STORY

Banjir yang Selalu Menjadi Tradisi Tahunan

Sudah menjadi tradisi tahunan di Jakarta dan sekitarnya, setiap musim hujan datang beberapa wilayah akan tergenang banjir.

Jakarta dengan segala kemewahan dan kecanggihannya pasti memiliki kekurangan, salah satu kekurangan Jakarta selain macet adalah masalah banjir yang sampai saat ini masih belum teratasi.

Kenapa Jakarta selalu tergenang banjir?

Jakarta bukan hanya Ibukota, tapi Jakarta juga termasuk kota yang cukup elite dengan semua fasilitas di dalamnya. Namun kenapa masih sering banjir? Bagaimana Jakarta nggak banjir, kalau sebagian masyarakatnya masih membuang sampah ke sungai dan selokan.

Sungai yang harusnya bersih dari sampah malah dijadikan tempat pembuangan sampah. selokan yang harusnya sebagai saluran air limbah perumahan dan sebagai aliran air hujan tapi untuk sebagian orang masih ada yang seenaknya membuang sampah sembarangan ke selokan.

Alhasil selokan menjadi sempit karena tumpukan sampah. Dampaknya air hujan tidak bisa mengalir dengan baik, sehingga air selokan meluap keluar hingga menggenangi jalan. Bukan hanya  itu saja, pembangunan liar di sekitar bantaran sungai juga ikut andil membuat sungai menjadi semakin sempit.

Itu semua salah satu penyebab banjir yang dibuat oleh masyarakat itu sendiri.

Namun, bukan hanya dampak dari masyarakat saja yang menjadi salah satu penyebab banjir. K

urangnya fasilitas untuk mengurangi dampak banjir di jakarta juga masih belum maksimal, contohnya seperti kurangnya sistem drainase, kurangnya lahan kosong dan kurangnya pohon-pohon sebagai daya serap air.

Nah sebagian masyarakat kan terkadang jika sudah terjadi musibah seperti ini selalu menyalahkan pemerintah yang tidak bisa mengatur tapi menurut gue masalah banjir yang tak kunjung bisa diatasi ini bukan hanya masalah pemerintah saja tapi masalah kita semua jadi jangan hanya menyalahkan pemerintah yang ga bisa ngatasin tapi mulailah dari diri sendiri untuk membantu program pemerintah dengan tidak membuang sampah ke sungai, tidak membuat banguan disekitar sungai dan jangan menebang pohon sembarangan

Buang lah sampah pada tempatnya dan jagalah lingkungan sekitar sungai 🙂

1 thought on “Banjir yang Selalu Menjadi Tradisi Tahunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *