Nostalgia Masa Muda Surayah Pidi Baiq di Film Koboy Kampus

15
404
views
nonton bareng film koboy kampus bersama kominutas isb - diantin.com
Nonton bareng Film Koboy Kampus bersama Komunitas ISB

“Koboy Kampus”, film Indonesia terbaru yang ingin saya rekomendasikan untuk kalian tonton. Kenapa begitu? Karena film ini sungguh seru, apalagi jika kalian lagi butuh hiburan dan ingin tertawa lepas. Kalian harus nonton film ini.

Sebenarnya film apa sih ini sampai saya bilang kalian harus menontonnya, dan siapa sih pemain serta orang dibalik layar suksesnya film Koboy Kampus. Tenang tenang, akan saya ceritakan.

Sosok Dibalik Film Koboy Kampus

Siapa yang tak kenal Surayah Pidi Baiq, imam besar The Panasdalam yang setiap ucapannya adalah fatwah. Beberapa tahun belakangan ini, nama surayah booming kembali karena salah satu bukunya difilmkan. Pasti sudah pada tahu lah ya, apalagi kalau bukan Dilan.

Nah, di film Koboy Kampus ini surayah Pidi Baiq ditemani Tubagus Deddy menjadi penulis skenario sekaligus sutradaranya. Sudah kebayang ya serunya film ini kalau sudah ada campur tangannya surayah.

Surayah Pidi Baiq di Markas The Panasdalam - diantin.com
Surayah Pidi Baiq di Markas The Panasdalam

Sebenarnya, jauh sebelum Dilan difilm saya sudah mengikuti sosial media surayah. Ayah Pidi Baiq sering sekali berceloteh, dan menyapa penggemarnya di twitter. Gaya ayah yang santai dan nyeleneh sering kali menjadi hiburan untuk saya, tapi di balik nyelenehnya itu saya sangat kagum dengan sosok ayah.

Selain ada Surayah Pidi Baiq dan Tubagus Deddy, masih banyak orang hebat lainnya dari 69 Production dan MNC Picture.

Siapa Saja Pemain Film Koboy Kampus?

Ketika melihat poster film Koboy Kampus, pemain yang saya tahu cuma Ricky Harun (Ninu) dan Bisma Karisma (Deni), sisanya saya hanya pernah melihat tapi tak tahu namanya.

Pemain lain di Film Koboy Kampus ada Jason Ranti sebagai Surayah Pidi Baiq muda. David John Schaap sebagai Erwin, Miqdad Addausy sebagai Dikdik, dan Anfa Safitri sebagai Rianto.

Untuk pemeran perempuannya ada Steffi Zamora Husein sebagai Rosi, Vienny JKT48 sebagai Nia, Christina Colodam sebagai Santi, Danilla Riyadi sebagai Nova, dan Jennifer Lepas sebagai Inggrid. Selain mereka, ada artis senior Chicha Koeswoyo sebagai Ibunya Pidi, dan Ria Irawan sebagai Ibunya Nia.

Jujur, untuk beberapa pemain seperti Jason Rianti, Anfa Safitri, dan beberapa lainnya saya belum pernah melihat mereka berakting sebelumnya. Ntah ya, saya tak tahu masa muda surayah seperti apa tapi Jason Rianti ini sangat pas memerankan sosok ayah Pidi Baiq.

Gayanya yang santai, dengan tampang yang datar sukses mengocok perut saya karena tertawa terpingkal-pingkal ketika menonton kelakuannya. Koboy Kampus ini merupakan film pertama Jason Rianti lho, tapi aktingnya sukses menarik perhatian penonton.

Film Koboy Kampus, Kisah Masa Muda Surayah Pidi Baiq

“Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan”. – Pidi Baiq –

Jadi, tentang apa sih film Koboy Kampus ini? Film Koboy Kampus bercerita tentang kisah masa muda Surayah Pidi Baiq, serta lika-liku ayah dan teman-temannya semasa kuliah Seni Rupa di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

film koboy kampus - diantin.com
Poster Film Koboy Kampus

Cerita dalam film ini secara garis besar berkisah tentang dunia kampus. Mulai dari ospek sampai kisah cinta khas remaja dengan latar tahun 90an.

Kisah cinta di film ini menurutku sangat menarik, bagaimana Ninuk jatuh cinta ke junior kampusnya dan melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian sang pujaan hati.

Di sini juga diceritakan pada saat masa ospek, ketika senior “ngerjain” juniornya. Pada scene ini saya merasa ada pesan sekaligus kritik untuk mahasiswa sekarang yang masih sering “ngerjain” junironya.

Film ini berkisah sekitar tahun 1995 sampai 1998. Jika melihat tahunnya, itu adalah masa orde baru. Masa-masa kepemimpinan Presiden Soeharto, jadi banyak sekali sindiran-sindiran politik di film ini. Mulai dari melakukan orasi, kudeta, sampai membuat negara sendiri.

Ya, saat itu ayah Pidi Baiq dan teman-temannya mendirikan sebuah negara yang dinamakan Negara Kesatuan Republik The Panasdalam. Sebuah negara seukuran ruang studio di kampusnya, dan rakyatnya ada surayah beserta teman-temannya yang sering di ruangan tersebut.

Genre drama komedi yang diusung film Koboy Kampus terasa lengkap, dengan tambahan beberapa lagu hits The Panasdalam yang diputar pada beberapa scene tertentu.

Film Koboy Kampus Segera Tayang

Sebelum menonton filmnya, kalian bisa kepoin dulu trailernya biar makin penasaran dan nggak sabar untuk nonton.

Kapan filmnya tayang? Film Koboy kampus akan segera tayang di bioskop-bioskop kesayangan kalian pada tanggal 25 Juli 2019. Tinggal beberapa hari lagi lho, jadi jangan sampai ketinggalan. Yuk ajak semua teman-teman kampus kalian untuk nostalgia bersama sambil tertawa.

15 KOMENTAR

  1. Kayakny seru ya, Mbak Dian. Dan wajib nih, ditonton. Yang bagusnya, banyak menampilkan pemain baru. Jadi pemain film khususnya anak muda semakin banyak, tidak itu-itu sana. Ini pun sangat membahagiakan, karena film Indonesia terus mengeliat dan menjadi tua rumah di negeri sendiri.

  2. Banyak yg sudah bilang film ini banyak menggali kisah nostalgia, hehehe…
    Emang pasti seru ya mengenang jaman kuliah dulu. sekarang tinggal mengenang dan menertawakan kelucuan kelakuan sendiri

  3. Hahaha harsu bangga jadi anak kampus sendiri yaaa. Penasaran sama jalan ceritanya ini tentang perkuliahannya, ada kisah romansanya atau justru agak serius dan menceritakan bgmn cara2 mereka mengkritik pemerintah saat zaman itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here