STORY

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menonton Drama Korea

Sejak zaman SMP, saya sudah mulai menyukai drama korea. Full House merupakan drama korea pertama yang saya tonton, dan sukses membuat saya ketagihan menonton drama korea.

Boys Before Flowers, Dream High dan lain sebagainya sukses membuat saya makin candu menonton drama korea. Menurut saya semua drama korea dibuat dengan sungguh-sungguh, ditambah dengan alur cerita yang menarik dan sulit ditebak.

Apalagi profesi yang dibahas di drama korea selalu dideskripsikan secara detail. Hal itu membuat saya tahu bagaimana pekerjaan polisi, jaksa, hacker dan berbagai profesi lainnya dari drama korea yang saya tonton.

Misal, saya pernah menonton drama korea yang berjudul Princess Prosecutor. Di drama ini digambarkan bagaimana pekerjaan seorang pengacara dan beratnya pekerjaan seorang jaksa. Suka duka mereka dalam pekerjaan diperankan dengan apik oleh pemainnya dan dikemas dengan alur cerita yang seru, membuat saya hanyut dalam isi cerita drama ini.

Karena kecanduan saya dengan drama korea semakin parah, saya pun selalu mempersiapkan 5 hal ketika akan menonton drama korea.

1. List Drama Korea dan Cemilan

Sebelum menonton drama korea, biasanya saya membuat list drama apa saja yang sedang ramai dibicarakan.

list menonton drama korea - diantin.com
List drama yang saya siapkan

Dari beberapa list biasanya saya kepoin dulu ulasannya, mana yang lebih seru di antara list judul yang saya buat. Setelah itu baru menentukan satu drama yang akan saya tonton terlebih dahulu sampai selesai.

Masalah list judul selesai, biasanya saya juga menyiapkan cemilan. Rasanya kurang afdol jika menonton tanpa cemilan, kalau kalian tipe menonton sambil nyemil atau nggak nih? Kalau saya sih jelas tim nyemil hehe

Cemilan yang biasa saya siapkan chiki-chiki dan beberapa biskuit, tapi kadang juga buah-buahan. Ini tergantung stok cemilan yang ada di rumah aja sih.

2. Laptop atau smartphone

Sudah tahu mau nonton apa, cemilan juga sudah siap. Jangan lupa menyiapkan perlatan untuk menontonnya, biasanya saya menggunakan laptop atau smartphone.

peralatan menonton drama korea - diantin.com
Sumber gambar: rawpixel.com

Saya pribadi lebih suka menonton di laptop karena layarnya lebih besar, jadi saya bisa melihat roti sobek oppa-oppa korea dengan jelas 😀

Namun, terkadang saya juga menonton drama korea di smartphone. Kalau ini seringnya saya lakukan ketika berada di kendaraan umum, daripada bosan biasanya saya lebih memilih menonton di smartphone.

Mau menonton di laptop atau di smartphone tergantung kalian saja lebih nyamannya gimana, yang penting tidak ketinggalan menonton drama kesayangan kalian 🙂

3. Charger

Lagi asik menonton tiba-tiba laptop atau smartphone mati, ini menyebalkan sekali loh. Nggak mau kan kejadian seperti itu. Makanya, sebelum menonton drama korea biasanya saya menyiapkan charger juga.

Taruh charger sedekat mungkin, jadi ketika laptop atau smartphone memberikan tanda-tanda sekarat saya tidak perlu repot lagi. Bisa mudah menjangkaunya dan langsung mengisi baterai laptop atau smartphone tanpa menunggu mati, sesi menonton jadi tidak terpotong deh.

4. Posisi Menonton Yang Nyaman

Menonton drama korea itu bikin candu, biasanya di akhir episode selalu membuat penonton penasaran. Jadi tidak mungkin menonton hanya satu episode saja, apalagi jika drama tersebut sudah sampai episode akhir.

Biasanya saya nonton sampai berjam-jam, malah pernah sampai lupa waktu. Seharian hanya menonton drama korea saja, dan tahu-tahu sudah lewat tengah malam. Kalo ini jangan dicontoh ya, nggak baik untuk kesehatan mata kalian.

Karena itulah mencari posisi menonton yang nyaman juga perlu, nggak mungkin kan menonton berjam-jam dengan posisi duduk di kursi dan meja seperti sedang mengerjakan tugas. Ini posisi menonton menyiksa, apalagi jika berjam-jam.

Saya biasanya menonton di kamar sambil tiduran di kasur, ini posisi yang nyaman untuk saya. Saya bisa bebas mau duduk, tiduran atau tengkurap. Jika mulai pegal biasanya saya akan berganti-ganti posisi saja.

5. Kuota Internet

Dari semua hal yang harus disiapkan ketika akan menonton drama korea, nomor 5 inilah yang paling penting. Gimana caranya bisa menonton jika tidak punya kuota internet, betul nggak?

Kuota internet merupakan hal paling penting yang sering digalaukan oleh pecinta drama korea, mau tetap menonton drama kesayangan tapi fakir kuota. Jika satu episode bisa sampai satu atau dua jam, kebayang ya berapa Giga Byte kuota internet yang harus dihabiskan untuk 16 atau 20 episode drama korea.

Saya pun sering menggalaukan hal yang sama, tapi itu dulu. Sekarang saya sudah menemukan solusi untuk masalah itu. Kalian yang suka menonton drama korea juga mau tahu solusinya? Sini-sini saya bisikin.

Jadi, bulan kemarin Advan baru saja meluncurkan smartphone terbaru dengan tipe S50 4G unlimited yang dibundling dengan IM3 Ooredoo.

Menonton drama korea - Advan S50 4G Unlimited - diantin.com
Penampakan Advan S50 4G Unlimited | Sumber gambar: Advandigital.com

Keunggulan Advan S50 4G unlimited adalah gratis akses YouTube dan sosial media selama 24 jam dalam setahun (unlimited). Ditambah dengan kuota tambahan 12 GB selama setahun untuk browsing dan download. Kebayang dong dengan kuota sebanyak itu, kita nggak bakal fakir kuota lagi dan bisa tenang menonton drama korea kesayangan. Untuk spesifikasi cek di sini.

Menonton drama korea - Benefit Advan S50 4G Unlimited - diantin.com
Benefit Paket Bundling Advan S50 4G Unlimited

Nah, solusi saya tetap tenang ketika menonton drama korea ya Advan S50 4G unlimited ini. Saya bisa menonton drama korea sampai beberapa episode tanpa harus khawatir dengan kuota internet.

Itulah 5 hal yang harus saya siapkan sebelum menonton drama korea. Kalau kalian menyiapkan apa saja sebelum menonton drama korea? Share di kolom komentar ya, siapa tahu tipsnya bisa saya tiru.

Happy watching 🙂

Antin Aprianti

30 thoughts on “5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menonton Drama Korea

  1. Wah ini termasuk me time nih, saya biasanya nunggu anak2 tidur dulu kalau mau nonton film kesukaan, biasanya ya malam, sekalian sedia cemilan berat, soale pasti laper..hihii.

  2. Sudah luaaammmaaa banget nggak nonton drakor, padahal kalau sudah nonton seneng juga. Terakhir nonton pas kapan aja aku sudah lupa wkwkwkwk…
    Harus nyempatin waktu kalo emang niat nonton, tapi ya nggak diniatin juga…

  3. Kalo aku drakor favoritnya My Secret Romance sama D Day ! Haha candu parah. Tapi biasanya lebih suka nonton di TV kabel sih. Kadang suka liat orang orang di kereta daripada bete enakan nonton drakor dari Smartphone yaa hihi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *