti saya ulas di postingan berikutnya ya 🙂

peserta tes hb - diantin.com
Peserta Blogger Gathering beserta Komunitas ISB dan CNI

Terima kasih untuk Komunitas ISB dan CNI yang sudah mengadakan acara ini. Semoga di lain kesempatan bisa hadir kembali di acara blogger gathering selanjutnya.

Salam,

Antin Aprianti

31 KOMENTAR

  1. Perempuan biasanya lebih rentan kena anemia. Makanya itu juga di sekolah-sekolah selalu disubsidi kapsul tambah darah untuk para siswi dari puskesmas setempat. Hal ini untuk mencegah terjadinya anemia, mengingat anemia itu tidak bisa disepelekan.
    Sunchlorella penting banget nih buat kita konsumsi agar tidak mengalami anemia

  2. Selalu ngeri ama test darah gini, seumur2an saya mau di test darah hanya karena mau sesar, kalau enggak, ogaahhh.
    Takut jarum dan takut darah saya.
    Semoga nantinya bakal ada cara periksa darah tanpa di tusuk hahahaha

  3. Wah saya kalau diperiksa HB selalu anemia mba. Apa itu bisa turunan nggak sih? Soalnya keluarga saya riwayatnya punya anemia atau jangan-jangan bukan turunan tapi memang orang banyak yang kecenderungan berpotensi anemia karena alasan di atas? Kalau anemia gitu suka bikin saya tiba-tiba pusing dari duduk ke berdiri

  4. Jadi inget aku pas mau lahiran cesar sempet tes darah dan hasil HB nya rendah jadi butuh transfusi. Btw Sun Chlorella ini vitamin keluargaku pas aku masih kecil loh, rasanya ngangenin, asin asin rasa rumput laut. Hehe dan sekarang baru tau manfaatnya setelah baca tulisan ini. Ehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here